Datang bersama pasangan untuk liburan yang mengesankan, Yogyakarta adalah destinasi tepat untuk dituju. Bukan hanya pas untuk pecinta petualangan dan penggemar budaya, Jogja juga menjadi destinasi yang romantis, dan wisata di dalamnya, menyelami kekayaan alamnya, walau hanya satu hari, akan membawa kesan mendalam bagi para pasangan yang dimabuk cinta.

Kisah Cinta dan Rangga misalnya, di film hits Indonesia Ada Apa Dengan Cinta 2 produksi Miles Film. Atau bagaimana Kla Project menggambarkan bagaimana Jogja memiliki pesona romantis, yang tidak akan mudah untuk dilupakan.

Ingin mendapatkan kesan seperti petikan syair di bawah ini:

Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama suasana Jogja

Jika iya, itinerary wisata romantis di Jogja ini bisa kamu ikuti untuk pengalaman satu hari yang mengesankan bersama pasangan. Cekidot, ya!

Menikmati sunrise yang luar biasa

Salah satu momen paling romantis yang harus kamu dapatkan adalah menuju ke Punthuk Setumbu, destinasi wisata yang sedikit di luar Jogja, dan menikmati sunrise dari puncaknya. Untuk bisa mendapatkan momen magis ini, kamu memang harus berangkat dinihari dan menuju bukit yang letaknya berada di sebelah barat daya Candi Borobudur di Magelang.

Dari Punthuk Setumbu, sunrise istimewa bisa kamu saksikan, ketika sang matahari keluar dari peraduannya dari ufuk timur bersama dengan sinar keemasannya yang hangat. Ditambah sejumlah spot foto yang apik, momen kamu bersama pasangan di sini bakal semakin mengesankan.

wisata romantis di jogja
Image credit: Angga Permadi

Destinasi berikutnya bisa dituju adalah Gereja Ayam, yang bisa dicapai sekitar 20 menit dari Punthuk Setumbu dengan berjalan kaki, menuruni bukit di bawah pepohonan yang rindang. Ada juga jalan beton yang sudah disediakan warga untuk bisa sampai ke lokasi.

Bangunan yang sebenarnya difungsikan sebagai rumah doa ini memiliki puncak menara di bagian kepalanya, dengan pemandangan 360 derajat. Kamu bisa menikmati lanskap sekeliling bangunan ini yang hijau, sekaligus menghirup udara pagi yang menyehatkan.

Sarapan pagi yang menyehatkan

Setelah menghabiskan pagi menikmati pesona alam yang istimewa, kamu dan pasangan bisa melanjutkan perjalanan dengan menuju ke Warung Ijo Bu Padmo untuk menikmati nasi brongkos.

Warung masakan khas Jogja ini berada di Jalan Magelang Km 18, menyajikan brongkos yang melegenda karena potongan daging yang besar dan melimpah, plus tambahan kacang tolo, krecek, telur dan nasi serta emping mlinjo dalam setiap porsinya. Konon katanya, kualitas rasa brongkos di warung ini terjaga sejak 1950, lho!

Mengagumi Merapi

Setelah sarapan, mengikuti lava tour Merapi menjadi hal yang asyik untuk dilakukan. Dengan mengikuti aktivitas ini pula, kamu juga bisa belajar akan keikhlasan, kesetiaan dan cinta dari Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi yang meninggal dunia karena sapuan awan panas.

Mengikuti lava tour Merapi juga menjadi momentum bagi semua orang untuk menghormati alam dan kekuatannya. “Alam tidak hanya memberi, tapi juga bisa mengambil apa yang menjadi milikmu. Pertanyaannya, apakah kamu bisa ikhlas menerimanya?”

Makan siang ala rumahan

Kembali lapar setelah menjalani petualangan penuh hentakan di Lava Tour Merapi, langsung saja ke Warung Omah Bu Ageng, yang menyajikan menu makanan khas rumahan dengan sentuhan Jawa Kalimantan.

Buka sejak 2011, warung yang menempati bangunan klasik ini merupakan buah bisnis seniman dan sosiolog Butet Kertaredjasa dan istrinya. Nasi Campur Lele Njingkrung, Ayam Nyelekit, Pecel, Bubur Duren Mlekoh, Mangut Lele, Sayur Lodeh, Bakwan Jagung dan menu Eyem Penggeng menjadi beberapa yang jadi menu favorit di sini. Kamu harus mencobanya, ya!

Menikmati buah karya seni budaya di tengah sunset

wisata romantis di jogja
Sunset di Candi Ratu Boko (kiri) dan Candi Ijo | Image credit: @sidiqnurseto (kiri) dan @diajengayus

Wisata ke Jogja tidak lengkap jika tidak mengunjungi situs budaya. Untuk mendapatkan sensasi romantis dan pengalaman yang epik, setidaknya ada dua lokasi yang bisa dikunjungi, Candi Ijo dan Istana Ratu Boko.

Candi Ijo berdiri dengan gagah di ketinggian 410 meter dari permukaan air laut, yang menjadikannya sebagai kompleks candi tertinggi di Jogja. Selain mengagumi kemegahan candi, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan lanskap alam yang asyik di sekitarnya, mulai dari pemukiman penduduk, ladang persawahan hingga gunung merapi di kejauhan.

Sementara Istana Ratu Boko, yang berjarak tiga kilometer dari Candi Prambanan, merupakan reruntuhan kompleks istana, yang menawarkan nuansa yang eksotik dan mengesankan. Kamu juga bisa melihat pemandangan sebagian Kota Jogja dan Candi Prambanan dari ketinggian. Baik di Candi Ijo maupun Istana Ratu Boko menjadi lokasi yang pas untuk menghabiskan hari dan menikmati sunset. Wisata ke dua tempat ini akan menambah kesan romantis liburan kamu dan pasangan di Jogja, dijamin!

Makan malam di sate legendaris

wisat romantis di jogja
Sate Klatak Pak Bari di mana Rangga dan Cinta di AADC2 makan, masuk juga kok dalam itinerary wisata romantis di Jogja yang asyik ini | Image credit: @silvi_wahyudi (bawah)

Dari penjuru timur, kamu bisa langsung ke selatan dan menuju ke Pasar Wonokromo di Jalan Imogiri Timur untuk menikmati sajian khas Bantul, sate klathak. Adalah Pak Bari menjadi salah satu penjaja sate klathak terkenal di wilayah ini.

Kebetulan sate klathak Pak Bari juga masuk dalam salah satu scene AADC2. Bukan tanpa alasan, sate yang ditawarkan di sini memang berbeda dari yang lainnya, pun demikian jika berbicara rasa. Karena banyak penggemarnya, untuk bisa mendapatkan pesanan, kamu mungkin harus menunggu selama beberapa waktu. Namun, nuansa tempat makan yang ditawarkan epik banget, makan di tengah lapak pedagang pasar yang sudah tutup.

Hiburan malam mengesankan

Setelah menikmati kuliner yang tiada duanya, masih ada sejumlah tempat lain yang bisa dituju, salah satunya Pappermoon Puppet Theater. Berdiri sejak 2006, grup teater boneka ini menjadi tempat untuk setiap seniman menampilkan karya cerita mereka, termasuk menuangkan rasa cinta dalam sebuah karya yang mengesankan. Bagi pasangan, datang ke sini bisa menjadi momen romantis yang tidak terlupakan.

Menikmati kehidupan malam Jogja

Titik nol Jogja (atas) dan Jalan Malioboro yang ikonik | Image credit: @arif_josselalu

Setelahnya kembali ke pusat kota Jogja menjadi pilihan yang masuk akal setelah bepergian menjelajahi sudut kota. Faktanya, banyak destinasi menarik yang bisa dijujuki, bahkan ketika waktu sudah beranjak malam.

Bersama pasangan, berjalan dari Tugu Jogja hingga ke Titik Nol bisa menjadi momentum yang mengesankan, sembari membicarakan banyak hal mengenai masa depan, atau bahkan masa lalu yang mengesankan. Bukankah destinasi ini menjadi spot wisata romantis yang tepat untuk menutup hari di Jogja?

Baca juga: Kuliner Legendaris Jogja Yang Wajib Kamu Coba Saat Libur Tiba

Tertarik mengikuti itinerary wisata romantis di Jogja ini bersama pasangan kamu?

The post Wisata Romantis Satu Hari Di Jogja, Simak Itinerary Di Sini appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin