Fenomena virus Corona menjadi momok yang sangat memperingatkan. Sebagai salah satu negara yang jumlah orang terinfeksinya terbilang masif, Indonesia menerapkan aturan pembatasan wilayah di berbagai daerah.

Diberlakukannya pembatan wilayah sontak saja memutuskan banyak sektor penting mulai dari pendidikan, perbelanjaan, dan perkantoran. Semua warga negara diharapkan untuk tetap berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus Corona.

Sempat dilarang, saat ini mudik atau pulau kampung sudah diperbolehkan lagi pastinya dengan memperhatikan beberapa peraturan agar perjalanan mudik anda tidak membawa petaka: terinfeksi virus Corona.

Berencana untuk mudik saat pandemi? Berikut kami sajikan tips pulang kampung saat pandemi Corona yang sangat dianjurkan untuk diikuti dan ditaati untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Calon penumpang diharuskan menggunakan masker

Masker sudah menjadi atribut wajib selama masa pandemi Corona yang sudah memakan waktu berbulan-bulan lamanya ini. Menggunakan masker sangat penting karena keberadaan masker bak sebuah pelindung yang melindungi anda dari penyebaran virus Corona.

Ya, pandemi Corona yang sudah menginfeksi Indonesia sejak awal Maret 2020 lalu memaksa kita untuk menaati berbagai protokol kesehatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker.

Penggunaan masker tak hanya di tempat-tempat publik yang anda kunjungi namun juga saat anda melakukan perjalan mudik.

Jika anda menggunakan kereta api, tips mudik dengan kereta api harus anda lengkapi dengan menyiapkan masker yang berguna untuk menangkal penyebaran virus.

Ya, perlu diketahui jika semua orang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona terlebih jika berada di kerumunan atau sebuah tempat dimana ada banyak orang di dalamnya seperti kereta api. Penggunaan masker pun wajib untuk diikuti.

Silakan gunakan masker wajah yang kualitasnya terjamin. Pilih material yang nyaman sekaligus mengandung proteksi tambahan sehingga perjalanan pulang kampung anda akan aman dari penyebaran virus Corona.

2. Siapkan hand sanitizer

Selain masker, keberadaan hand sanitizer sudah menjadi hal wajib di era pandemi Corona saat ini. Menggunakan hand sanitizer dinilai sangat penting karena alat pembersih ini diklaim memiliki kemampuan untuk mengusir bakteri.

Ya, bakteri virus Corona dapat dengan mudah menginfeksi dari satu orang ke orang lainnya lewat media sentuhan kulit. Tak hanya kulit, benda-benda mati pun punya potensi besar untuk menjadi media penyebaran virus Corona.

Oleh karena itu, penggunaan hand sanitizer diharapkan mampu melindungi anda dari penyebaran virus Corona lewat sentuhan antar individu maupun benda mati.

Tips pulang kampung saat pandemi Corona selanjutnya yang kami anjurkan untuk anda ikuti adalah dengan menyiapkan persediaan hand sanitizer saat perjalan mudik anda.

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, hand sanitizer punya kemampuan untuk mengusir bakteri. Beruntungnya, walau sempat sangat sulit untuk dicari, saat ini anda bisa menemukan hand sanitizer dengan mudah di minimarket walaupun swalayan terdekat.

Penggunaan hand sanitizer juga harus dilakukan oleh anda yang memilih mobil pribadi sebagai transportasi mudik. Layak untuk memasukkan penggunaan hand sanitizer ke dalam tips mudik dengan menggunakan mobil pribadi.

3. Melakukan uji kesehatan online secara online

Menghadapi pandemi Corona yang memakan waktu berbulan-bulan, terdapat banyak perubahan besar di beragam sektor di Indonesia. Meski sedikit membingungkan, setiap warga negara diharapkan untuk mematuhi anjuran dan aturan pemerintah.

Berencana untuk mudik dan menjadikan tempat wisata di Pekalongan atau wilayah lainnya sebagai destinasi mudik anda? Jika iya, maka ada sebuah protokol kesehatan yang harus anda ikuti.

Ya, bagi siapapun yang ingin melakukan perjalanan mudik diharuskan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara online. Hal ini wajib dilakukan apakah anda layak untuk melakukan perjalanan mudik atau tidak.

Jika ditemukan gejala-gejala yang menunjukkan terinfeksi virus Corona, maka anda tidak akan diperbolehkan untuk melakukan mudik.

4. Patuhi social distancing

Salah satu protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah untuk setiap warga Indonesia ikuti adalah dengan melakukan social distancing atau bahasa mudahnya, berjaga jarak.

Ya, salah satu media penyebaran virus Corona yang paling efektif adalah kerumanan. Di dalam sebuah kerumumunan biasanya akan terjadi desak-desakan. Inilah yang kemudian menyebabkan virus Corona menyebar dengan cepat.

Berencana untuk mudik saat musim pandemi seperti saat ini? Pastikan untuk selalu melakukan social distancing terlebih jika anda menggunakan transportasi umum sebagai media untuk mudik.

Transportasi umum menjadi sasaran empuk bagi virus Corona untuk menyebar. Salah satu cara untuk terhindar dari infeksi virus mematikan ini adalah dengan menerapkan social distancing.

Saat berada di destinasi wisata kampung halaman anda, protokol social distancing juga harus diterapkan. Salah satu caranya adalah dengan menghindari tempat-tempat wisata yang didapati kerumunan di dalamnya.

Salah satu adalah pemandian air panas di Jawa Barat yang pastinya di tempat seperti ini akan ada banyak sekali kerumunan. Anda bisa memilih tempat wisata lain sebagai alternatif. Mudah bukan?

5. Melakukan pengukuran suhu tubuh dan cek kesehatan lainnya di kota tujuan

Setelah menghabiskan waktu berjam-jam menempuh perjalan mudik yang melelahkan, akhirnya anda sampai di kota tujuan, kampung halaman anda.

Berbeda dengan kondisi sebelum pandemi, ada protokol kesehatan baru yang harus anda jalani jika anda merupakan seorang pendatang di sebuah kota.

Ya, setiap pendatang yang baru tiba di sebuah kota diwajibkan untuk menjalani protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh. Jika dinyatakan negatif dari tanda-tanda terinfeksi virus Corona, anda bisa melanjutkan perjalanan anda seperti ke kuliner di Salatiga.

6. Hindari dine-in atau makan di tempat

Salah satu aturan yang diberlakukan pemerintah saat pandemi Corona adalah penerapan larangan untuk dine-in alias makan di tempat.

Ya, kini anda tak diperbolehkan untuk makan di restoran karena biasanya akan ada banyak orang yang berkumpul. Virus Corona pun bisa dengan mudah berkembang biak di tempat-tempat dimana perkumpulan ditemukan di sana.

Silakan pilih untuk membawa pulang makanan anda untuk keamanan anda dan orang-orang di sekitar anda. Dengan begini, peluang untuk terinfeksi virus Corona akan semakin kecil.

Itu dia tips pulang kampung saat pandemi Corona yang sudah kami ulas. Semoga bermanfaat.

The post Tips Pulang Kampung Saat Pandemi Corona appeared first on TempatWisataUnik.com.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin