Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan saat berlibur adalah wisata kuliner. Bayangkan, berada di tempat baru dan menikmati pemandangan, nuansa dan keunikan yang ditawarkan, plus mencicipi masakan lokal, dijamin liburan Anda akan sangat berkesan. Namun, untuk bisa mendapatkan sensasi maksimal saat berwisata kuliner, ada tips yang bisa Anda ikuti. Tidak terlalu rumit dan terlalu banyak, kok, karena semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Ingin tahu tips perjalanan kuliner untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan, lihat di bawah ini, ya!

1. Cari referensi dan informasi sebanyak mungkin

tips perjalanan kuliner
Kredit gambar: Erick Westendarp

Tidak yakin di mana tujuan wisata kuliner Anda? Mudah saja, Anda dapat segera mencari referensi dan informasi di berbagai saluran, mulai dari media sosial atau situs web khusus tentang informasi wisata seperti Tripzilla Indonesia. Anda dapat menemukan rekomendasi makanan untuk dicoba, lokasi untuk dicoba, merasakan sensasi yang akan diperoleh dan bahkan kisaran harga makanan mangsa.

Tidak hanya dari web, informan yang paling dapat diandalkan untuk wisata kuliner adalah penduduk setempat. Jika memungkinkan, Anda dapat meminta informasi langsung dari orang yang tepat tentang tempat makan yang direkomendasikan.

2. Tanyakan harga sebelum memastikan untuk membeli

Sering mendengar orang merasa terjebak oleh harga makanan yang terlalu mahal setelah memakannya? Nah, hal semacam itu bisa Anda hindari jika Anda memastikan berapa yang harus Anda bayar untuk menikmati kuliner yang diinginkan. Dengan mengetahui harga makanan juga, Anda dapat menilai apakah makanan yang ingin Anda makan layak atau tidak? Tidak ingin merasa terjebak oleh penjual, bukan?

3. Pilih tempat makan yang ramai

tips perjalanan kuliner
Kredit gambar: Rajesh Balouria

Secara teori, di sini, tempat makan yang ramai dikunjungi pembeli berarti tempat menyajikan makanan yang enak. Tidak sedikit yang membuktikan kebenaran teori tersebut, meski pada akhirnya semuanya tergantung selera masing-masing orang. Namun, setelah semua, ada alasan terpisah mengapa tempat makan tertentu penuh dengan pembeli dan salah satu alasan yang masuk akal adalah bahwa makanan yang ditawarkan lezat dan harganya relatif terjangkau.

Namun, tempat makan yang ramai juga berarti Anda harus bersiap-siap kecewa jika datang terlalu lambat. Soalnya, tempat makan ramai pembeli biasanya cepat habis.

4. Jangan tertipu oleh aroma dan penampilan

Penampilan bisa sangat menipu, dan begitu juga aroma ketika kita berbicara tentang makanan. Makanan dengan tampilan warna-warni yang bisa mencolok bisa sangat berbahaya karena penggunaan zat pewarna yang tidak alami, sedangkan aroma yang terasa enak bisa dibuat sedemikian rupa untuk mengecoh calon pembeli. Lihat semua itu, teman-teman!

5. Kebersihan itu penting

tips perjalanan kuliner
Penghargaan gambar: David Mark

Tidak menginginkannya, kan, tur kuliner Anda berakhir berantakan, seperti perut buncit atau bahkan muntah karena gangguan pencernaan? Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa segala sesuatu tentang kebersihan terpenuhi, baik dari tempat makan, alat makan yang digunakan untuk (jika mungkin) bahan makanan dan stasiun dapur "koki" yang bertugas.

6. Jangan takut untuk mencoba

Jika Anda menginginkan wisata kuliner, Anda juga harus siap mencoba makanan dengan rasa baru. Karena itu, selama memenuhi prinsip kesehatan dan standar halal untuk wisatawan Muslim, tidak ada salahnya mencoba makanan dengan citarasa baru. Dijamin, wisata kuliner juga akan membuat pengetahuan dan pengalaman lebih luas!

7. Hindari porsi besar

Jika Anda menginginkan wisata kuliner di satu area dan mendapatkan pengalaman rasa yang berlimpah, akan lebih baik jika Anda memilih porsi kecil untuk setiap makanan yang dipilih. Setidaknya, dengan porsi kecil, Anda bisa mencicipi lebih banyak jenis makanan. Masuk akal, bukan?

Baca juga: 9 Salad Spesial Indonesia untuk Wisata Kuliner Sehat

Menurut Anda, tips wisata kuliner di atas akan berguna untuk agenda liburan berikutnya?

Posting Tips Perjalanan Kuliner untuk Pengalaman Rasa yang Mengesankan muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin