Yang pernah tinggal di Yogyakarta untuk sekolah, kuliah atau bekerja pastinya familier dengan kawasan Kaliurang. Mungkin ada yang pernah tinggal di kontrakan atau kos-kosan di sekitar Jalan Kaliurang, atau memiliki tempat makan favorit di kawasan ini, atau bahkan menikmati pengalaman wisata yang penuh kenangan bersama pasangan? Memang, kawasan Kaliurang memiliki kesan tersendiri bagi mereka yang pernah tinggal di Jogja.

Faktanya, banyak hal yang bisa dilakukan di Kaliurang, dari wisata kuliner hingga menemukan tempat yang asyik untuk seru-seruan bersama keluarga atau sahabat. Tempat wisata di Kaliurang juga tidak sedikit jumlahnya.

Nah, bagi kamu yang ingin mengenang kembali keseruan di Kaliurang melalui banyak aktivitas bersama keluarga atau sahabat, tempat wisata di bawah ini bisa menjadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Lihat semua, ya!

1. Agrowisata Bhumi Merapi, pas untuk edukasi dan selfie

Image credit: @analisa.widyaningrum

Salah satu tempat wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi adalah Agrowisata Bhumi Merapi. Dibuka akhir 2015, destinasi wisata ini pas untuk edukasi sekaligus berselfie atau wefie.

Image credit: @dyaharumrevita

Tidak hanya memiliki lahan pertanian, peternakan dan perkebunan, Bhumi Merapi juga memiliki fasilitas lain seperti aktivitas outbound dari susur Goa Ponggolo hingga latar Santorini dan Alpen House. Dijamin seru dan asyik!

Lokasi: Jl. Kaliurang No.KM, RW.20, Sawangan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Selasa – Minggu, 8.30 – 17.00
Harga tiket: Mulai dari 20,000 IDR per orang

2. Menikmati kesejukan alam Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang | tempat wisata di Kaliurang
Image credit: Marco

Yang ingin bersantai dan menikmati kesejukan serta keasrian alam Kaliurang, kawasan wisata Tlogo Putri bisa menjadi destinasi kunjungan. Tidak sulit untuk mencapai lokasi wisata ini karena Tlogo Putri merupakan titik akhir dari Jalan Raya Kaliurang.

Bersantai di gazebo yang tersedia di kawasan ini bisa menjadi pilihan aktivitas di Tlogo Putri. Kamu juga bisa membeli makanan ringan di banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman di sini. Ingat untuk tetap jaga kebersihan, ya!

Lokasi: Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 16.00 WIB
Harga tiket: Gratis

3. Menikmati beraneka ragam bunga di Al-Muna Garden Kaliurang

Al-Muna Garden Kaliurang | tempat wisata di Kaliurang
Image credit: Detty Sari

Ingin memanjakan mata dengan pemandangan bunga yang penuh warna, Al-Muna Garden Kaliurang menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini tergolong baru dan menyuguhkan kebun bunga dengan replika kincir angin di bagian tengah.

Berfoto di sini hal yang wajib dilakukan, tentunya dengan sikap menghormati kebun bunga yang sudah dirawat dengan indah ini. Buang sampah sembarangan juga sangat dilarang, ya!

Lokasi: Jl. Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

4. Memeras adrenalin di Lava Tour Merapi

Aktivitas ini lebih pas diikuti bagi mereka yang senang memompa adrenalin. Bayangkan saja, menjelajahi aliran lava Merapi dengan menggunakan jeep, tantangannya tentu sangat istimewa.

wisata di kaliurang
Image credit: @krisnaharja

Selain menikmati rute berbatu dengan pemandangan yang indah, kamu juga akan dibawa ke sejumlah spot wisata seperti Rumah Mbah Maridjan, juru kunci Merapi yang tersapu awan panas di dusun Kinahrejo, bunker Kali Adem dan banyak lagi di tempat lain. Dijamin seru, deh!

Image credit: @dinadellyana

Tiket: 350,000 IDR per jeep untuk rute pendek, 450,000 IDR per jeep untuk rute menengah dan 650,000 IDR untuk rute panjang.

5. Spot kekinian di Taman Gardu Pandang Kaliurang

Destinasi yang sekarang sedang naik daun adalah Taman Gardu Pandang Kaliurang. Selain bisa mengamati pemandangan yang indah dari ketinggian, kamu juga akan dimanjakan oleh sejumlah spot selfie kekinian lengkap dengan lampu-lampu yang cantik.

wisata di kaliurang
Image credit: @linadwipuspitasari

Meski sudah berusia cukup tua, gardu pandang Merapi ini tetap berdiri kokoh lho. Fasilitas lain yang juga menunjang pengunjung untuk berlibur di sini adalah pergelaran Festival of Light yang sangat indah!

Image credit: @ichsanluqmana

Lokasi: Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 3,000 IDR per orang

6. Menikmati kebudayaan Jawa di Museum Ullen Sentalu

Mengunjungi museum terbaik di Indonesia versi Tripadvisor tentu harus masuk dalam itinerary wisata kamu di Sleman. Selain melihat koleksi yang menawan, kamu juga bisa mengenal kebudayaan Jawa di museum ini.

Image credit: @vely1878

Lokasi museum yang berada di lingkungan dengan hawa yang sejuk serta panorama alam yang alami menjadikan destinasi wisata ini sangat asyik untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 30,000 IDR untuk dewasa dan 15,000 IDR untuk anak-anak

7. Mendalami sejarah dan kedahsyatan Gunung Merapi di Museum Gunung Merapi

wisata di kaliurang
Image credit: @ceb0l

Selain melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah, kamu juga bisa mendapatkan banyak edukasi dan informasi sejarah mengenai gunung di perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Image credit: @iis.nrs

Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai Gunung Merapi, kamu bisa melihat diorama dan semua rekaman letusannya dalam satu abad terakhir, hingga yang terdahsyat dalam satu dekade terakhir, yaitu pada tahun 2010. Bahkan, ada tiruan gempa dan tsunami yang edukatif banget lho.

Image credit: @fdrsadamsyah

Lokasi: Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 5,000 IDR per orang

8. Menapaki kaki Gunung Merapi di Desa Wisata Ledok Sambi

desa wisata di jogja kaliurang
Image credit: @rajendra_rafka
Ledok Sambi adalah kawasan pedesaan yang sejuk dan menarik untuk dikunjungi. Banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di sini, termasuk pilihan penginapannya. Daya tarik Ledok Sambi ada pada pemandangan sawah hijau terhampar luas, udara yang sejuk dan suasana yang tenang dan mengesankan.

wisata di kaliurang
Image credit: Ledok Sambi

Ingin tahu keseruan apa yang bisa kamu lakukan di sini? Oke, pilihannya dari aktivitas outbound, belajar kesenian, mengikuti aktivitas keseharian warga dan segudang lainnya. Dijamin pulang dengan kesan mendalam, deh!

Lokasi: Kaliurang St No.KM. 19, 2, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca  juga: Candi Di Jogja Yang Eksotik Dan Tidak Biasa Untuk Dikunjungi

Banyak tempat wisata yang bisa dituju, kan? Tunggu apalagi, jika ada kesempatan liburan ke Jogja dan ingin mengenang masa lalu, mengunjungi tempat wisata di Kaliurang sepertinya menjadi hal yang harus dilakukan.

The post Tempat Wisata Di Kaliurang Yang Bisa Kamu Kunjungi Bersama Sahabat Dan Keluarga appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin