Siapa yang tidak kenal Tangerang? Lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta dan perkembangannya yang pesat membuat banyak orang berkunjung ke sini. Tapi tahukah Anda bahwa di Tangerang banyak tempat makan yang menawarkan kuliner unik dan selera menggoda? Jika Anda belum pernah mencoba wisata kuliner di Tangerang, maka inilah saatnya untuk datang dan mencoba kekayaan kuliner Anda sendiri di sana!

Variasi makanan di Tangerang sangat dipengaruhi oleh campuran budaya Cina peranakan yang biasa dikenal dengan China Benteng, Jawa, dan Betawi yang menghuni tempat ini. Selain rasanya yang lezat, harga berbagai hidangan di sini juga terjangkau. TripZilla akan memberi Anda beberapa referensi tentang tempat makan di Tangeran untuk wisata kuliner, yang dapat menjadi panduan untuk perjalanan Anda berikutnya!

1. Dijamin membuat Anda ketagihan – Laksa Benteng

Laksa Benteng adalah salah satu bukti warisan budaya Tionghoa di Tangerang. Rasanya berbeda dengan Laksa Betawi atau Bogor. Anda dapat menemukan banyak penjual Laksa Benteng, umumnya mereka menggunakan gerobak dan menjualnya di depan kuil. Tetapi jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa datang ke Kompleks Kuliner Laksa Tangerang. Ada beberapa penjual laksa di sini dan ada kursi yang tersedia untuk mendukung kenyamanan Anda.

Kredit gambar: @oppakuliner

Perbedaan yang terlihat dari Laksa adalah penggunaan mie putih yang terbuat dari tepung beras, telur rebus, ayam kampung dan sup yang dicampur dengan kelapa parut. Selain itu ada juga kentang dan kacang hijau di dalamnya. Anda dapat memilih apakah Anda ingin laksa dengan telur, ayam asli atau keduanya. Rasa sang Laksamana itu gurih, rendamannya kuat tapi tidak membuatnya pahit dan enak ketika dimakan panas.

Lokasi: Jl. Mochammad Yamin No.113, RT.001 / RW.004, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari Rp 13.000 per porsi.

2. Menjual dengan baik dan diburu oleh banyak orang – Asinan Lan Jin

Lan Jin Asin juga menjual otak selain sayur dan buah acar yang terkenal. Kebanyakan pembeli suka acar sayuran di tempat ini. Sayuran acar mengandung tauge, lobak, kol, tahu, sayur asin, wortel dan kacang tanah dengan dua pilihan bumbu, yaitu bumbu saus kacang atau cuka. Kualitas sayuran yang selalu segar dan sensasi bumbu yang menyegarkan membuat Asinan Lan Jin disukai oleh banyak orang.

Kredit gambar: @icipkakak

Pemilik tempat penjemputan acar di Tangeran ini bernama Lan Jin. Dia biasa berjualan di gerobak sebelum membuka toko di depan rumahnya sendiri, yang tidak jauh dari kuil Boen Tek Bio. Jangan datang terlambat ke sini, ya, karena mungkin Anda ingin asin sudah selesai!

Alamat: Jl. Bakti Saham, RT.002 / RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari Rp 22.000 per porsi.

3. Lezat haus lezat – Es Bun Tin

Toko es sederhana ini terletak di dalam kompleks Pasar Lama, satu bangunan dengan toko lainnya. Meskipun terlihat bersahaja, jangan anggap remeh rasa Es Bun Tin. Pilihannya sangat bagus dengan pengisian berlimpah dan harga terjangkau. Nama-nama menunya juga menarik, salah satunya adalah Es Bumi Hangus. Es Hangus ini berwarna gelap karena disiram dengan cokelat manis kental. Itu berisi es serut, kurma, buah naga, plum, jeli dan cincau hitam.

Kredit gambar: @kulinerjabodetabek

Pemiliknya, Lim Bun Tin dan istrinya bernama Tjoa Giok Wha, telah menjual sejak 1980. Saat ini mereka masih mencampur es campur itu sendiri di toko. Para pengunjung selalu ramai dan Anda harus bersabar jika ingin menikmati hidangan es legendaris ini. Tapi jangan khawatir, Anda tidak akan menyesal saat mencobanya!

Alamat: RT.001 / RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari Rp 10.000 per porsi.

4. Menu yang tepat untuk memulai hari Anda – Nasi dan Nasi Sayuran Encim Sukaria

Tempat makan di Tangerang berusia lebih dari 50 tahun dan juga menjual berbagai kue basah seperti onde-onde dan kue pucur. Sejak pagi, toko sederhana ini sudah ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin mengisi perut mereka. Nasi uduk yang terkenal diisi dengan Udang Bakwan renyah dan lezat.

Nasi uduk | Kredit gambar: @kulinerjabodetabek

Anda juga bisa mendapatkan semur jengkol untuk menemani nasi uduk. Rebusan jengkol memiliki cita rasa berbeda karena diolah menggunakan kecap lokal khas Benteng, yaitu kecap Siong Hin. Ketupat sayur dilengkapi dengan kari ayam kampung. Saus karinya enak dan ayam kampungnya empuk. Kualitas saus kari ini membuat harga sayuran belah ketupat lebih mahal. Namun rasanya yang lezat membuat menu ini terus dicari oleh para pelanggannya.

Alamat: Jl. Kh. Soleh Ali No.90, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari Rp 19.000 per porsi.

5. Tempat yang wajib dimiliki oleh penggemar sate – Sate Ayam H. Ishak

Sate ayam yang dijual di troli ini tidak bisa diremehkan. Dengan daging ayam kental, kue beras yang empuk dan saus kacang yang lezat, berhasil membuat menu ini laris manis.

Kredit gambar: @ makanan

Jika Anda ingin merasakan kenikmatan sate ini, Anda bisa datang pada sore hari pukul 15.00. Sate ayam H. Ishak tidak membuka cabang di tempat lain, ya! Jadi, kenakan pakaian yang nyaman dan kosongkan perut Anda sehingga pengalaman Anda menikmati sate legendaris ini lebih maksimal!

Alamat: Jl. Kisamaun, RT.002 / RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari Rp 15.000 per porsi

6. Bubur Mati – Bubur Kepiting Hokie dan Mie

Menu paling terkenal di tempat makan di Tangerang ini adalah bubur kepiting. Bubur ini unik karena selain daging ayam suwir, juga ditambah dengan daging kepiting. Selain itu bubur ini juga menggunakan kacang mede sebagai pelengkap selain abon, cakwe, kerupuk dan keripik. Bisakah Anda bayangkan rasa kepiting yang luar biasa dipadukan dengan kacang mete gurih?

Kredit gambar: @ lin6yun_

Bagi Anda yang penasaran dengan bubur ini, silakan datang ke kompleks Pasar Lama mulai pukul 17.00. Ada kursi dan meja yang cukup nyaman di sini dan akan lebih mengasyikkan jika Anda mengajak teman atau keluarga.

Alamat: Jl. Kisamaun No.72, RT.003 / RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari Rp 18.000 per porsi

7. Kuliner yang juga cocok untuk oleh-oleh – Bolu Tape Benteng Mama Bolu

Bolu memiliki banyak rasa, yaitu keju coklat, stroberi, blueberry dan kismis. Memiliki rasa tape yang lezat dan tekstur yang lembut, spons ini terkenal di luar Jawa. Kaset ini dapat disimpan hingga tujuh hari jika Anda memasukkannya ke dalam kulkas.

Kredit gambar: @mamabolu

Rekaman bolu ini tentu akan lebih menggugah selera jika dinikmati bersama teh atau kopi di sore hari. Tertarik mencoba?

Alamat: Jl. Raya Merdeka No.119, RT.2 / RW.2, Sukajadi, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114.
Harga: mulai dari Rp15.000.

8. Nasi bakar yang unik dan menggoda – Nasi Sumsum Mang Puri

Pernahkah Anda mencoba nasi yang ditambahkan dengan sumsum lalu dibakar? Hanya membayangkan itu menggoda. Jika tidak, coba Nasi Padi Mang Puri yang legendaris! Dibuka sejak 1941, warung nasi ini masih terkenal sampai sekarang.

Kredit gambar: @dewikemalahayati

Sumsum yang digunakan berasal dari sumsum sapi dan kerbau. Awalnya pemilik membuat resep ini untuk makanannya sendiri, tetapi karena disukai oleh tetangganya akhirnya membuka toko beras sumsum. Jejak sumsum yang gurih menambah kenikmatan nasi bakar di salah satu tempat makan ngehits Tangerang. Untuk mencicipinya, Anda bisa datang mulai pukul 16:00, ya!

Alamat: Jl. Kapten Swardo No.15B, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42112.
Harga: mulai dari 3.000 IDR per porsi.

9. Makan bandeng dengan cara yang berbeda – Sate Bandeng Sabajo

Sate Bandeng Sabajo sangat terkenal dan dapat ditemukan di berbagai toko suvenir di Tangerang dan online. Sate bandeng yang dibungkus daun pisang bisa dihangatkan sebelum dimakan.

Kredit gambar: @satebandeng_sabajo

Anda akan mencium aroma rempah-rempah yang menggoda ketika daun pisang dibuka. Susu lembut dengan bumbu gurih. Manajer, Ummi Kulsum, hanya menggunakan ikan susu segar dan bumbu dari resep keluarga untuk membuat sate ini. Tidak heran merek ini menjadi terkenal di antara sate bandeng lainnya.

Alamat: Jatiwaringin, Kec. Mauk, Tangerang, Banten 15330.
Harga: mulai dari Rp 25.000 per porsi.

10. Legit dan manisnya khas dodol Tangerang – Dodol Ny. Lauw

Kredit gambar: @ipangramadhan

Dodol Ny. Lama ini sudah ada selama lebih dari 49 tahun dan sampai sekarang rasanya belum berubah. Ini karena mereka mempertahankan proses produksi tradisional ketan sebagai bahan baku utama yang diolah dengan cara ditumbuk, bukan digiling. Proses ini menghasilkan dodol yang lebih sah di lidah.

Kredit gambar: @pangnovie

Anda dapat menyesuaikan pilihan dodol sesuai selera Anda karena Dodol Ny. Lauw memiliki tiga rasa. Ketiganya adalah dodol lapis, wijen dodol dan durian dodol. Karena dibuat dengan bahan-bahan berkualitas, tentu rasanya tidak perlu diragukan lagi. Makanan ini juga cocok untuk oleh-oleh untuk teman atau saudara Anda, lho!

Alamat: Gg. SPG No.55, RT.001 / RW.002, Karang Sari, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Banten 15121.
Harga: mulai dari Rp 17.500 per bungkus.

11. Siomay yang tidak ada duanya – Siomay Benteng Sandy

Siomay Benteng juga dikenal sebagai Siomay Sewan, karena pusat perdagangannya di Jl. Sewan, Tangerang. Beberapa kue dibuat dari daging babi, beberapa terbuat dari ikan tenggiri atau udang.

Kredit gambar: @boysuhartono

Kenikmatan pangsit ini terletak pada kepadatan daging yang menyebabkan rasa gurih saat dicicipi. Selain itu, mereka juga menggunakan kecap lokal yang diproduksi di Tangerang yaitu Siong Hin Soy Saus atau yang biasa disingkat SH kecap. Jangan lupa makan di sini di Tangerang untuk mengalami pangsit yang berbeda dan lezat! Satu porsi pasti tidak akan cukup!

Alamat: Jl. Sewan, Jl. Rw. Kucing No.37, RT.001 / RW.001, Mekarsari, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Banten 15129.
Harga: mulai dari 5.000 Rupiah per potong.

12. Bukan hanya bubur – Bubur Ayam Ko Iyo

Bubur ayam ini tidak kalah legendaris karena sudah berdiri sejak 1966 dan merupakan pelopor pertama bubur ayam khas. Bubur ayam ini menggunakan ayam cincang isi, tong cai, cakwe, ampela hati dan selada.

Kredit gambar: @the_lucky_belly

Meskipun kedengarannya tidak biasa, rasanya enak dan selada yang disediakan menambah tekstur bubur. Jika Anda ingin rasa yang lebih kuat, Anda bisa menambahkan lada dan kecap asin.

Alamat: Jl. Kisamaun No.114, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari Rp 15.000 per porsi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Tangerang Yang Anti-Mainstream Dan Mengesankan

Selain berbagai lokasi di atas, masih ada tempat makan lain di Tangerang yang bisa Anda jadikan pilihan. Cukup sesuaikan dengan anggaran dan selera Anda sehingga petualangan kuliner Anda lebih seru. Bagaimana, apakah Anda siap untuk wisata kuliner di Tangerang?

Pos Tempat Makan di Tangerang Yang Harus Dikunjungi Pecinta Kuliner pertama kali muncul di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin