Zona merah Covid-19 di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu, termasuk jelang libur Natal dan Tahun Baru 2021. Masyarakat juga diminta untuk menghindari area yang termasuk zona merah jika ingin berlibur ke suatu tempat.

Berdasarkan daftar yang dikeluarkan oleh Committee for Handling Covid-19 dan National Economic Recovery di situs resminya, hingga berita ini diturunkan, setidaknya ada 64 daerah di Indonesia yang masuk dalam zona merah Covid-19.

Kota Palembang merupakan kawasan zona merah di Sumatera Selatan yang harus dihindari, padahal kota lain juga masih berstatus penduduk dan zona kuning. Sedangkan penyebaran Covid-19 di Sulawesi bisa dikatakan cukup merata.

Destinasi wisata populer di Indonesia, seperti Bali, Malang, Sumbawa, Banyuwangi, Semarang, Surakarta, Bandung Barat, Kota Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta juga masuk dalam daftar zona merah Covid-19.

Daftar zona merah Covid-19 yang harus dihindari menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2021 meliputi:

  • Sumatra: Kota Palembang (Sumatera Selatan), Kerinci, Tebo (Jambi), Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah (Bengkulu)
  • Sulawesi: Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Kota Manado, Kota Tomohon (Sulawesi Utara), Konawe Utara (Sulawesi Tenggara), Morowali, Kota Palu (Sulawesi Tengah), Bantaeng (Sulawesi Selatan),
  • NTT: Kota Kupang (NTT),
  • NTB: Sumbawa (NTB),
  • Maluku: Maluku Tenggara Barat (Maluku),
  • Kalimantan: Kota Tarakan (Kaltara), Kotawaringin Barat, Kapuas, Seruyan, Lamandau, Gunung Mas, Barito Timur, Kota Palangkaraya (Kalimantan Tengah)
  • Jawa Timur: Tuban, Kota Blitar, Kota Malang, Kediri, Jember, Banyuwangi
  • Jawa Tengah: Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Wonogiri, Sragen, Blora, Rembang, Pati, Semarang, Temanggung, Kendal, Batang, Tegal, Brebes, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kota Tegal
  • Jawa barat: Garut, Majalengka, Karawang, Bekasi, Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Cimahi
  • DKI Jakarta: Jakarta Selatan
  • Di Yogyakarta: Sleman, Kota Yogyakarta
  • Banten: Serang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan
  • Bali: Tabanan, Gianyar

Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-10 juga telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Travel Health Protocol for People Saat Libur Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 Saat Pandemi Covid-19, meminta masyarakat untuk meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan selama liburan Natal dan Tahun Baru yang disertai dengan pemantauan, pengendalian dan evaluasi guna mencegah peningkatan penyebaran Covid-19.

Protokol yang harus dilaksanakan antara lain kewajiban untuk mematuhi protokol 3M, mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan menghindari keramaian, serta mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Selain itu, semua orang yang berpergian juga diharuskan memakai masker dengan baik, dengan masker yang digunakan adalah masker kain tiga lapis atau masker medis. Traveler juga tidak diperbolehkan makan dan minum selama perjalanan karena perjalanan kurang dari dua jam.

Baca juga: Perayaan Tahun Baru 2021 di Bali dilarang!

Bagi yang ingin melewatkan liburan Natal dan Tahun Baru, tetap berpegang pada protokol kesehatan, OK!


Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Pos Zona Merah yang Harus Dihindari Saat Liburan Natal dan Tahun Baru 2021 muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin