Rencana liburan Anda ke Bali atau Yogyakarta berantakan karena harus melakukan PCR mahal atau rapid antigen test? Mengapa tidak mengubah agenda liburan Anda dengan staycation di akomodasi yang keren? Tapi, di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, kamu harus mengikuti tips di bawah ini agar bisa staycation dengan aman dan nyaman.

Staycation memang menjadi pilihan yang bisa jadi pertimbangan saat menghabiskan waktu saat liburan natal dan tahun baru mendatang. Selain lebih aman, Anda tetap bisa melepas penat dan rasa bosan setelah disibukkan dengan pekerjaan atau belajar pada periode sebelumnya.

Tapi, layaknya liburan di tempat wisata dan outdoor di tengah pandemi seperti sekarang, wajib bagi semua untuk tetap sehat dan aman selama staycation. Untuk itu perlu mengikuti tips dan pedoman staycation aman di bawah ini.

1. Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan bugar

tips staycation aman

Sangat penting untuk berlibur dalam kondisi yang sehat dan bugar. Jika Anda merasa badan Anda belum sepenuhnya 100 persen bugar, Anda mengalami gejala flu atau batuk, ada baiknya Anda menunda rencana liburan Anda. Demi kebaikan bersama, guys!

2. Mencari informasi tentang akomodasi untuk dipilih

Untuk bisa staycation aman dan nyaman, tips selanjutnya adalah mencari informasi detail tentang akomodasi yang dipilih. Tidak hanya tentang kamar dan fasilitas, tetapi juga mengenai standar kesehatan yang dilakukan oleh pengelola penginapan serta lokasi fasilitas dan pelayanan kesehatan.

3. Bersemangatlah tanpa uang tunai

tips staycation aman

Salah satu cara meminimalisir risiko tertular Covid-19 adalah dengan tidak menyentuh orang lain secara fisik. Karenanya, untuk setiap pembelian dan pembayaran selama staycation, Anda bisa menggunakan metode cashless. Anda dapat memilih akomodasi yang mendukung metode ini.

4. Ikuti protokol kesehatan yang ditetapkan

Sangat penting untuk mematuhi protokol kesehatan di mana pun Anda berada, termasuk selama staycation. Memakai masker, menghindari keramaian terutama dalam antrian di meja resepsionis atau di elevator, serta selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer merupakan aktivitas normal baru yang harus dilakukan di tengah pandemi ini.

5. Perhatikan zona Covid-19

Ingin menginap di kota lain, wajib mengetahui situasi dan status zona Covid-19 di kawasan itu. Anda bisa melihatnya langsung di halaman resmi terkait Covid-19 terkait wilayah yang dikunjungi, baik yang berisiko tinggi, sedang, maupun rendah.

Baca juga: Zona Merah yang Harus Dihindari Selama Liburan Natal dan Tahun Baru 2021

6. Bawalah peralatan sanitasi dan kebersihan

Kami tidak pernah tahu apakah kamar tempat staycation Anda dibersihkan sesuai standar kesehatan yang ditentukan atau tidak. Maka dari itu, tips staycation aman dan nyaman yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa perlengkapan sanitasi dan kebersihan, setidaknya mensterilkan ruangan tempat Anda berada.

Anda dapat menggunakan tisu basah antiseptik atau semprotan disinfektan untuk membersihkan barang dan peralatan yang sering disentuh, seperti remote TV dan AC, gagang pintu, hingga sakelar lampu. Selain itu, Anda juga bisa membawa perlengkapan mandi dan makanan sendiri, setidaknya untuk menjaga kebersihan.

Baca juga: Tips Memilih Hotel untuk Menginap yang Menyenangkan

Punya tips dan pengalaman lain agar bisa staycation aman dan nyaman? Mengapa tidak berbagi dengan kami?


Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Postingan Tips Menginap Aman Saat Pandemi Liburan Natal dan Tahun Baru muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin