Jepang masih melarang wisatawan dari Indonesia mengunjungi negara mereka meskipun telah membuka pintu perbatasan bagi warga negara asing. Tingginya insiden pandemi Covid-19 di Indonesia adalah alasannya. Namun, bagi Anda yang ingin berlibur ke Negeri Matahari Terbit, bisa memilih wisata alternatif lain, dengan mengunjungi destinasi wisata bergaya Jepang di Indonesia.

Tidak sedikit destinasi wisata gaya Jepang di Indonesia yang menyenangkan untuk dikunjungi. Tidak hanya menawarkan suasana yang kurang lebih sama dengan yang ada di Jepang, nuansanya juga dibentuk sedemikian rupa untuk membuat tujuan wisata ini sedapat mungkin sama dengan negara ini di Asia Timur.

Ingin tahu di mana tujuan wisata gaya Jepang di Indonesia? Lihat daftar di bawah, ya!

1. Seperti di hutan bambu Kyoto – Ekowisata Boon Pring Andaman, Malang

Perjalanan gaya Jepang
Kredit gambar: Boonpring Andeman

Ekowisata Boon Pring Andaman memiliki banyak lokasi menarik untuk dikunjungi. Tetapi jika Anda ingin mengunjungi tujuan wisata gaya Jepang di Indonesia, maka kawasan hutan bambu harus menjadi poin Anda. Selain itu, ada juga kolam yang sumber airnya berasal dari enam mata air. Suasana yang indah dan menyejukkan membuat Ekowisata Boon Pring Andaman harus masuk dalam rencana Anda selanjutnya.

Lokasi: Jl. Andeman, Hamlet Kp. Anyar, Sanankerto, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur
Jam operasional: Setiap hari, 8:00 – 16:00
Harga tiket: 10.000 Rupiah per orang

2. Nikmati pemandian air panas Jepang di Batu – Resor Pemandian Air Panas Onsen

Perjalanan gaya Jepang
Kredit gambar: Resor Mata Air Panas Onsen

Ingin berendam di air panas di onsen, Jepang? Jika biayanya terlalu mahal, Anda dapat memilih alternatif dengan mengunjungi The Onsen Hot Spring Resort di Batu. Bayangkan, bisa berendam di onsen dengan lokasi yang indah, di tengah hutan pinus yang rimbun dengan latar belakang gunung? Sangat menyenangkan bukan?

Perjalanan gaya Jepang
Kredit gambar: Resor Mata Air Panas Onsen

Untuk menambah nuansa Jepang, ada gerbang Torii merah yang menarik untuk membuat latar belakang foto Anda, dan juga Jembatan Shinkyo. Resor ini juga menawarkan akomodasi Jepang, lengkap dengan tatami. Ingin chato, ritual minum teh tradisional Jepang, dengan mengenakan Yukata juga. Dijamin sangat Jepang, deh!

Kredit gambar: Resor Mata Air Panas Onsen

Lokasi: Jl. Arumdalu No.98, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Jam operasional: Setiap hari, jam 15.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: 100.000 IDR
Pemesanan Resor Mata Air Panas Onsen di Agoda

3. Mengunjungi langsung ke desa Jepang – Little Japanese Jatim Park 3, Batu

Bagaimana rasanya berada di sebuah desa di Jepang? Keingintahuan Anda dapat dipenuhi dengan mengunjungi Little Japanese di The Legend Star, Jatim Park 3, Batu. Anda akan melihat bangunan dengan arsitektur khas Jepang, istana kerajaan Jepang, rumah shogun, dan pohon ceri. Anda dapat berjalan-jalan di tengah desa mengenakan kimono dengan biaya sewa 5.000 IDR selama 20-30 menit. Menarik, bukan?

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
Jam operasional: Setiap hari, jam 12.00 – 19.00 WIB
Harga tiket: 50.000 Rupiah per orang

4. Jelajahi bukit yang penuh dengan sakura – Sakura Hills, Tawangmangu

Kredit gambar: Sakura Hills Tawangmangu

Satu lagi tujuan wisata gaya Jepang di Indonesia yang bisa Anda kunjungi, yaitu Sakura Hills di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Tujuan baru ini diresmikan pada bulan Desember 2019 dengan menghadirkan pariwisata bertema Jepang. Mengusung konsep gaya Jepang, pengunjung akan melihat banyak bangunan khas Negeri Matahari Terbit dipajang, demikian pula dengan pohon ceri dan bunga, serta persewaan baju kimono. Anda juga dapat bertindak seperti seorang ninja di Ninja Squad Outbound. Cosplay dengan pakaian samurai Jepang juga tersedia. Dijamin keren, lho!

Lokasi: Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam operasional: Setiap hari, jam 9.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 30.000 IDR per orang

5. Nikmati Tabebuya "sakura" di Surabaya

Kredit gambar: Bangga Surabaya

Bukan bunga sakura memang, tapi nuansa dan sensasi tidak kalah dari pesona yang ditawarkan di Jepang. Bunga dari pohon Tabebuya yang tersebar hampir di sepanjang jalan protokol di Surabaya, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo dan Jalan Raya Gubeng menghadirkan pemandangan yang indah dan luar biasa. Mereka yang ingin berfoto dan mendapatkan sensasi tidak kalah keren dari di Jepang, datang saja ke Surabaya pada bulan April atau November untuk menikmati mekarnya bunga tabebuya ini. Instagrammable, Anda tahu!

Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo dan Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur

6. Nikmati kesenangan musim dingin – Trans Snow World

Kredit gambar: Trans Snow World Bintaro

Jepang di musim dingin identik dengan salju. Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, mulai dari bermain ski, atau naik kereta luncur. Di Indonesia, tujuan wisata gaya Jepang yang bisa dikunjungi, setidaknya, memberi kesan yang sama adalah Trans Snow World. Taman bermain di Bintaro ini menawarkan sensasi bermain salju, seluncur es, dan kegiatan menarik lainnya yang dapat dilakukan di salju. Mereka yang tertarik merasakan suasana musim dingin di Jepang dapat mengunjungi tujuan wisata ini, ya!

Lokasi: Jl. Prof. DR. Satrio No.5, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten
Jam operasional: Setiap hari, 10:00 – 20:00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp200.000 per orang

7. Lihat bunga sakura asli – Waingapu, Sumba Timur

Jika di Jepang bunga sakura mekar dari Maret hingga April, bunga sakura di Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur akan mekar dari Oktober hingga November. Nuansa ini sangat berbeda dengan di Jepang atau Korea. Bayangkan, berada di sabana dan mengambil foto di bawah pohon sakura yang mekar, Anda tidak akan mendapatkan sensasi, bahkan di Jepang.

Lokasi: Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

8. Seperti berada di Kyoto – Pasar Terapung Kyotoku, Bandung

Perjalanan gaya Jepang
Kredit gambar: Pasar Terapung Kyotoku

Selain Kota Mini dan Taman Pelangi, Pasar Terapung Lembang juga memiliki Kyotoku, yang menawarkan tujuan wisata gaya Jepang di Indonesia. Di sini, manajer menawarkan kimono, atau buku pegangan, untuk disewakan, bunga sakura untuk digunakan sebagai foto latar belakang dan suasana alam yang sejuk untuk dinikmati. Jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur di sini, ya!

Lokasi: Pasar Terapung Lembang, Jl. Grand Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam operasional: Setiap hari, 8:00 – 18:00
Harga tiket: Rp 20.000 per orang

9. Nikmati taman Jepang yang indah – Taman Bunga Nusantara

Perjalanan gaya Jepang
Kredit gambar: Taman Bunga Nusantara

Jika Anda penasaran seperti apa taman yang indah di Jepang itu, Anda bisa langsung melihat penampilannya di Taman Bunga Nusantara, Cianjur. Anda akan disambut dengan kemegahan gerbang khas Jepang dengan taman bergaya Zen di dalamnya. Anda juga dapat menemukan kolam dengan ikan koi, pohon rindang, dan taman yang tertata rapi. Ada juga gazebo bergaya Jepang, yang memberi nuansa yang membawa pengunjung ke Asia Timur.

Lokasi: Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 17.30 WIB
Harga tiket: 40.000 IDR per orang

10. Zona zona cita rasa Jepang – Little Tokyo, Blok M, Jakarta

Ingin berada di tengah suasana dan suasana kota-kota besar di Jepang, langsung saja ke Little Tokyo, Blok M, Jakarta. Wilayah ini memang menyajikan semua hal yang berbau Jepang, dari restoran dan masakan Jepang hingga ornamen klasik yang mengesankan. Faktanya, hampir setiap tahun di festival Jepang, seperti festival Ennichisa, cosplay dan banyak lainnya. Tertarik berkunjung ke sana?

Lokasi: Jl. Melawai, RT.3 / RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

11. Menginap di rumah Jepang yang unik – Air Villas, Bandung

Salah satu lokasi di mana Anda dapat merasakan sensasi tinggal di rumah-rumah khas Jepang adalah di Vila Udara, Lembang, Bandung. Akomodasi yang disajikan memang menekankan nuansa dan kenyamanan khas Jepang. Belum lagi udara segar khas Lembang dan taman dan kolam yang indah, yang tentu saja memanjakan mata dan hati Anda. Mereka yang tertarik untuk setidaknya tinggal di tempat yang menyenangkan dan santai, Air Villas pantas menjadi pilihan.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi KM. 9, Lembang, Karyawangi, Parongpong, Bandung
Pemesanan di Agoda

12. Berjalan menyusuri pemukiman kecil Jepang – Takayama, Gang Kepatihan, Bogor

Warga Bogor tahu daerah ini sebagai Kota Takayama. Untuk orang asing, Anda bisa langsung menuju Kepatihan Gang di Jalan Veteran, Desa Kebon Kelapa, Bogor Tengah, Bogor. Gang "Kota Takayama" ini mengambil tema Kyoto Kecil dengan suasana tradisional Jepang di abad ke-17. Gang sepanjang 70 meter itu ditransformasikan sedemikian rupa sebagai kota tua Takayama. Tempatnya Instagenik, lho!

Lokasi: Geng Kepatihan di Jalan Veteran, Desa Kebon Kelapa, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
Jam operasional: Setiap hari, 6,00 – 21,00
Harga tiket: Gratis

Baca juga: Tempat untuk Melihat Bunga Sakura di Indonesia Yang Tidak Kalah Keren Dari Jepang dan Korea

Tidak perlu ke Jepang untuk mengambil foto, makanan atau pernak-pernik khas negara itu, kan? Tujuan wisata gaya Jepang ini harus dapat menyembuhkan kerinduan Anda untuk semua hal yang Jepang. Selain itu, Anda tidak perlu membayar jutaan rupiah untuk sampai ke tempat ini, kan?

Pos Ala Situs Pariwisata Jepang di Indonesia, Obat-obatan Miss Jepang Akan muncul pertama di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin