Di Indonesia, Taman Nasional adalah kawasan konservasi alam yang dilindungi oleh pemerintah. Daerah ini memiliki ekosistem asli yang memiliki berbagai fungsi seperti untuk tujuan ilmu pengetahuan, penelitian, pendidikan, pariwisata, dan budidaya flora atau fauna tertentu. Di sekitar pulau Sulawesi, Anda dapat menemukan sembilan taman nasional dengan pesona masing-masing.

Tidak hanya beragam keindahan lanskap Sulawesi yang dapat Anda temukan di taman nasional di sini, ada juga warisan budaya kuno dan berbagai spesies hewan dan tumbuhan langka. Inilah pesona taman nasional yang bisa Anda temukan di Sulawesi.

1. Wakatobi, ibu kota selam dunia

Taman nasional di Sulawesi
Kredit gambar: @photodiveseto

Wakatobi, Raja Ampat, dan Bunaken dikenal sebagai Segitiga Karang, tiga wilayah di Indonesia Timur yang memiliki keindahan bawah laut kelas dunia. Terumbu karang di ketiga daerah ini terjaga dengan baik sehingga pesona mereka tetap terjaga. Wakatobi sebenarnya adalah taman nasional sekaligus kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Taman nasional di Sulawesi
Kredit gambar: @ where.is.gio

Nama Wakatobi adalah kombinasi dari empat pulau utama di kawasan konservasi ini; Aroma, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Jika Anda seorang pecinta keindahan bawah laut, maka Wakatobi adalah destinasi yang wajib Anda kunjungi. Tidak hanya cantik di dasar laut, Wakatobi juga memiliki pemandangan indah di pulau-pulau. Selain itu, Anda juga dapat belajar tentang budaya unik Suku Bajau, manusia Air asli dari indonesia.

Lokasi: Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

2. Berburu artefak megalitik di Lore Lindu

Taman nasional di Sulawesi
Kredit gambar: @kabutipis

Salah satu kata yang paling menggambarkan Lore Lindu adalah & # 39; unik & # 39 ;. Dilihat dari lanskapnya, taman nasional ini memiliki tiga kawasan konservasi; Wisata Hutan Danau Lindu, Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, dan Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa. Tempat ini juga merupakan habitat alami anoa, babirusa, hantu monyet, cuscus berkantung, musang Sulawesi, dan berbagai binatang endemik lainnya.

Kredit gambar: @kabutipis

Hal paling unik yang bisa Anda temukan di taman nasional ini di Sulawesi Tengah adalah aneka patung megalitik berusia ribuan tahun yang tersebar. Jelajahi area ini jika Anda tertarik untuk menikmati keindahan alam sambil berburu & # 39; artefak megalitik. Tetapi jangan merusak atau memindahkannya, cukup kagumi dan potretlah!

Lokasi: Kabupaten Donggala dan Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

3. Maladewa di Sulawesi – Taka Bonerate

Kredit gambar: @besttravelingplace

Bukan hanya semboyan, Taman Nasional Taka Bonerate memang memiliki banyak kesamaan dengan Maladewa alias Maladewa. Tempat ini memiliki bentangan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kepulauan Marshall dan Maladewa. Lokasi berada di Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Taman nasional di Sulawesi
Kredit gambar: @andrikilua

Ada banyak pulau kecil eksotis yang dapat Anda temukan di taman laut ini. Formasi karang yang berwarna-warni dan atol yang unik juga merupakan daya tarik yang tak tertahankan dari Taka Bonerate. Di sini Anda juga dapat menemukan banyak pasir yang muncul, sebuah pulau kecil yang dibentuk oleh gundukan pasir putih di tengah lautan.

Lokasi: Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan.

4. Bermain ke Kerajaan Kupu-kupu di Bantimurung Bulusaraung

Taman nasional di Sulawesi
Kredit gambar: @lelaki_pendusta_

Masih di Sulawesi Selatan, ada taman nasional lain yang pesonanya jauh berbeda. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (Taman Nasional Babul) adalah kawasan konservasi yang didominasi oleh kawasan karst. Taman Nasional Babul bahkan merupakan kawasan karst terbesar ketiga di dunia. Anda dapat menemukan berbagai keindahan unik kawasan karst seperti formasi unik bebatuan, gua, sungai berliku, hingga perbukitan karst hijau.

Kredit gambar: @akbar_bebeto

Ahli biologi Alfred Wallace menyebut wilayah ini sebagai Kerajaan Kupu-Kupu karena banyaknya spesies kupu-kupu yang hidup di sini. Wisata di Taman Nasional Babul tidak hanya menekankan keindahan pemandangan alamnya, tetapi juga keanekaragaman spesies kupu-kupu ini.

Lokasi: Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Provinsi Sulawesi Selatan.

5. Bunaken, surganya menyelam di Sulawesi Utara

Taman nasional di Sulawesi
Kredit gambar: @ryskaira

Bunaken adalah taman laut yang terletak di lepas pantai ujung utara Pulau Sulawesi. Lokasinya sangat dekat dengan kota Manado sehingga aksesnya sangat mudah. Selain itu, Bunaken juga memiliki banyak fasilitas untuk menunjang kegiatan pariwisata sehingga liburan di sini dijamin sangat nyaman. Taman Nasional ini mencakup tiga ekosistem laut yang sebagian besar ditemukan di Indonesia; ekosistem terumbu karang, ekosistem padang rumput laut, dan ekosistem pesisir.

Kredit gambar: @ queenie.171

Aktivitas paling populer di Bunaken tentu saja menyelam alias menyelam. Anda dapat menjelajahi keindahan hampir 400 spesies karang berwarna-warni. Belum lagi banyak ikan dan hewan laut lainnya yang hidup di wilayah ini. Bunaken adalah titik penyelaman yang tepat untuk semua, baik pemula maupun mereka yang sudah memiliki pengalaman panjang. Anda bahkan tidak perlu membawa peralatan menyelam karena sudah ada banyak tempat yang menyewakannya di sini.

Lokasi: Manado, Provinsi Sulawesi Utara

6. Mempelajari keanekaragaman Rawa Aopa Watumohai

Kredit gambar: @aditkende

Jika Anda menginginkan paket petualangan yang lengkap, maka pilihan terbaik adalah datang ke Taman Nasional Aopa Watumohai Rawa. Di sini, Anda dapat menemukan beragam vegetasi lengkap, dari laut hingga pegunungan. Seperti namanya, ada rawa yang cukup luas di taman nasional ini. Berbagai binatang unik dan endemik juga dapat ditemukan di sini.

Taman nasional di Sulawesi
Kredit gambar: @indonesianforester

Secara total, ada 155 spesies burung yang hidup di taman ini, 37 di antaranya adalah burung endemik dan 32 spesies lainnya tergolong langka. Taman nasional ini juga merupakan habitat bagi babirusa, anoa, berbagai primata unik, buaya muara, musang Sulawesi, dan rusa. Aktivitas seperti mengamati burung sangat pas dilakukan di sini.

Lokasi: Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

7 Island hopping di Kepulauan Togean

Kredit gambar: @ dinaspariwisatatouna2

Pesona utama taman nasional ini adalah pemandangan pulau-pulau kecil yang tersebar di Teluk Tomini dan terumbu karang di sekitarnya. Pulau-pulau ini kaya akan terumbu karang yang indah dan beragam biota laut, beberapa di antaranya tergolong langka dan dilindungi oleh negara. Di pulau itu, tanaman juga tumbuh subur. Bukit-bukit karang membuat pemandangan di taman ini semakin memesona.

Taman nasional di Sulawesi
Kredit gambar: @ astrid.caesaria

Anda dijamin tidak akan pernah bosan ketika mengunjungi pulau ini. Karena, ada banyak kegiatan yang menyenangkan untuk dipilih. Anda bisa menyelam atau snorkeling di Pulau Kadidiri, menjelajahi keindahan laut dan daratan di Pulau Malenge, atau mendaki Gunung Colo di Pulau Una-una.

Lokasi: Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah

8. Tebing Tebing di Bogani Nani Wartabone

Kredit gambar: @adventuregor Gorontalo

Awalnya, taman nasional didirikan untuk melindungi ekosistem flora dan fauna di dalamnya. Tetapi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone menawarkan jauh lebih dari sekedar kekayaan biologisnya. Selain pemandangan yang indah, Anda juga dapat menemukan berbagai situs budaya peninggalan prasejarah di kawasan taman nasional ini.

Taman nasional di Sulawesi
Kredit gambar: @btngogani_official

Ada banyak potensi wisata yang sedang dieksplorasi di sini. Ada beberapa air terjun megah di tengah hutan hujan tropis yang sejuk. Ada juga peninggalan megalitik dalam bentuk Batu Kamar, alias Tebing Tebing, sebuah pemakaman kuno dalam bentuk tebing andesit yang diukir sedemikian rupa. Taman ini juga memiliki beberapa suaka untuk pelestarian burung maleo.

Lokasi: Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara.

Baca juga: 10 Taman Nasional di Indonesia yang tidak kalah indah dari Taman Nasional Komodo

Jadi, apakah Anda siap untuk menjelajahi kawasan konservasi paling keren dan taman nasional di Sulawesi?

Pos Taman Nasional di Sulawesi, Eksotisme Menantang untuk Menjelajahi muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin