Wisata ekstrem di Yogyakarta begitu banyak pilihan. Kondisi alam yang mendukung untuk menguji keberanian dan memerahnya adrenalin membuat Jogja menjadi destinasi wisata yang ekstrem. Dari pantai ke gunung, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Semua tempat memiliki panorama indah dan kegembiraan. Paling menyenangkan jika Anda bepergian dengan teman atau keluarga. Jika Anda masih pemula, jangan khawatir karena sebenarnya beberapa tempat wisata ekstrem di Yogyakarta juga ramah kepada para tamu pemula. Apa yang kamu tunggu! Berikut adalah 11 tempat wisata ekstrim Jogja yang harus menjadi tujuan liburan Anda berikutnya.

1. Rasakan gondola bergoyang di Pantai Timang

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @Anda

Wilayah Gunungkidul Yogyakarta terkenal dengan pantai pasir putih dan laut biru jernih. Namun tidak semua pantai aman untuk dikunjungi. Pantai Timang misalnya, menghadirkan gelombang yang bisa memecah karang. Namun ada cara terpisah untuk bersenang-senang di Pantai Timang, termasuk menguji keberanian untuk naik gondola yang dirakit oleh nelayan. Gondola sederhana ini menjadi "kendaraan" nelayan yang membawa tangkapan lobster dan sekarang ditransformasikan sebagai kendaraan ekstrem.

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @shintiatandika

Selain gondola, Anda dapat melintasi jembatan gantung yang terbuat dari tali dan kayu. Angin sangat terasa di jembatan, mengayunkan susunan tali yang Anda injak. Jika Anda melihat ke bawah, ombak air selalu bergerak cepat. Punya nyali untuk mencobanya?

Lokasi: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga tiket: 10.000 IDR untuk memasuki area pantai Gunungkidul; 150.000 untuk naik gondola, 100.000 untuk naik jembatan gantung.

2. Berjalan di atas tali Gunung Berapi Kuno

Gunung Berapi Pangeran Ngl Kuno yang Instagenik | Kredit gambar: @reinerivan

The Ancient Volcano adalah gunung berapi vulkanik di zaman kuno. Sekarang bentuknya seperti batu yang menjulang tinggi. Angin sepoi-sepoi disertai dengan pemandangan indah yang menghadap ke bukit-bukit di sekitar Gunungkidul. Melihat angin yang baik dan menenangkan membuat manajer wisata membangun ayunan tebing untuk menarik wisatawan.

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @indranezia

Tantangan pertama yang harus Anda atasi adalah menyeberangi jembatan dari seutas tali. Tidak ada pegangan tangan, tubuh sepenuhnya bertumpu pada kaki menginjak tali penghubung. Maka Anda harus melompat dan mengayunkan tebing sedalam 100 meter! Seperti apa sensasinya? Baik, Anda harus menggambarkannya sendiri. Tapi, dari tempat ini, Anda akan melihat pemandangan spektakuler menghadap ke pedesaan dan bukit-bukit tinggi. Sangat menyenangkan, bukan?

Lokasi: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862
Harga tiket: Paket 1-5 orang – IDR 3.500.000, paket 6-10 orang IDR 4.000.000 (termasuk transportasi dari kota Yogyakarta ke Gunung Api Purba).

3. Sebarkan parasut dari atas Bukit Gupit dan mengambang di atas Samudra Hindia

Kredit gambar: @haryoprima

Bukit Gupit atau biasa disebut Watugupit oleh penduduk setempat adalah tempat paralayang terbaik di wilayah DIY. Tempat ini sudah terkenal di kalangan komunitas paralayang Indonesia dan internasional. Tingginya mencapai 900 meter di atas permukaan laut dan puncaknya cukup lebar untuk memperlebar parasut.

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @taufiqurhman_

Area Bukit Gupit sangat ideal untuk olahraga ekstrem ini, karena angin kencang dan medan yang luas memungkinkan Anda untuk terbang bebas tanpa terhalang oleh pohon-pohon yang tinggi. Pemandangan yang ditawarkan juga spektakuler, terutama di sore hari dan matahari mulai tenggelam. Jika Anda ingin mencoba paralayang ke Watugupit Anda harus mengambil rute dari Parangtritis ke Gunungkidul untuk lebih dekat.

Lokasi: Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
Harga tiket: Mulai dari Rp 300.000 per orang

4. Melangkah ke perut bumi di Gua Jomblang

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @linggabinangkit

Caving to Goa Jomblang adalah wisata Jogja ekstrem yang wajib dikunjungi. Keterampilan khusus diperlukan untuk mengontrol tali sehingga Anda bisa sampai ke permukaan gua dengan aman. Kedalaman gua mencapai 15-80 meter dari tanah, dengan permukaan yang licin, jadi Anda harus sangat berhati-hati, ya! Untuk kamu yang belum pernah mengalah sama sekali, akan ada pemandu wisata menemani ke bagian bawah gua.

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @ siscalim2002

Pemandangan seperti hutan jati, lumut dan pakis menjadi penyambut saat mereka turun ke mulut gua. Setelah mencapai perut gua, Anda akan melewati jalan naik dan turun, licin dan curam. Di sini Anda dapat melihat sungai bawah tanah dan sinar matahari yang menarik, serta stalaktit dan stalagmit yang eksotis, yang akan menghasilkan foto yang luar biasa.

Lokasi: Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893
Harga tiket: gratis untuk caving mandir (bawa perlengkapan pribadi), mulai dari Rp 450.000 jika operator

5. Perangi ombak pasang di jembatan gantung Pantai Sinden

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @ dimas.hy

Lokasi pantai ini berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dan tidak begitu jauh dari Pantai Timang. Dibutuhkan upaya ekstra untuk mencapai garis pantai karena Anda harus berjalan melalui pegunungan karst. Pemandangan yang ditawarkan adalah bukit karang tinggi yang menutupi biru pantai, dan ombak yang kuat menjadi pemandangan pembuka ketika Anda berkunjung ke sini.

Kredit gambar: @ginanjarrisang

Wisata ekstrem yang ditawarkan di sini adalah memanjat jembatan gantung yang memanjang sekitar 40 meter, yang menyatukan dua bukit. Jembatan selalu bergoyang mengikuti angin kencang. Ombak tidak luput menggoda dengan pukulan keras ke karang. Terutama jika Anda datang saat air pasang, ombak hanya dapat menembus jembatan dan melemparkan struktur kayu dan tali yang menghubungkan tanah. Tertarik merasakan sensasinya?

Alamat: Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883
Harga tiket: 25.000 IDR untuk naik jembatan

6. 2 catatan & lereng di tepi tebing Bukit Klangon

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @chaniiiss

Area Bukit Klangon sangat cocok untuk Anda yang gemar mengendarai sepeda lereng, sehingga sangat cocok untuk kawasan wisata ekstrim di Yogyakarta. Pemandangan di sekitar Gunung Merapi terlihat jelas sejak Anda tiba di sini, sehingga memberikan sensasi berbeda dari kota-kota.

Kredit gambar: Abah Lima Jagoan (Facebook)

Jalur menurun di Bukit Klangon memiliki panjang sekitar 20 kilometer dan membutuhkan rata-rata 1,5 jam untuk sampai ke garis finish. Lintasannya menantang, dengan bebatuan dasar dan jalur berkelok-kelok. Aktivis menurun yang tertarik untuk mencoba lagu ini harus waspada dan sangat berhati-hati jika mereka tidak ingin mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Ada juga jembatan kayu yang dirancang khusus untuk sepeda downhill, yang tidak kalah tegangnya.

Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
Tiket masuk: Gratis, IDR 4.000 untuk parkir

7. Menikmati Jogja dari Gunung Merapi

Kredit gambar: @ yasinaku24

Bagi yang suka mendaki gunung, Gunung Merapi adalah objek wisata tersendiri yang harus dijelajahi. Nikmati pemandangan Jogja atau Magelang, atau saksikan puncak Gunung Sindoro dan Sumbing bisa dilakukan di sini.

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @ulumpolem

Dengan Puncak Garuda tidak lagi di puncak Gunung Merapi, Pasar Bubrah adalah titik terakhir yang bisa ditempuh pendaki. Untuk dapat mendaki, pendaki harus memiliki kemampuan dasar mendaki dan keselamatan pribadi. Selain itu, memahami kondisi alam dan cuaca juga merupakan modal penting untuk dapat melakukan kegiatan pariwisata ekstrem di Jogja.

Alamat: Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga tiket: 15.000 IDR per orang

8. Menikmati keindahan Pantai Siung dengan panjat tebing

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @sfmakiyyah_

Tur ekstrem lain dari Jogja yang bisa Anda coba adalah mendaki tebing Pantai Siung. Tempat ini sangat ideal untuk Anda yang ingin melihat pemandangan pantai dengan cara yang tidak biasa panjat tebing. Karakteristik bukit karang di sekitar Pantai Siung sangat ideal untuk panjat. Terhitung ada lebih dari 50 rute pendakian yang dilengkapi gantungan untuk sampai ke puncak.

Kredit gambar: @mcfcirfan

Angin yang berhembus kencang dan ombak dari bibir pantai yang terkadang menyentuh wajah memberi sensasi tersendiri ketika mendaki di tebing pantai ini. Bagi yang masih belajar panjat tebing, ada jalur khusus dengan tingkat kesulitan rendah yang bisa Anda coba. Semua jalur dilengkapi dengan tali dan pengaman untuk memudahkan Anda memanjat dengan aman.

Lokasi: Dusun Duwet, Kecamatan Bumi Sari Natar, Desa Purwodadi, Distrik Tepus, Kabupaten Gunungkidul.
Harga tiket: 5.000 IDR untuk memasuki Pantai Siung, panjat tebing Mandiri gratis; untuk pengawalan bisa menjadi reservasi pada layanan tur & perjalanan.

9. Memisahkan Kaliadem Bunker dengan trek berbatu sepeda motor trail

Kredit gambar: @ merapijeep_86mjtc

Jika bersepeda lereng kurang menantang bagi Anda, dan mengendarai jip terlalu biasa, mungkin sudah waktunya untuk mencoba jejak moto di Wilayah Gunung Merapi. Tempat ini menjadi favorit para pencinta sepeda trail karena lintasannya tertutup pasir halus dan gunung batu yang keras. Area yang tepat untuk sepeda motor trail, bukan?

Wisata ekstrim Jogja
Kredit gambar: @ ichaitem025_

Di kawasan ini, beberapa warga menyewa sepeda motor khusus untuk wisatawan. Anda dan kuda besi bisa naik melalui genangan air yang tak terduga dan lonjakan batu. Medan yang tidak stabil juga merupakan tantangan baru bagi Anda yang belum pernah menjelajahi wilayah ini. Jangan lupa mengenakan helm keselamatan, topeng dan pakaian tebal, karena di sekitar Kaliadem Bunker suhunya dingin dan medannya pasir halus.

Lokasi: Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Harga: Sewa sepeda trail mulai dari IDR 250.000

10. Menari dengan ombak di Pantai Wediombo

Kredit gambar: @bingah_inawati

Satu lagi tur ekstrem Jogja yang bisa Anda coba, berselancar di Pantai Wediombo. Biru laut yang indah dan hamparan ombak yang ideal menjadikan tempat ini sempurna untuk olahraga berselancar.

Kredit gambar: @ronsimawan

Pantai Wediombo Ombaknya tidak sekencang pantai lain dengan karakteristik ombaknya jauh lebih stabil. Jika Anda masih pemula, ada komunitas selancar yang siap memberikan pelatihan dengan harga terjangkau. Tetapi jika Anda sudah pro dalam olahraga berselancar, silakan datang pada bulan Oktober hingga November karena ombaknya ideal untuk "berkuda".

Lokasi: Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul.
Harga tiket: 10.000 Rupiah per orang untuk gerbang kompleks Pantai Selatan Yogyakarta; 150.000 per orang untuk pelatihan selancar pemula.

Baca juga: 15 Destinasi Wisata di Jogja yang gratis dan sangat keren

Nah, tertarik mencoba wisata ekstrim Jogja dan menikmati semua kegembiraan dan derasnya adrenalin Anda? Segera jadwalkan liburan Anda di sini, ya!

Pos Pariwisata Ekstrim Jogja dan 10 Destinasi yang harus dikunjungi oleh para petualang muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin