Jika Anda ingat Sumedang, apa yang terlintas di kepala Anda? Jika yang datang kepada Anda hanyalah mengetahui apa yang enak, mungkin Anda perlu berlibur dan menjelajahi tujuan wisata di Sumedang, karena keindahan alam di sini juga mengesankan.

Di Sumedang terdapat dua kecamatan yakni Sumedang Utara dan Sumedang Selatan yang keindahan alamnya juga tak kalah enak dipandang. Mulai dari air terjun hingga gunung ada di sini, terutama karena sebagian besar wilayah Sumedang adalah pegunungan. Anda bisa melihat rekomendasi tempat wisata di Sumedang dari TripZilla di bawah dan mulai menyusun rencana liburan. Mari kita periksa!

1. Intip keindahan yang masih alami di Curug Ciputrawangi

Kredit gambar: @ pakrw25

Jika Anda berkunjung ke air terjun ini, Anda bisa mendapatkan kejutan dari penampakan binatang buas seperti babi hutan, monyet, macan kumbang atau landak. Hewan-hewan ini kadang turun dari Gunung Tampomas untuk minum air. Mereka tidak akan mengganggu Anda, tetapi akan lebih baik jika Anda tidak datang sendiri sehingga Anda tidak akan terkejut! Suasana di tempat wisata alam sumedang ini masih terjaga dan airnya dangkal sehingga aman jika ingin berenang.

Alamat: Narimbang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

2. Curug Gorobog memang menggoda untuk didaki

Kredit gambar: Meilani

Air terjun tiga tingkat ini akan memanjakan mata Anda dengan keindahannya. Alam di sekitarnya masih indah dan masih ada monyet liar di pepohonan. Jika ingin berenang, Anda bisa menyelam ke tingkat pertama yang paling dekat dengan pintu masuk. Tetapi dikatakan bahwa Anda akan mendapatkan pemandangan paling indah di tingkat kedua, yang harus Anda capai dengan sedikit mendaki. Dijamin sesampainya di sini rasa lelahmu akan hilang dan tergantikan oleh kekaguman. Tingkat ketiga adalah yang paling sulit diakses dan berbahaya karena tidak ada keamanan sehingga Anda harus ekstra hati-hati jika ingin mencapainya!

Alamat: Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

3. Ketinggian air terjun Cipongkor yang menarik perhatian

Wisata Sumedang
Kredit gambar: Udus Thea

Jika Anda termasuk orang yang menyukai tantangan, Anda bisa mencoba mengunjungi Curug Cipongkor. Lokasinya yang tersembunyi dengan akses yang masih sulit, namun panorama air terjun setinggi kurang lebih 30 meter tidak akan mengecewakan. Jalan terjal dan berlumpur juga akan menemani Anda saat menuju air terjun ini. Air terjun ini memang indah tetapi sebaiknya tidak digunakan untuk berenang karena airnya bercampur lumpur. Tapi perjalanan ke air terjun ini membuatnya terasa seperti permata yang tersembunyi dan bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan untuk Anda!

Alamat: Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 15.30 WIB
Harga tiket: Gratis

4 Selfie dengan latar belakang Curug Buhud yang unik

Kredit gambar: Didin Dombak Gilbarco

Air terjun ini juga disebut Mini Niagara karena bentuknya yang rata dan luas. Curug Buhud memang pendek karena tingginya hanya sekitar enam meter sehingga Anda bisa memanjatnya untuk berfoto. Namun tetap harus hati-hati untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi jika aliran air sedang deras. Pepohonan dan susunan bebatuan yang ada juga membuat Curug Buhud semakin instagramable!

Alamat: Sukatani, Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 IDR

5. Sabuk Curug megah dan instagramable

Wisata Sumedang
Kredit gambar: Riki Susanto

Untuk mencapai Curug Belt, Anda perlu berjalan kaki melewati kawasan hutan yang cukup rimbun. Anda dapat menyewa layanan panduan yang disediakan oleh penduduk setempat untuk membuatnya lebih nyaman ketika menjelajahi sawah, hutan pinus dan menyeberangi sungai. Di tengah perjalanan, Anda juga bisa menemukan binatang buas seperti kucing hutan atau monyet! Setelah berjalan kaki sambil menghirup udara segar, Anda akan menemukan Curug Belt yang tingginya sekitar 70 meter. Jika anda datang pada saat debit air sedang deras, air terjun ini terlihat mengagumkan dan sangat indah untuk dijadikan background foto anda!

Alamat: Margamekar, Kabupaten Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Gratis

6. Bawa keluarga Anda menyusuri jalan setapak yang indah di Wana Wisata Ciburial

Kredit gambar: Pesona Saung Ciburial

Nama tempat wisata alam di Sumedang ini berasal dari nama mata air terdekat yaitu mata air Ciburial. Mata air ini unik karena keluar dari pasir secara vertikal sehingga terlihat jernih. Di Taman Wisata Ciburial, bersiaplah menghirup udara segar yang akan disuguhkan oleh hutan pinus yang luas. Terletak di kaki Gunung Tampomas dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, kesejukan akan terasa dan membuat liburan Anda lebih nyaman. Di sini Anda juga dapat menemukan kolam mata air indah berukuran 30×10 meter yang digunakan sebagai tempat pemeliharaan ikan air tawar. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan jalan-jalan santai.

Alamat: Licin, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

7. Persiapkan stamina untuk mendaki Gunung Tampomas

Wisata Sumedang
Kredit gambar: Gunung Tampomas

Gambar: gilangboril

Gunung ini berada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Memiliki ketinggian 1.684 meter di atas permukaan laut, Gunung Tampomas memiliki mata air panas di kakinya. Anda dapat mendaki Gunung Tampomas melalui jalur Narimbang, jalur Buah Dua, atau jalur Cibeureum. Jika Anda ingin menikmati jalur landai dengan pemandangan hutan pinus, Anda dapat memilih rute Cibeureum. Dibutuhkan sekitar empat hingga tujuh jam untuk sampai di puncak, yaitu Sangiang Taraje Peak. Di bagian atas, Anda akan menemukan lubang kawah dengan batu besar dan makam suci.

Alamat: Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 5.000 IDR

8. Gunung Gajah bagi anda yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian

Kredit gambar: ivanagustiannn

Bagi Anda yang belum pernah mendaki gunung namun ingin merasakan sensasi berada di ketinggian, Gunung Gajah adalah tempat yang tepat. Akses ke gunung ini mudah dan Anda dapat menggunakan sepeda motor atau mobil. Terletak hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Sumedang dan Anda dapat mengendarai kendaraan hingga tiba di SDN 3 Cikondang. Dari sana, Anda harus meninggalkan kendaraan dan berjalan melalui sawah dan perkebunan yang indah. Supaya lebih nyaman sebaiknya menyewa jasa local guide agar tidak tersesat. Di akhir perjalanan menuju puncak, Anda perlu sedikit mendaki untuk menikmati indahnya panorama di puncak. Bawalah makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung di sini, tapi jangan lupa bawa sampahnya ke bawah lagi!

Alamat: Cikondang, Desa Batugara, Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

9. Nikmati pemandangan biru di Danau Biru Situ Cilembang

Wisata Sumedang
Kredit gambar: Yudha Ilham Ramdhani

Saat cuaca cerah di Sumedang, sebaiknya jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk datang ke Danau Biru Situ Cilembang. Warna biru air akan terlihat jelas di bawah sinar matahari dan membuat danau ini begitu instagramable! Berenang juga bisa dilakukan karena daerah ini juga telah dibuat kolam renang khusus untuk orang dewasa dan anak-anak. Setelah puas selfie dan berolahraga, anda juga bisa mencoba fasilitas terapi ikan yang disediakan disini.

Alamat: Hariang, Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 15.000

10. Temukan keindahan tersembunyi Danau Sunyaruri

Kredit gambar: Ridwan Nur Arifin

Dikenal juga dengan nama Pamdam Pamdam, danau ini tenang dan memiliki pemandangan yang indah. Karena keindahannya, Danau Sunyaruri mendapat julukan miniatur Ranu Kumbolo di Sumedang. Pada awalnya Anda mungkin akan terkejut karena danau ini terletak di tengah perbukitan. Dikelilingi pepohonan yang rindang, Anda akan merasakan kesunyian saat berada di sini. Anda dapat menikmati ketenangan di danau ini dengan memancing, tetapi tidak ada sewa sehingga Anda harus membawa pancing sendiri.

Alamat: Desa Cimarias, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga tiket: Gratis

11. Lihat suasana pedesaan yang menarik di Wisata Alam Pangjugjugan

Kredit gambar: Wisata Alam Pangjugjugan

Rindu kamu lihat hijaunya, kamu bisa datang ke Wisata Alam Pangjugjugan. Selain mata yang rileks dengan pemandangan yang indah, ada juga berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini. Katakan saja flying fox, kolam renang, kolam terapi ikan, egrang dan bakiak, becak mini atau berperahu. Sangat cocok jika Anda ingin mengajak buah hati Anda berwisata kesini karena selain disuguhi alam yang indah juga terdapat unsur edukatif. Dengan luas delapan hektar, tempat ini akan menjadi destinasi wisata keluarga yang cocok untuk Anda.

Alamat: Desa Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamovery, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

12. Berkemah yang mengasyikkan dan ceria di Agrowisata Desa Nangorak

Kredit gambar: Nangorak Camp Camping Ground

Jika Anda merasakan perjalanan menanjak ke tempat ini, Anda bisa membayangkan panorama indah bukit yang akan Anda dapatkan. Bukit Nangorak sangat cocok untuk lokasi kemah jadi kamu bisa coba jadwalkan kemping ceria di sini. Dijamin ceria banget berkat udaranya yang sejuk dan hamparan perbukitan hijau yang terhampar. Selain itu, acara sunrise atau sunset akan menjadi spesial jika kamu menyaksikannya di Bukit Nangorak. Bahkan setelah matahari terbenam, kelap-kelip lampu kota Sumedang akan menjadi hiburan yang mencerahkan malam Anda. Anda benar-benar bisa mencobanya!

Alamat: Desa Margamekar, Kabupaten Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 1.000 IDR

13. Nikmati rafting di area Pangcalik yang menguji nyali Anda

Jangan remehkan arung jeram di sini karena medannya yang cukup menantang dengan sungai yang diapit dua tebing batu. Dikategorikan di tingkat dua, arung jeram PangcALI ini juga dapat dilakukan oleh Anda yang masih pemula. Asal usul nama Pangcalik adalah dari lokasi yang konon pernah menjadi tempat kedudukan raja-raja Sumedang beserta keluarganya. Dalam bahasa Sunda, kata sat disebut calik dan dari situ muncul kata Pangcentang. Air yang jernih dan vegetasi yang subur di sekitarnya akan menambah keseruan rafting di sini lho!

Alamat: Sungai Cipeles, Desa Citepok, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 16.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 225.000 Rupiah

14. Melihat situs bersejarah di Taman Hutan Raya Gunung Raya

Gunung Kunci sendiri sebenarnya bukan gunung sungguhan, tetapi merupakan bunker Belanda yang terkubur di bawah tanah. Bunker ini terlihat seperti gundukan sehingga disebut gunung oleh masyarakat setempat. Pada zaman dahulu, bunker ini merupakan tempat untuk menahan narapidana sekaligus digunakan untuk pertahanan. Nuansa jaman dulu membuat bunker ini terlihat keren dan instagramable! Selain melihat bungker, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar bukit untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Alamat: Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.30 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

15. Nikmati lansekap Sumedang melalui paralayang di Bukit Batu Dua

Ingin melihat Sumedang dari sisi yang tidak biasa? Coba paralayang yang tersedia di Bukit Batu Dua! Olahraga ini tergolong ekstrim, sehingga tentunya ada syarat kesehatan yang perlu Anda penuhi. Saat berada di ketinggian, Anda juga bisa melihat birunya air Waduk Jatigede. Melalui paralayang, Anda bisa mencapai ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Akses ke tempat wisata alam di Sumedang juga bagus, jadi tidak perlu repot-repot menikmati keindahan Batu Dua.

Alamat: Jl. Batu Dua, Linggajaya, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 10:00 WIB – 16.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp150.000

Baca juga: 18 Destinasi Wisata di Sukabumi yang Keren, Populer dan Instagramable

Keindahan tempat wisata alam Sumedang tidak kalah menarik dengan kota-kota lainnya, bukan? Mungkin di sesi liburan berikutnya, Anda bisa menuju ke Sumedang dan menikmati setiap kegembiraan tur di sini.

Pos Ketertarikan Alam di Sumedang That Enchanting Heart muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin