Otoritas kesehatan Malaysia memutuskan untuk menghentikan sementara layanan wisata medis Penang untuk pasien dari luar negeri hingga menuntaskan perumusan prosedur kesehatan dan keamanan yang baru di tengah krisis pandemi Covid-19.

Keputusan itu diumumkan setelah kedatangan tiga pasien dari Indonesia yang menggunakan pesawat charter pada pekan lalu. Tiga pasien tersebut datang secara terpisah, di mana dua di antaranya merupakan pasien kanker dan satu lainnya membutuhkan perawatan medis secara darurat.

Chow Kon Yeow, yang merupakan Chief Minister Penang, seperti dikutip Reuters, mengungkapkan kekecewaannya karena pihaknya tidak mendapatkan informasi mengenai kedatangan pasien dari luar negeri tersebut saat mengumumkan penghentian sementara layanan wisata medis ke wilayahnya. Dijelaskannya, penghentian sementara ini akan tetap berjalan hingga kementerian kesehatan menuntaskan perumusan prosedur menjalankan wisata medis di Malaysia.

Otoritas pemerintah Penang juga memerintahkan semua pihak yang terkait dengan wisata medis untuk memberikan informasi dan pemberitahuan kepada pemerintah jika memang membawa masuk pasien dari luar negeri.

Otoritas Penang memang melakukan pembatasan di sejumlah titik di Malaysia sepanjang akhir pekan karena munculnya kasus baru setelah lebih dari tiga bulan tanpa kasus Covid-19. Namun, otoritas setempat tidak mengatakan apakah tiga pasien dari Indonesia ini positif Covid-19 saat masuk ke Penang. Otoritas Penang hanya menyatakan pasien telah mengikuti semua prosedur yang ditetapkan untuk bisa mendapatkan perawatan medis di wilayah mereka.

Saat ini Malaysia dilaporkan telah mendeteksi mutasi virus Covid-19 yang jauh lebih menular, dengan total kasus positif mencapai 9,200.

Baca juga: 22 Aktivitas Wisata Penang Yang Seru Untuk Kunjungan Pertama Kamu

Bagi yang ingin berobat ke Malaysia, atau Penang pada khususnya, untuk sementara waktu ditahan dulu dan pilih opsi di dalam negeri, ya!

Image photo credit: mlproject

The post Wisata Medis Penang Malaysia Dihentikan Sementara Waktu appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin