Epidemi virus korona menyebabkan kepanikan di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, saat ini lebih dari 4.500 kasus telah dilaporkan di sejumlah negara, termasuk negara adidaya AS.

Situasi ini juga telah ditanggapi dengan serius oleh sejumlah negara, mulai dari penyaringan ketat dan proses karantina di sejumlah negara "masuk", seperti bandara dan pelabuhan, hingga penentuan peringatan perjalanan bepergian ke Cina.

Sekarang, untuk mengetahui seberapa serius masalah ini, setiap pelancong harus tahu apa itu virus korona. Tidak hanya itu, seorang pelancong juga harus memahami risiko yang diambil jika ia benar-benar memutuskan untuk pergi ke Cina dalam waktu dekat. Di bawah ini adalah semua hal yang harus diketahui tentang virus korona dan bagaimana pengaruhnya terhadap perjalanan ke Cina.

Kredit gambar: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Apa itu virus korona?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebut wabah ini sebagai coronavirus novel, yang berarti virus yang belum diidentifikasi. Sumber virus sejauh ini tidak jelas, tetapi pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Cina. Jenis virus ini awalnya berasal dari hewan, sebelum akhirnya menyebar dari manusia ke manusia lain ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin dekat dengan orang lain.

Di mana virus ini muncul atau berkembang?

Mayoritas kasus ini terjadi di Tiongkok. Lebih dari 4.500 kasus dilaporkan di Tiongkok, dengan lebih dari setengahnya di Provinsi Hubei. Dengan 106 orang mati sejauh ini, semuanya adalah orang-orang di Tiongkok.

Namun, penyebaran virus ini sudah mulai menyebar. Sejumlah negara di Asia seperti Thailand, Hong Kong, Taiwan, Jepang, Singapura, Korea Selatan, Malaysia, Nepal, Vietnam dan wilayah Makao melaporkan kasus-kasus penduduk yang terinfeksi virus korona. Negara-negara Eropa, seperti Prancis dan Jerman, kemudian Australia dan Amerika Utara dan Kanada juga melaporkan bahwa warganya juga terkena virus ini.

Bandara mana yang terkena dampak karena situasi ini?

Kredit gambar: Rudy & Peter Skitterians

Yang pasti, bandara Wuhan. Pemerintah telah menutup operasi bandara sejak pecahnya kasus ini, yang berarti tidak ada penerbangan masuk dan keluar dari Wuhan. Bandara Internasional Hong Kong juga menutup akses untuk kedatangan dari Cina daratan, termasuk membatalkan 50 persen penerbangan dan menolak visa turis dari Tiongkok. Bus jarak jauh saat ini juga tidak melayani, termasuk untuk perjalanan dari / ke Beijing dan Shanghai.

Bandara internasional di sejumlah negara Asia, Eropa dan Amerika juga melakukan penyaringan ketat di setiap "pintu masuk" bandara. Beberapa maskapai juga membatalkan penerbangan ke Shanghai, Beijing, dan Hong Kong. Maskapai ini juga mengumumkan bahwa mereka akan memberi setiap pelancong kesempatan untuk memesan kembali atau menarik uang karena pembatalan.

Tempat wisata mana yang terkena dampak karena situasi ini?

Kredit gambar: travelphotographer

Karena wabah virus korona di Cina, sejumlah tujuan wisata populer terpengaruh. Di Beijing, dari Museum Nasional Cina, Kuil Yonghe Lama, Pangeran Gong Mansion ke Kota Terlarang, telah ditutup untuk umum. Sejumlah titik dari Tembok Besar Tiongkok juga tidak lagi dapat diakses. Disney Resort di Shanghai dan Disneyland Park dan Ocean Park di Hong Kong juga ditutup, hal yang sama dilakukan untuk Danau Barat di Hangzhou.

Sementara di provinsi Hubei, hampir semua fasilitas umum ditutup, termasuk restoran waralaba McDonalds, toko-toko lokal dan juga teater. Di Tibet, sejauh ini tidak ada virus korona yang ditemukan, ia juga ditutup sementara.

Berkeras bepergian, apa risikonya?

Jika Anda berencana untuk pergi ke Wuhan, periksa kembali status pemesanan tiket Anda karena ada kemungkinan penerbangan akan dibatalkan. Anda bisa mendapatkan pengembalian uang dengan mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh maskapai.

Jika Anda memiliki agenda untuk bepergian ke daerah lain di Cina, Anda juga harus melihat status tiket perjalanan, apakah terpengaruh oleh situasi ini cukup serius.

Sejumlah negara juga telah mengeluarkan seruan untuk tidak melakukan perjalanan ke Tiongkok / Tiongkok jika bukan karena hal-hal yang benar-benar penting. Sangat penting untuk mematuhi banding.

Apakah ada tindakan pencegahan yang harus diambil oleh seorang musafir?

Sejumlah dokter dan ahli medis sepakat bahwa ada hal-hal biasa yang bisa dilakukan untuk menghindari paparan virus, seperti mencuci tangan, menjaga etika batuk dan bersin di tempat-tempat umum, menjaga jarak dari orang yang sakit dan menggunakan desinfektan.

Langkah lain yang dapat diambil adalah mengambil vaksin influenza untuk pencegahan jangka panjang. Juga gunakan masker pelindung dan terus menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan. Anda juga disarankan untuk menghindari pasar hewan, bangkai hewan, dan produk makanan yang berasal dari hewan selama di Cina.

Baca juga: Virus Corona di Wuhan, Pemerintah Melarang Larangan dan Banding

Sekarang Anda sudah tahu informasi tentang virus korona ini, kan? Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menentukan langkah terbaik untuk menangani virus ini. Tetap semangat dan waspada, ya!

Posting yang perlu diketahui wisatawan tentang Virus Corona muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin