Masyarakat diharapkan bisa meminimalkan aktivitas bepergian ke lokasi yang jauh di tengah pandemi virus corona Covid-19 saat ini, termasuk di antaranya menggunakan transportasi umum. Selain berisiko terjadi penularan, ada potensi terjadinya penyebaran yang membuat langkah menurunkan angka kasus Covid-19 di Indonesia gagal. Namun, jika perjalanan menggunakan transportasi umum tetap harus dilakukan dengan alasan tertentu, ada sejumlah tips yang bisa diikuti, termasuk saat bepergian dengan pesawat terbang.

PT Angkasa Pura II, yang mengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, membagi sejumlah tips yang bisa diadopsi oleh para calon penumpang pesawat terbang, atau bahkan pengguna transportasi umum lainnya. Selain wajib menggunakan masker dan melakukan physical distancing alias jaga jarak, ada sejumlah tips lain yang bisa dilakukan penumpang bepergian dengan pesawat untuk meminimalkan risiko penularan dan penyebaran Covid-19.

1. Mengedepankan kebersihan dan kesehatan

Menjaga kebersihan dan kesehatan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini. Untuk bisa menjaga kesehatan, setiap penumpang wajib mengikuti protokol kesehatan, mulai dari mengenakan masker selama perjalanan, mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer di setiap saat setelah menyentuh barang, tidak menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung dan mata.

Membersihkan barang yang digunakan juga penting untuk dilakukan, seperti sandaran tangan, meja pesawat atau apapun yang kemungkinan besar disentuh banyak orang. Karena itu penting sekali bepergian dengan membawa tisu disinfektan dalam setiap perjalanan kamu.

2. Melakukan transaksi secara cashless

Uang logam atau kertas termasuk salah satu barang paling kotor yang dimiliki manusia. Melalui uang juga bisa terjadi penyebaran virus, kuman dan bakteri. Karena itu penting sekali untuk menghindari penggunaan uang secara fisik dan menggantinya dengan transaksi non-tunai alias cashless.

Transaksi non-tunai bisa dilakukan dengan menggunakan dompet digital, uang elektronik, kartu debit atau kartu kredit. Dengan melakukan transaksi cashless, risiko penularan dan penyebaran virus, kuman dan bakteri menjadi jauh lebih kecil.

3. Memerhatikan jam keberangkatan pesawat

Tips bepergian dengan pesawat dari AP II menekankan pentingnya untuk memerhatikan jam keberangkatan pesawat. Karena setiap penumpang wajib melakukan pemeriksaan dan penerapan protokol kesehatan, yang dalam hal ini memakan waktu lama, akan sangat penting untuk bisa datang ke bandara untuk jauh lebih awal dari di masa normal.

Melihat situasi dan kondisi, pihak maskapai menyarankan calon penumpang untuk datang empat jam lebih awal dari jadwal keberangkatan untuk menjalani pemeriksaan protokol kesehatan. Jangan diabaikan, ya!

4. Membeli makanan untuk dibawa (take away)

Membeli makan dari restoran tidak dilarang. Namun demikian, di era new normal, ada protokol baru yang harus diikuti untuk bisa meminimalkan risiko penyebaran dan penularan Covid-19, yaitu dengan membeli makanan dan minuman untuk dibawa dan tidak dimakan di tempat, alias take away.

Jika kamu membeli makanan dari daftar menu pesawat, kamu bisa membelinya secara online di situs resmi maskapai yang kamu naiki.

5. Mengutamakan physical distancing

Salah satu kunci terhindar dari virus corona Covid-19 adalah dengan melakukan physical distancing. Saat bepergian menggunakan pesawat, penting sekali untuk tidak bergerombol, berdekatan satu sama lain dan tetap menjaga jarak, setidaknya radius satu meter dengan orang lain.

Baca juga: Tips Liburan Aman Dan Nyaman Saat Maraknya Wabah Virus Corona

Demikian saran dan tips bepergian dengan pesawat dari AP II yang bisa kamu ikuti dan terapkan. Namun jika urgensi bepergian tidak terlalu penting, akan lebih baik untuk #dirumahaja.

The post Tips Bepergian Dengan Pesawat Terbang Di Tengah Pandemi Covid-19 appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin