Bosan dengan aktivitas di rumah saja di tengah maraknya pandemi Covid-19 yang berkembang saat ini? Tenang, kamu tidak sendirian. Mereka yang work from home dan school from home juga merasa jenuh dengan situasi saat ini dan berharap pandemi segera berakhir. Bagi yang ingin refreshing saat pandemi, liburan sejenak bisa dilakukan, termasuk bersama anak kamu.

Sudah banyak destinasi wisata di dalam negeri yang bisa dikunjungi dan menjadi tujuan liburan kamu bersama anak-anak saat pandemi. Namun, untuk bisa tetap aman dan meminimalkan risiko sakit atau tertular, perlu sejumlah langkah dilakukan para orangtua untuk bisa menjaga anak-anaknya. Tips dan panduan liburan bersama anak saat pandemi ini bisa menjadi rekomendasi untuk diikuti!

1. Lakukan riset terkait destinasi wisata yang dituju

Sangat penting untuk melakukan persiapan sebelum pergi liburan bersama anak, apalagi di tengah pandemi saat ini. Sejumlah daerah memberlakukan protokol kesehatan yang ketat untuk pendatang, seperti Bali yang mewajibkan penggunaan masker wajah, atau Gunung Bromo yang masih melakukan pembatasan pengunjung.

Penting juga membaca aturan yang ditetapkan daerah yang dituju, seperti keharusan membawa surat keterangan sehat atau penggunaan masker dan faceshield untuk si kecil. Di sinilah pentingnya para orang tua melakukan riset terhadap destinasi yang dituju jika ingin liburan bersama anak berakhir dengan mengesankan, dan aman.

2. Jika memungkinkan, lakukan perjalanan dengan menggunakan mobil sendiri

Menggunakan pesawat memang lebih cepat, naik kereta api juga menyenangkan, tapi di saat pandemi Covid-19 saat ini, menggunakan mobil sendiri saat liburan bersama anak menjadi yang paling aman dilakukan.

Kewajiban menggunakan masker dan faceshield untuk anak di transportasi umum kemungkinan besar akan membuat mereka tidak betah. Apalagi, untuk anak kategori balita yang sedang lucu-lucunya, mereka biasanya penasaran dengan banyak hal dan senang menyentuh apapun yang menarik buat mereka, kemudian memasukkan tangannya ke dalam mulut. Hal semacam ini akan sulit dikontrol saat naik kendaraan umum, baik itu pesawat, kereta api atau bus.

Dengan menggunakan mobil, baik itu milik sendiri, pinjam atau sistem rent-a-car, para orangtua bisa meminimalkan risiko terpapar hal-hal yang buruk buat mereka, termasuk virus Covid-19. Masuk akal, kan?

3. Menyewa villa, apartment atau guesthouse jauh lebih aman dibanding ke hotel

Hotel memang memanjakan tamunya dengan pelayanannya, tapi ada potensi kontak dengan orang asing yang riwayat perjalanan dan kontaknya tidak diketahui. Karena itu, menyewa villa, apartment atau guesthouse dengan fasilitas lengkap menjadi pilihan yang masuk akal.

Dengan adanya dapur di akomodasi pilihan, kamu bisa memasak sendiri makanan untuk keluarga, termasuk si kecil. Sedikit repot memang, tapi peluang untuk bisa tetap sehat jauh lebih baik ketimbang harus makan di restoran atau tempat makan komunal lainnya, di mana harus bertemu dengan orang lain yang riwayat kontaknya tidak diketahui.

4. Bersihkan segalanya!

Liburan bersama anak di tengah pandemi seperti sekarang ini mengharuskan para orangtua harus lebih rajin untuk membersihkan segalanya, terutama yang mudah disentuh si kecil. Karena itu, penting sekali untuk kamu membawa alat kebersihan standar, seperti tisu basah dengan alkohol, hand sanitizer dan sabun cuci tangan. Setibanya di akomodasi, kamu bisa langsung membersihkan bagian seperti gagang pintu, remote, saklar lampu, meja, dan segala hal yang kemungkinan besar disentuh oleh orang lain.

5. Mengunjungi destinasi wisata alam, dan camping

Mengunjungi destinasi wisata indoor sangat tidak disarankan saat ini, karena sifat virus yang bisa terbang di udara dalam partikel kecil. Karena itu pemerintah baru memberikan rekomendasi destinasi wisata outdoor yang saat ini diizinkan buka.

Dengan situasi tersebut, akan lebih baik bila kamu menyusun agenda liburan bersama anak dengan destinasi yang dituju adalah tempat wisata alam. Bahkan, jika memungkinkan, kamu bisa camping dan menyatu dengan alam, baik dengan tenda, atau mencoba glamping. Dengan begitu, si kecil jadi tahu cara mengenal alam, menghargainya dan juga bisa tetap aman dan nyaman.

Baca juga: Barang Yang Harus Dibawa Saat Traveling Usai Pandemi Covid-19

Tipsnya memungkinkan untuk dilakukan, kan? Jadi tidak usah khawatir liburan bersama anak saat pandemi seperti ini, asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang disarankan!

The post Tips Liburan Bersama Anak Saat Pandemi Agar Tetap Aman appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin