Siapa sih yang tidak suka liburan dan jalan-jalan ke destinasi wisata atau tempat yang baru? Kamu termasuk salah satunya, kan? Tapi, dengan kondisi perekonomian yang sedang tidak stabil saat ini, apakah liburan tetap harus dilakukan? Bisa saja, lho, dengan catatan mengikuti tips liburan hemat di bawah ini.

Faktanya, liburan dan berwisata menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat saat ini. Tidak sedikit yang mengalokasikan sebagian pendapatannya hanya untuk jalan-jalan dan menikmati hal yang baru. Untungnya ada banyak cara bisa liburan tanpa harus mengeluarkan banyak uang alias hemat, asalkan tahu tips dan triknya. Yuk simak panduan tips liburan hemat di bawah ini dan dijamin pas untuk semua orang, baik yang sudah bekerja atau masih mahasiswa, dan juga pas untuk wisata dalam atau luar negeri!

Perencanaan yang paling utama

Perencanaan yang matang bisa sangat meminimalkan pengeluaran kamu, lho! Dengan perencanaan, kamu tahu di mana harus menginap, makan, destinasi wisata yang dituju dan berapa budget yang mungkin dihabiskan. Dengan perencanaan juga, kamu bisa mendapatkan deal terbaik untuk tiket perjalanan, penginapan jika memang harus menginap di akomodasi tertentu, dan juga memaksimalkan promo untuk meminimalkan pengeluaran jika memungkinkan.

Cari aktivitas wisata gratisan

Hampir di semua kota atau daerah di penjuru dunia memiliki banyak destinasi wisata gratis, yang tidak kalah asyik untuk dijelajahi. Saat ke Seoul, Korea Selatan atau Tokyo, Jepang, atau bahkan di Singapura, kamu bisa mengunjungi banyak taman menarik dan asyik, situs bersejarah hingga museum tanpa dipungut biaya. Pun demikian dengan yang ada di Indonesia, baik di kota besar atau kota kecil. Yang penting adalah rajin riset untuk menemukan aktivitas wisata terbaik buat kamu!

Liburan di waktu yang tidak biasa

Maksudnya, untuk bisa hemat, tips yang bisa diberikan adalah liburan bukan di musim liburan atau peak season. Memilih long weekend, atau tanggal merah, atau jadwal liburan sekolah dan libur nasional tentunya bukan hal yang bijak jika sudut pandangnya pertimbangan finansial, karena harga dipastikan jauh lebih mahal dibanding saat low season. Karena itu, kamu bisa memilih liburan dengan mengambil cuti di tengah bulan pada weekdays. Dijamin jauh lebih asyik dan tenang!

Cari penginapan gratis

Jika memang harus bermalam di tempat wisata tujuan kamu, mengapa tidak menginap di penginapan gratis. Asyiknya ada banyak pilihan buat kamu mendapat tempat menginap tanpa harus mengeluarkan biaya, lho!

Kamu bisa memaksimalkan situs Global Freeloader, atau aplikasi Couchsurfing dan Bewelcome untuk mendapatkan tempat menginap. Namun, jangan berharap fasilitas yang kamu dapatkan layaknya hotel berbintang. Syukur-syukur ada tempat untuk istirahat. Gratis lagi!

Bawa bekal air minum sendiri

Penting sekali untuk kamu tidak dehidrasi saat liburan. Karenanya, kamu harus menjaga asupan air dan cara terbaik adalah dengan meminum air putih sesuai kebutuhan tubuh. Untuk mendapat pasokan air, kamu bisa membawa bekal air putih. Membeli di minimarket tentunya tidak sesuai dengan prinsip liburan hemat. Tipsnya, kamu bisa membawa botol air minum dan mengisinya saat masih di penginapan atau di tempat air minum umum yang telah disediakan.

Membawa uang tunai

Kampanye pembayaran cashless digaungkan di mana-mana. Jika kamu bisa disiplin, membayar setiap transaksi dengan menggunakan sistem cashless juga bisa mendukung kebijakan berhemat kamu. Namun di Indonesia, kondisinya tidak 100 persen mendukung untuk cashless. Karenanya, membawa uang tunai tetap menjadi hal yang penting. Selain itu, dengan mengetahui berapa jumlah uang yang ada di dompet, kamu jadi tahu apa yang harus dilakukan jika uang mulai menipis, ya kan?

Baca juga: 18 Tips Liburan Hemat ke Eropa yang Harus Kamu Ketahui

Dengan tips untuk liburan hemat ini, kamu jadi tahu apa yang harus dilakukan untuk jalan-jalan dengan budget terbatas, kan?

The post Tips Liburan Hemat Di Tengah Kondisi Perekonomian Yang Sulit appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin