Thailand tidak memasukkan Indonesia sebagai negara yang memungkinkan warganya masuk ke negaranya di tengah pandemi ini. Meski demikian, bukan berarti wisatawan asal Indonesia atau warga negara Indonesia tidak bisa masuk ke Thailand, tentunya dengan sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Dikutip dari Kompas Perjalanan, wisatawan dan WNI tetap dapat masuk ke Thailand dengan izin dari pemerintah Thailand, memenuhi sejumlah syarat dan memiliki persyaratan tertentu. Tujuan yang dimaksud adalah untuk kepentingan studi, alasan medis, perjalanan bisnis hingga bisnis.

Pejabat Hubungan Masyarakat Otoritas Pariwisata Thailand Untuk Indonesia, Stephanie Valencia menyatakan, WNI bisa masuk Thailand di luar destinasi wisata. Selain itu, ada sejumlah syarat dan izin yang harus dipenuhi WNI untuk masuk ke Thailand.

Dilansir dari situs resmi Kedutaan Besar Thailand di Jakarta, persyaratan yang harus dipenuhi antara lain pengajuan dokumen Sertifikat Masuk (CoE) online, minimal 14 hari sebelum keberangkatan. Pengiriman dokumen bisa dilakukan sini.

Untuk mendapatkan dokumen tersebut, terdapat beberapa dokumen lain yang harus disiapkan yaitu salinan dokumen pemesanan fasilitas karantina sendiri, baik Alternative State Quarantine (ASQ) di Bangkok maupun Alternative Local Quarantine (ALQ). ) fasilitas di Chonburi. Karantina mandiri di salah satu dari dua fasilitas yang akan ditentukan oleh pemerintah Thailand harus dilakukan oleh WNI yang akan masuk Thailand selama 14 hari dan semua biaya harus ditanggung sendiri.

Persyaratan WNI untuk memasuki Thailand

Selain dokumen di atas, WNI yang akan masuk ke Thailand juga wajib menunjukkan copy bukti pembelian tiket pesawat dengan tanggal yang sama dengan ASQ booking. Tak ketinggalan, salinan polis asuransi kesehatan termasuk biaya pengobatan Covid-19 harus disertakan. Catatan khusus, salinan polis asuransinya harus dalam bahasa Inggris, ya!

Dokumen lain yang juga harus disertakan adalah formulir pernyataan, formulir aplikasi visa yang telah dilengkapi dan dokumen terkait, serta salinan paspor.

Apakah cukup untuk berakhir disana? Belum. Masih ada sejumlah dokumen lain yang harus disertakan. Bagi warga negara Indonesia yang masuk ke Thailand untuk tujuan studi, harus menyertakan dokumen yang menegaskan statusnya sebagai pelajar atau pelajar di lembaga pendidikan di Thailand. Dokumen tersebut harus dikeluarkan oleh badan pemerintah yang mengatur institusi pendidikan di Thailand. Para orang tua yang ingin membawa anak-anak mereka ke Thailand untuk tujuan ini juga diwajibkan untuk menunjukkan salinan akta kelahiran anak atau dokumen yang menyatakan hubungan perwalian.

Bagi mereka yang masuk ke Thailand untuk keperluan medis, mereka harus meminta izin dari Kementerian Kesehatan Thailand dengan menghubungi rumah sakit secara langsung. Mereka yang melahirkan juga diharuskan menyertakan salinan dokumen yang telah dilegalisir oleh Kementerian Kesehatan Thailand. Dokumen lain yang harus diserahkan adalah bukti keuangan yang cukup untuk melakukan perawatan kesehatan, membayar akomodasi dan memenuhi biaya hidup selama berada di Thailand. Dokumen tersebut dapat berupa laporan bank dan asuransi kesehatan.

Persyaratan WNI untuk memasuki Thailand

Bagi mereka yang ingin berbisnis di Thailand, selain menunjukkan bukti surat undangan dari perusahaan di Thailand untuk pertemuan bisnis, pelamar diwajibkan untuk menyertakan bukti pernyataan dari bank yang menunjukkan saldo minimal 500.000 Thai Baht (~ 232.096.400 IDR ) atau yang setara selama enam bulan terakhir.

Semua dokumen di atas harus diserahkan untuk melengkapi pendaftaran CoE. Kedutaan nantinya akan menentukan apakah CoE diberikan secara online atau tidak.

Setelah mengantongi CoE, syarat lain yang harus dipenuhi WNI yang hendak masuk Thailand adalah wajib mengikuti tes Covid-19 dan menunjukkan hasil negatif. Hasil tes dalam bahasa Inggris harus diambil 72 jam sebelum keberangkatan. Sertifikat Fit to Fly dalam bahasa Inggris juga harus ditunjukkan maksimal 72 jam sebelum tanggal keberangkatan.

Harap diperhatikan, semua dokumen di atas harus dibawa pada saat check-in untuk ditunjukkan sebelum kedatangan di Thailand. Jadi, simpan semua dokumen wajib di atas, ya!

Untuk bisa mengetahui informasi lebih lengkap mengenai persyaratan lengkap WNI untuk masuk ke Thailand, Anda bisa langsung menuju ke situs resmi Kedutaan Besar Thailand. sini.

Baca juga: Thailand mengeluarkan visa turis khusus, inilah yang perlu Anda ketahui

Dengan kondisi di atas yang sepertinya menyita tenaga dan waktu untuk diselesaikan, apakah kamu masih tertarik untuk berwisata ke Thailand?

Postingan WNI boleh masuk Thailand, tapi syaratnya ribet banget! muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin