Free dive alias selam bebas cukup populer sebagai salah satu jenis olahraga yang menantang dan beresiko. Meskipun terlihat mudah, jangan meremehkan free dive karena tingkat resikonya yang tinggi. Jika kamu ingin melakukan free dive, tidak sulit untuk mencari tempat kursus di Jakarta.

Perlu diketahui, aktivitas free dive berbeda dengan scuba diving karena dilakukan tanpa menggunakan alat bantu bernapas atau Self Contained Underwater Breathing Apparatus (SCUBA). Peralatan seperti masker, sirip dan baju yang digunakan pun berbeda dengan scuba diving. Karena itu, untuk menjadi seorang free diver, kamu harus mempelajari dan mengambil sertifikat yang diperlukan agar mengurangi resiko yang kamu hadapi. Beberapa tempat kursus free dive di Jakarta yang dapat menjadi pilihanmu ada di daftar TripZilla, patut dilirik lho!

1. Meliuk-liuk di dasar kolam bersama Selam Bebas Indonesia

kursus free dive jakarta
Image credit: Selam Bebas Indonesia

Berbagai jenis kelas free dive ditawarkan oleh Selam Bebas Indonesia. Kalau kamu ingin lebih fokus, kamu dapat memilih kelas privat dengan metode pengajaran one on one. Jika kamu merasa lebih senang berlatih bersama kelompok, kamu dapat menemukan jadwal rutin latihan di website Selam Bebas Indonesia.

Image credit: Selam Bebas Indonesia

Bagi kamu yang ingin memperlancar kemampuan berenang terlebih dulu, Selam Bebas Indonesia juga membuka kursus renang. Tersedia sertifikat AIDA (Association International Development of Apnea) dan PADI Freediving. Kalau sudah mahir, bergabunglah dengan freediving club yang ada dan kamu juga dapat mengikuti freediving trip, seru kan?

Alamat: Komp. Gor Ragunan, RT.9/RW.7, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan

2. Menyelam hingga kedalaman 16 meter di Let’s Freedive Course and Education Center

kursus free dive jakarta
Image credit: By Lets Freedive

Ya benar, kalau kamu bergabung di tempat kursus ini, kamu akan berlatih di Kolam Selam Kopasus Cijantung yang berkedalaman 16 meter. Tentunya kamu akan selalu berpasangan dengan buddy karena peraturan free dive adalah tidak boleh menyelam sendirian. Latih terus kemahiranmu hingga mendapatkan sertifikat AIDA yang tersedia di sini.

Image credit: By Lets Freedive

Kamu bisa mengikuti open water session agar memperoleh pengalaman menyelam bebas di laut lepas yang menantang. Cek website resmi untuk detil mengenai jadwal latihannya. Bayangkan menjelajahi kedalaman perairan dengan hanya satu tarikan napas, jadi penasaran nggak?

Alamat: Jl. RA. Fadillah, RT.1/RW.5, Cijantung, Kec. Ps. Rebo, Jakarta Timur

3. Bersenang-senang bersama komunitas di Freediving Society

Image credit: Freediving Society

Freediving Society menyediakan kelas kursus mulai dari pemula hingga pelatihan untuk menjadi instruktur free dive. Spesifikasi kelas dan harganya dapat kamu cek di website resminya.

kursus free dive jakarta
Image credit: Freediving Society

Freediving Society juga punya program Fun Diving, di mana kamu dapat menjelajah laut di Pulau Pramuka atau di Pulau Bali. Selain di laut, kamu pun bisa bersenang-senang bersama komunitas free diver dalam acara Deep Pool Fun. Menyelam bareng di kolam dalam Gelora Bung Karno atau Tribuana, kamu punya kesempatan untuk menambah ilmu free dive atau seseruan berfoto di bawah air. Dijamin asyik!

Alamat: Mediterania Garden Residence 1,  Tower Azalea, Jl. Tanjung Duren Raya No.Kav 5-9, RT.3/RW.5, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat

4. Belajar dan belanja peralatan free dive di Apnea Culture

Image credit: Facebook Apnea Culture

Apnea Culture yang telah berdiri sejak tahun 2013 ini bisa jadi tempatmu belajar sekaligus membeli peralatan free dive. Apnea Culture pernah menjadi pelaksana Indonesia Apnea Competition pada tahun 2019.

kursus free dive jakarta
Image credit: Facebook Apnea Culture

Jika kamu penasaran dengan dunia free diving, kamu juga bisa mengikuti berbagai diskusi online yang infonya bisa kamu peroleh di Facebook atau Instagram resminya. Berbagai peralatan free dive seperti masker, sirip, nose clip, bag pack atau sarung tangan tersedia dengan banyak pilihan di sini. Bahkan kalau ingin mencoba spear fishing, kamu juga bisa memperoleh alatnya di Apnea Culture, lho!

Alamat: Central Park Residence Alaina Tower, 49th Floor, Unit #09 Jl. Let. Jend. S. Parman, RT.12/RW.6, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Baca juga: Spot Diving Di Bali Terbaik, Pemandangan Bawah Airnya Luar Biasa

Kita tinggal di Indonesia yang terkenal dengan keindahan lautnya dan olahraga free diving ini bakal bikin pengalamanmu di bawah laut jadi makin berkesan. Jangan lupa untuk berlatih dulu sebelum melakukan free diving ya!

The post Tempat Kursus Free Dive Di Jakarta Untuk Para Penggemar Tantangan appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin