Jalan Malioboro identik sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di Yogyakarta. Selain itu, jalan-jalan tersebut diketahui mengalami kemacetan dan rawan kemacetan, terutama saat musim libur nasional. Maka, mulai November 2020, anggapan tersebut mulai berubah setelah pemerintah daerah menjadikan Malioboro kawasan bebas kendaraan bermotor.

Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwi Panti Indrayanti mengatakan, Malioboro merupakan salah satu kawasan yang mendapat perhatian khusus karena diusulkan sebagai bagian dari warisan dunia UNESCO dan penataan serta penataan ini merupakan satu kesatuan. dari poin penting yang harus dilakukan.

Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Daerah Yogyakarta juga telah melakukan sosialisasi dan koordinasi di tingkat kecamatan, kecamatan bahkan di tingkat masyarakat untuk mensukseskan rencana kawasan Malioboro benar-benar bebas dari kendaraan bermotor dan menjadi zona pejalan kaki.

Untuk itu, Dinas Perhubungan DIY akan melakukan uji coba penutupan Jalan Malioboro mulai 3 November 2020 selama dua pekan ke depan. Khusus untuk pengujian hari pertama, penutupan akan dimulai pukul 11.00 hingga 22.00 kemudian akan dimulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB.

Namun, Malioboro tidak sepenuhnya steril dari kendaraan bermotor. Ni Made mengungkapkan kendaraan seperti bus Trans Jogja, mobil dinas polisi, dinas kesehatan, mobil pemadam kebakaran dan kendaraan patroli masih bisa melintas di Jalan Malioboro.

Sedangkan Jalan Malioboro merupakan kawasan jalan dari Tugu Yogyakarta menuju perempatan Kantor Pos Yogyakarta yang terbagi menjadi tiga jalan utama yaitu Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro dan Jalan Margo Mulyo dengan panjang kurang lebih dua kilometer.

Banyak destinasi wisata yang bisa ditemukan di sekitar jalan paling terkenal di Jogja ini, diantaranya Tugu Jogja dan Titik Kilometer Nol. Salah satu aktivitas wisata di Malioboro yang paling diminati adalah belanja oleh-oleh, karena banyak destinasi yang bisa dikunjungi, mulai dari Pasar Beringharjo, Mirota Batik dan juga banyak pedagang kaki lima di sepanjang Malioboro yang bisa dikunjungi.

Baca juga: 13 Tempat Wisata Kuliner di Malioboro yang Menggoyang Lidah dan Murah

Apakah Anda antusias tentang penegakannya zona pejalan kaki di Jalan Malioboro? Bagikan pendapat kamu dengan mengisi kolom komentar di akun media sosial Tripzilla Indonesia.

Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Postingan Traveler Wajib Tahu, Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor Mulai November 2020 muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin