Yang berencana bepergian ke Malaysia tahun ini kemungkinan harus mengubah jadwal keberangkatan setelah Perdana Menteri Muhyiddin Yassin memperpanjang periode Movement Control Order (RMCO) hingga 31 Desember. Pintu perbatasan Malaysia juga masih akan ditutup dan turis asing dilarang masuk selama periode tersebut.

Dalam keterangan kepada media melalui siaran televisi, Jumat (28/8), diperpanjangnya periode RMCO di Malaysia tidak bisa dilepaskan dari masih pesatnya perkembangan penyebaran virus Covid-19 di dunia. Sebelumnya diperpanjang hingga 31 Desember, RMCO seharusnya berakhir pada 31 Agustus 2020.

“Untuk saat ini, situasinya bisa dikendalikan. Akan tetapi, jika ada peningkatan dalam jumlah kasus di wilayah tertentu, pemerintah akan pendekatan terfokus dengan menerapkan peningkatan pengendalian pergerakan atau pengfokusan pengendalian pergerakan, yang sebelumnya diberlakukan di sejumlah wilayah,” ujar Muhyiddin.

“Ini berarti pemerintah memiliki mekanisme yang sesuai aturan untuk melanjutkan upaya untuk menurunkan dan mengendalikan penyebaran Covid-19. Karena itu, demi kebaikan bersama, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang fase pemulihan pengendalian pergerakan (RMCO) hingga 31 Desember 2020,” tegasnya.

Dengan diberlakukannya aturan tersebut, Muhyiddin menambahkan turis asing masih dilarang untuk masuk ke Malaysia sebagai langkah pencegahan munculnya kasus penularan dari luar ke dalam negeri.

Lebih lanjut, otoritas pemerintah juga akan tetap didukung secara penuh untuk menegakkan aturan, termasuk meningkatkan sanksi denda bagi mereka yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Muhyiddin menegaskan semua pihak wajib mematuhi standar prosedur operasional di era Normal Baru dan protokol kesehatan yang sudah disepakati.

Saat ini semua sektor ekonomi di Malaysia sudah beroperasi dengan di era New Normal dengan SOP dan protokol kesehatan yang ketat. Selain klub malam dan wisata hiburan, pemerintah mengizinkan sejumlah aktivitas dilakukan, termasuk di antaranya aktivitas olahraga dengan tanpa hadirnya penonton atau partisipan dari luar Malaysia.

Baca juga: Wisata Medis Penang Malaysia Dihentikan Sementara Waktu

Yang rindu liburan ke Malaysia, selama kebijakan turis dilarang masuk masih dijalankan, harus bersabar dulu, ya!

The post Turis Masih Dilarang Masuk Malaysia Hingga 31 Desember appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin