Semarang, yang pada Januari 2020 dinobatkan sebagai Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara, selalu mengundang untuk dikunjungi. Jika Anda sudah berada di Semarang, tidak perlu khawatir kehabisan tujuan karena selalu ada tempat wisata menarik untuk Anda. Yang lebih asyik, ada juga banyak tempat wisata gratis di Semarang, lho! Jadi jika kantong Anda tipis atau ingin menghemat uang, Anda bisa mengunjunginya dan tetap mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Ada berbagai jenis tempat wisata, mulai dari wisata religi hingga wisata alam. Anda tidak akan bosan dengan nuansa yang diberikan karena mereka berbeda satu sama lain. TripZilla telah menyertakan beberapa tempat alternatif yang dapat Anda jelajahi di bawah ini, jangan lupa untuk mencatat liburan Anda berikutnya ya!

1. Wisata religi yang sarat sejarah – Gereja Blenduk

Semarang tempat wisata gratis
Kredit gambar: @ arry.kitting (kiri), @andrebinarto (kanan)

Gereja, awalnya bernama GPIB Immanuel, dibangun pada 1753 dan merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah. Asal usul nama Gereja Blenduk mengacu pada bentuk kubah yang melotot atau "blenduk" dalam bahasa Jawa. Sampai sekarang, gereja masih digunakan dan bagi orang Kristen yang ingin pergi tur sejarah masih bisa memasukinya tetapi dikenakan biaya retribusi sebesar 10.000 Rupiah. Bagian dalam gereja ini masih asli, hanya beberapa bagian telah diganti karena memakan rotan seperti usia di kursi mereka.

Jika ingin tur gratis, Anda bisa menikmati keindahan gereja ini di Semarang dari luar. Bangunan itu sangat indah untuk diabadikan, terutama dengan latar belakang bangunan tua lainnya. Anda juga dapat pindah ke Taman Srigunting yang terletak di sebelah gereja dan mengambil gambar dengan latar belakang gereja. Di sekitar Gereja Blenduk ada juga kursi jika Anda ingin berbicara menikmati hari sambil mengagumi keanggunan gereja ini.

Lokasi: Jl. Letjend Suprapto No. 32, Kec. Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam

2. Nongkrong di alun-alun dengan komunitas lokal – Simpang Lima

Kredit gambar: @semarangprojects (kiri), @samudra_art (kanan)

Nongkrong di Simpang Lima menyenangkan untuk dilakukan di pagi hari, siang atau bahkan di malam hari. Anda juga dapat menyebut tempat ini Lapangan Pancasila dan pertama kali dibuka pada tahun 1969. Jika Anda datang pada waktu-waktu tertentu, misalnya sebelum Hari Kemerdekaan, Anda juga dapat melihat karnaval yang menarik. Seringkali juga ada komunitas lokal yang berkumpul di Simpang Lima ini, lho!

Kredit gambar: @foodiekiling

Jika Anda datang di malam hari, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lihat. Misalnya, sepeda dan kereta hias yang berbagai bentuk dengan lampu terang. Ada juga orang berpakaian hantu dan tokoh kartun yang berjalan-jalan. Hanya duduk-duduk juga menyenangkan karena suasana yang semarak dan semarak membuat malam hari Anda tidak membosankan.

Lokasi: Jl. Simpang Lima, Pleburan, Kec. Semarang Selatan, Semarang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam

3. Situs penambangan Instagramable – Brown Canyon

Kredit gambar: @ isnaniah172 (kiri), @ ferro.id (kanan)

Brown Canyon yang terkenal karena pemandangannya yang eksotis agak sulit dijangkau, terutama di musim hujan. Tetapi jika Anda ingin tahu apa Grand Canyon bergaya Semarang ini, jangan berkecil hati untuk menemukan rute yang tepat, oke? Memasuki Brown Canyon gratis, tetapi penduduk setempat terkadang meminta biaya dan Anda dapat memberikannya dengan tulus. Tempat ini juga merupakan pilihan yang baik untuk melihat matahari terbenam. Bayangkan keindahannya, bukan?

Awal mula terbentuknya Brown Canyon adalah proyek penggalian tambang yang telah dilakukan sejak lama sehingga akhirnya tebing, kolam yang terbentuk oleh air hujan mengisi ceruk. Di musim panas, hamparan jalan berpasir dan tebing kerucut yang megah terlihat berbatu dan sangat keren!

Lokasi: Rowosari, Kec. Tembalang, Semarang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam

4. Pesona pagoda yang harus Anda lihat – Kuil Watu Gong

Kredit gambar: @priyadisw (kiri), @setyototoque (kanan)

Kuil itu, yang bernama lengkap Wagong Buddhagaya Vihara, memiliki pagoda indah setinggi 45 meter. Dikenal sebagai Kuil Watu Gong karena di depannya ada batu yang mirip dengan alat musik gong. Saat ini, batu itu ada di dalam biara. Kuil ini masih digunakan untuk ibadah, tetapi Anda juga dapat mengunjunginya untuk wisata keagamaan. Tidak ada tiket masuk resmi tetapi Anda dapat menyiapkan dana untuk sumbangan dalam jumlah yang sama dengan tulus.

Kredit gambar: @jatengunik

Selain pagoda, ada juga aula di sini. Daya tarik utama pasti adalah pagoda, yang memiliki tujuh tingkat dengan makna bahwa manusia akan mencapai kesucian di tingkat ketujuh. Anda dapat menikmati pemandangan indah di sini karena pohon-pohonnya cukup tenang dan juga ditanam pohon Bodhi yang dianggap suci bagi umat Hindu dan Buddha. Pagoda dan pohon ini akan membuat foto Anda terlihat elegan dan indah untuk dilihat.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan, Kec. Banyumanik, Semarang
Jam buka: Setiap hari, jam 7 pagi – 9 malam

5. Nikmati pemandangan kota dari atas – Bukit Gombel

Kredit gambar: @panoramapondokseafood (kiri), @kotasmg (kanan)

Bukit Gombel menyenangkan untuk dikunjungi kapan saja karena menyajikan pemandangan kota Semarang dari ketinggian. Jika Anda datang di malam hari, lampu-lampu rumah akan menemani waktu liburan Anda. Di puncak bukit ini ada bangunan yang merupakan bekas hotel dan telah ditutup untuk umum tetapi masih dihuni oleh mantan karyawan. Meski melekat pada kisah mistis, namun tidak ada ruginya mengunjungi Bukit Gombel karena lokasinya yang unik.

Carilah Taman Tabanas yang terletak di atas Gunung Gombel untuk mulai menikmati pemandangan dan udara yang sejuk. Restoran Bukit Gombel ini juga telah membuka restoran sehingga Anda yang ingin hang out dengan nyaman tidak perlu khawatir. Selain itu, akses jalan juga mudah dan ada fasilitas parkir. Ayo, bawa keluarga atau temanmu ke sini!

Lokasi: Ngesrep, Kec. Banyumanik, Semarang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam

6. Benamkan sejarah sambil memanjakan mata – Kota Tua

Kredit gambar: @_aripin_ (kiri), @ hanaad27 (kanan)

Kota Tua Semarang kaya akan puluhan bangunan bergaya Eropa kuno karena merupakan pusat perdagangan dan pemerintahan di abad ke-19. Salah satu bangunan terkenal adalah Gereja Blenduk, dan Anda juga dapat melihat berbagai situs kuno lainnya seperti Stasiun Tawang dan Pabrik Rokok Layar Praoe. Beberapa bangunan kuno sekarang berfungsi sebagai kantor seperti Gedung Societiet De Harmonie yang sekarang menjadi Bank Mandiri. Rasanya terasa kental dengan suasana Eropa dan Anda perlu mempersiapkan diri untuk berburu foto karena ada begitu banyak tempat indah di sini.

Kredit gambar: @riskhanoviaa

Selain berfoto, tentu saja Anda bisa berwisata kuliner dan berbelanja barang antik. Jika Anda hanya ingin mencuci mata, tetap saja Pasar Klitikan di sini wajib dikunjungi. Selain menjadi instagramable, koleksi barang kuno yang dijual sangat menarik, beragam dan dapat membuat Anda merasa nostalgia. Di dalamnya ada juga properti untuk mengambil gambar dalam bentuk mobil-mobil antik seperti Holden dan Volkswagen. Menyenangkan dan bisa membuat waktu lupa, lho!

Lokasi: Bandarharjo, Semarang Utara, Semarang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam

7. Berkelilinglah di benteng yang megah dan eksotis – Benteng Pendem

Kredit gambar: @ desiambar.sari (kiri), @anton_ariyadi (kanan)

Penggemar sejarah akan puas jika mereka datang ke sini! Benteng Pendem alias Benteng Willem I sudah tua, megah dan tersembunyi sehingga sangat menggoda untuk dijelajahi. Selain menjadi saksi sejarah, Anda juga akan menemukan banyak tempat bagus untuk ditangkap. Usia tempat wisata gratis di Semarang sudah lebih dari 100 tahun dan beberapa bagian yang runtuh malah menambah kesan eksotis.

Kredit gambar: @seputarsemarang

Dulunya Benteng Pendem juga menjadi lokasi syuting film "Sang Kiai" dan "Soekarno". Memiliki dua tingkat, Anda bebas menjelajahi lantai dasar tetapi tidak diizinkan naik ke lantai dua karena merupakan kediaman petugas penjara. Selain itu, karena konstruksinya tidak sekuat sebelumnya, berhati-hatilah ketika berkeliling mencari tempat foto, ya!

Lokasi: Bugisari, Lodoyong, Kec. Ambarawa, Semarang
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00

8. Masjid unik untuk wisata keagamaan Anda – Masjid Agung Jawa Tengah

Kredit gambar: @adi_mrizal (kanan), @ m.amrisidiq (kiri)

Masjid Agung yang berdiri di atas 119 hektar tanah dibangun dengan arsitektur yang megah sehingga harus dimasukkan dalam daftar wisata religi Anda. Tidak perlu uang untuk merasa religius di sini, kecuali jika Anda ingin memasuki Menara Asmaul Husna. Tetapi hanya dengan berkeliling Anda akan melihat banyak tempat indah. Ada enam payung otomatis raksasa di sini dan Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid kedua di dunia yang memiliki selain Masjid Nabawi di Madinah. Jika Anda datang pada sore hari, sensasi lain akan muncul dari lampu di kompleks masjid yang menyala.

Kredit gambar: @ tri.mega.w

Di halaman masjid ada prasasti batu pelantikan yang berasal dari lereng Gunung Merapi. Selain itu ada juga Pondok Bedug di mana terdapat drum raksasa dengan panjang 3,1 meter dan radius tengah 2,20 meter. Segala sesuatu di kompleks masjid ini menarik dan luar biasa sehingga bagi Anda yang percaya pada Islam, Anda harus mencoba beribadah juga di dalamnya!

Lokasi: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Semarang
Jam buka: Setiap hari, jam 4 pagi – 10 malam

9. Datang saja untuk menikmati pemandangan laut – Pantai Tirang

Kredit gambar: @danielpurba_

Pantai yang dikelilingi oleh pohon bakau ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan Anda bisa puas bermain air di tempat wisata gratis di Semarang ini. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah memancing, tetapi ada biaya, ya! Berbagai ikan yang dapat ditemukan di sini adalah ikan baramundi atau kakap dan kedokan. Selain memancing, Anda juga dikenakan biaya parkir jika membawa kendaraan.

Kredit gambar: @dian_prmna

Di Pantai Tirang, Anda juga bisa melihat aktivitas nelayan yang membudidayakan rumput laut. Saat senja, Anda akan melihat matahari terbenam yang indah. Persiapkan kamera Anda juga untuk mengabadikan momen-momen menarik di sini!

Lokasi: Tugurejo, Kec. Tugu, Semarang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam

10. Jangan lupa mampir ke taman kota instagramable ini – Taman Wilis

Kredit gambar: @ firman.sujono (kanan), @kang_phian (kiri)

Taman berdekorasi indah ini dapat menjadi pilihan Anda untuk menikmati pemandangan alam di Semarang. Cobalah datang di pagi hari karena panorama matahari terbit di sini menakjubkan, lho! Dikombinasikan dengan pemandangan kota yang terbentang, pecinta fotografi tidak akan menyesal jika berburu foto di Taman Wilis!

Kredit gambar: @ widodo.elbara

Anda juga dapat menemukan penjual makanan sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang perut kembung. Taman Wilis juga populer sebagai tempat berkumpulnya warga setempat. Anda juga dapat mengobrol dengan mereka untuk mencari tahu tentang masakan lokal atau tempat unik lainnya di Semarang rencana perjalanan tur Anda.

Lokasi: Jl. Wilis No. 3, Tegalsari, Kec. Candisari, Semarang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Baca juga: 12 Suvenir Istimewa Yang Harus Anda Bawa Pulang di Semarang

Banyak sekali objek wisata gratis di Semarang yang menarik bukan? Mari kita mulai merencanakan liburan ke Semarang bersama dengan orang-orang terdekat Anda!

Pos Wisata Semarang adalah Gratis dengan Tampilan yang Mengesankan muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *