Tidak dapat berjalan karena Anda harus tetap berada di dalam ruangan, tidak perlu membuat Anda mati gaya. Dengan koneksi internet, Anda bisa melakukan tur virtual di berbagai tempat, salah satunya di Jakarta. Tur virtual ini tidak kalah menarik dan juga dapat memperluas wawasan Anda sehingga waktu Anda tidak sia-sia. Bahkan, Anda bisa bepergian ke tempat yang mungkin belum pernah Anda kunjungi sebelumnya karena jaraknya jauh dari rumah Anda.

Selain disponsori oleh Google Arts and Culture, Tur virtual Jakarta juga dapat diakses langsung dari situs web resmi. Beberapa penyelenggara juga membuat rencana tur virtual sehingga Anda dapat menikmati berbagai tur sesuai tema. Pastikan Anda mengikuti akun media sosial mereka sehingga mereka tidak ketinggalan informasi. Lihatlah beberapa tur virtual yang direkomendasikan oleh TripZilla di Jakarta!

1. Berjalan melalui aplikasi Zoom – Jakarta Good Guide

Tur virtual Jakarta
Kredit gambar: @jktgoodguide

Dalam keadaan normal, Jakarta Good Guide adalah penyelenggara jalan-jalan keliling kota dengan ditemani pemandu. Ketika pandemi terjadi, jalan-jalan masih terjadi, tetapi secara virtual. Anda dapat melihat jadwal acara di Instagram di @jktgoodguide. Tur virtual akan dilakukan menggunakan aplikasi Zoom dan dibayar dengan jumlah biaya sukarela. Di sini Anda dapat berinteraksi dengan pemandu wisata dan peserta lain, serta mendengarkan berbagai penjelasan menarik dengan bantuan Google Maps. Daftarkan diri Anda melalui formulir yang dapat diperoleh sini, tunggu konfirmasi via surel dan kamu bisa ikut tur!

2. Jelajahi sudut-sudut unik Jakarta – Wisata Kreatif Jakarta

Tur virtual Jakarta
Kredit gambar: @wisatak Kreatifjakarta

Wisata Kreatif Jakarta adalah organisasi yang dikenal dengan program pariwisata yang unik. Biasanya ada empat jenis wisata yang disajikan, yaitu wisata makam, wisata sejarah, wisata kuliner dan wisata yang beragam. Dengan berjalan pada hari Sabtu dan Minggu, peserta akan menjelajahi tujuan yang dituju dan membayar biaya. Sebagai hasil dari pandemi, program pariwisata yang ada digantikan oleh pariwisata virtual. Edisi pertama virtual tour diadakan pada 18 April 2020 dengan tujuan Desa Tugu di Jakarta. Tur virtual berikutnya akan segera diluncurkan dan akan dilaporkan melalui akun Instagram @wisatak Kreatifjakarta. Ayo dan jangan ketinggalan!

3. Lihat kekayaan budaya laut Indonesia – Museum Bahari Indonesia

Tur virtual Jakarta
Kredit gambar: @ ag.fransiska (kanan), @marlindonsu

Meski serupa, Museum Bahari berbeda dengan Museum Bahari yang juga ditemukan di Jakarta. Perbedaannya adalah bahwa di Museum Maritim memamerkan hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan laut sebelum revolusi industri, sedangkan Museum Maritim berfokus pada perdagangan laut setelah revolusi industri. Koleksi dari Museum Maritim misalnya kapal mini dari zaman tradisional ke modern dan berbagai foto. Anda dapat mengakses tur virtual di museum ini melalui situs resmi. Anda dapat menjelajahi kamar-kamar di museum dan berbagai koleksi yang tersedia. Lebih banyak untuk dicoba, terutama jika Anda belum pernah ke museum ini!

4. Jelajahi keindahan koleksi dari rumah – Museum Nasional

Tur virtual Jakarta
Kredit gambar: @eriwijaya (kiri), @ m.marone036 (kanan atas), @dellakezia

Museum Nasional juga disebut Museum Gajah karena ada patung gajah di depannya yang merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn. Kemegahan museum ini tidak diragukan lagi dan memiliki ratusan ribu koleksi. Koleksinya meliputi benda-benda prasejarah, arkeologi dari periode Hindu dan Budha, keramik dan banyak lagi. Jika Anda melihat langsung satu per satu, dijamin akan kagum dengan keragaman koleksi yang juga indah untuk dilihat. Tapi sekarang, kamu bisa buka situs resmi untuk menikmati tur virtual terlebih dahulu. Jika laptopnya hanya terlihat megah, bagaimana dengan aslinya?

5. Tidak pernah ke lanskap bersejarah ini – Monumen Nasional

Tur virtual Jakarta
Kredit gambar: @juhasib (kiri), @bedunganaer (kanan atas), @rieke_ru

Ikon Jakarta sering disebut sebagai Monas dan telah diresmikan sejak 1975. Monas asli memiliki ketinggian 132 meter dengan nyala api di bagian atas yang terbuat dari emas seberat 38 kilogram. Luar biasa dan indah di bagian luar, serta menyimpan banyak koleksi menarik di bagian dalam. Melalui tautan ini, Anda akan dibawa berkeliling dari luar ke dalam Monas. Ada museum dan diorama yang menarik untuk dilihat. Selain itu tur virtual ini memungkinkan Anda melihat Jakarta dari puncak Monas. Jika aslinya dipenuhi pengunjung, Anda dapat lebih bebas menikmatinya melalui tur virtual ini!

6. Pecinta seni akan berlama-lama di sini – Galeri Nasional Indonesia

Tur virtual Jakarta
Kredit gambar: @beru transportubalbino (kanan atas), @tesyatessa (kiri), @bayugenia (kanan bawah)

Galeri ini cukup populer di kalangan anak muda. Selain menjadi bangunan yang indah, koleksi seni kontemporernya yang selalu berubah juga menarik. Galeri, yang berada di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, memamerkan karya seni dalam bentuk lukisan, patung, keramik, seni kerajinan dan banyak lagi. Periksa tur virtual melalui situs resmi jadi kamu tinggal Sebuah pembaharuan meski di rumah. Berbagai koleksi lukisan dan patung dilengkapi dengan informasi yang jelas yang dapat menambah pengetahuan Anda juga, lho!

7. Lihatlah sejarah organisasi pemuda di Indonesia – Museum Sumpah Pemuda

Kredit gambar: @ svyr14 (kanan atas), @lionel_rudy (kiri), @peggylaison

Awalnya, museum ini adalah bangunan cagar budaya yang telah berdiri sejak 1908. Sering digunakan sebagai tempat pertemuan untuk berbagai organisasi pemuda, bangunan ini disebut Indonesische Clubhuis atau gedung pertemuan. Pada tahun 1928 Sumpah Pemuda lahir di gedung ini, sehingga pada akhirnya gedung tersebut direnovasi pada tahun 1973 dan menjadi Museum Sumpah Pemuda. Berbagai koleksi unik ada di museum ini misalnya biola milik W. R Supratman yang digunakan untuk membuat lagu Indonesia Raya. Saat ini, ada pameran virtual berjudul Pendekar Violin: W. R Supratman yang dapat Anda ikuti sini. Pameran ini bersifat tematik sehingga pada periode selanjutnya Anda bisa melihat pameran lain yang tidak kalah menarik!

8. Museum Instagramable yang juga dapat dinikmati secara virtual – Museum Tiger

Kredit gambar: @ fsjakarta (kiri), @aku_nelma (kanan atas), @rifkyvicky

Jika Anda mendengar kata Tiger Museum, apa yang dibayangkan adalah museum kontemporer yang populer karena memiliki banyak tempat instagramable. Tiger sendiri adalah singkatan dari Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara. Museum Harimau saat ini ditutup dan sebagai gantinya, manajer membuat program #museumfromhome yang dapat Anda nikmati dari rumah. Tur virtual ini tersedia di situs resmi dan berisi koleksi vlog tentang koleksi museum di Jakarta Barat. Dilengkapi dengan suara dan penjelasan yang rapi, Anda bisa mendengarkan vlog itu untuk sensasi menikmati Museum Harimau yang berbeda!

9. Tambahkan wawasan Anda tentang dunia batik – Galeri Batik YBI

Kredit gambar: @we_r_happyfamily (kiri), @ryarahmawati (kanan)

YBI adalah kependekan dari Yayasan Batik Indonesia, yang memiliki galeri batik untuk mendidik masyarakat tentang seluk beluk batik. Di akun Instagram-nya di @ ybi.official, ada berbagai motif batik lengkap dengan penjelasan terperinci. Untuk tur virtual di sini, cukup klik Link ini dan Anda akan dibawa untuk mengetahui lebih banyak tentang batik sehingga setelah pandemi berakhir, wawasan Anda tentang batik akan meningkat!

10. Canggih dan menarik untuk mempelajari ekonomi Indonesia – Museum Bank Indonesia

Kredit gambar: @maudykoesnaedi (kiri), @museum_bi (kanan atas), @wandi_luc

Museum Bank Indonesia adalah salah satu museum yang terkenal dan ramai karena kemasannya yang canggih dan menarik. Tidak heran museum ini pernah menerima gelar Museum Terbaik dalam kategori Sejarah dan Arkeologi dari sebuah majalah Wisatawan Geografis Nasional pada tahun 2011. Awalnya di museum ini terdapat bioskop empat dimensi dan berbagai diorama warna-warni menarik yang melengkapi bangunan museum yang juga indah. Saat ini, Museum Bank Indonesia menyajikan tur virtual Link ini untuk menemani harimu.

11. Mengagumi koleksi Dr. Ir. Ciputra secara virtual – Ciputra Artpreneur

Kredit gambar: @artpreneur

Ciputra Artpreneur, yang sudah terkenal sebagai teater yang menampilkan pertunjukan berkualitas tinggi, juga memiliki galeri dan museum yang sama bagusnya. Galeri seni berbentuk ruang pameran seni dan biasanya dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seni. Sementara di museum ada berbagai koleksi pribadi Dr. Ir. Ciputra dalam bentuk lukisan oleh pelukis Indonesia. Contoh pelukis yang karyanya ditampilkan di sini adalah Hendra Gunawan dan Entang Wiharso. Untuk memanjakan mata Anda dengan koleksi ini, buka saja Link ini.

12. Rasakan suasana kemerdekaan yang penuh sejarah – Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Kredit gambar: @naila_aunika (kanan bawah), @risaijot (kiri), @harlisanto

Museum yang kental dengan suasana kemerdekaan ini awalnya berisi berbagai diorama dan perabotan yang menggambarkan situasi ketika naskah itu diproklamirkan. Ada replika ruang baca untuk konsep naskah proklamasi, ruang mengetik untuk naskah dan lainnya. Selain itu, di museum ini juga terdapat berbagai koleksi benda-benda dari tokoh-tokoh proklamasi dan keluarga mereka. Pelajari tentang koleksi yang ada melalui situs web resmi sini yang dapat membuat Anda lebih memahami sejarah proklamasi Indonesia.

Baca juga: Tur Virtual Disney, Cara Lain untuk Bersenang-senang di Disneyland

Jadi, ke mana Anda akan bepergian hari ini?

Pos Tur Virtual di Jakarta yang Dapat Menambahkan Wawasan Anda muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *