Kalau bicara tentang wisata di provinsi Jawa Barat, mungkin yang pertama mampir di otakmu adalah kota Bandung. Tapi sebenarnya sangat banyak objek wisata yang menarik di Jawa Barat, beberapa di antaranya adalah taman nasional.

Sesuai dengan namanya, taman nasional memiliki keindahan alam yang masih alami serta dimanfaatkan untuk penelitian dan budidaya. Taman nasional ini juga tidak sulit dijangkau karena kamu dapat menemukan banyak moda transportasi ke sana. Kamu dapat menyaksikan beragam tumbuhan, hewan dan pesona alam seperti air terjun yang akan menyegarkan matamu. Jangan lupa mengenakan pakaian yang nyaman dan membawa kamera karena kamu pasti bisa menemukan objek keren untuk dibidik!

Ingin berwisata di taman nasional yang ada di Jawa Barat, ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan melindungi ekosistem di dalamnya supaya tetap lestari, ya! Taman nasional di Jawa Barat ini bisa menjadi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi!

1. Telusuri pantai hingga savana di Taman Nasional Ujung Kulon

taman nasional di jawa barat
Savana Cidaon | Image credit: Wikimedia

Badak bercula satu adalah ikon yang terkenal dari Taman Nasional Ujung Kulon ini. Meskipun saat ini tidak mudah menemukan hewan ini karena jumlahnya yang semakin sedikit, kamu tetap akan mudah melihat keindahan panorama alam di sini.

Image credit: Wikimedia

Beragam lanskap seperti savana Cidaon, pantai hingga wisata sungai akan menghiburmu. Savana Cidaon yang terkenal sebagai padang penggembalaan dihuni oleh banyak fauna seperti sapi, kerbau, banteng, burung merak dan tentunya badak bercula satu. Dari sini, kamu dapat berjalan menuju padang rumput Cibunar. Jika jeli, kamu dapat menemukan juga hewan-hewan kecil yang menarik untuk diamati, lho!

Image credit: Wikimedia

Di taman nasional ini tidak hanya ada padang rumput luas, namun juga kawasan perairan yang dapat dijelajahi. Susur sungai merupakan aktivitas yang menarik, salah satunya di Sungai Cigenter. Kamu akan ditemani pemandu dan selama mendayung sampan bisa belajar mengenai ekosistem di sekitarmu. Kemudian kamu dapat menikmati keindahan terumbu karang di Pulau Peucang atau pasir putih Pantai Karang Ranjang yang tersembunyi. Kamu nggak akan bosan kalau berakhir pekan di taman nasional ini karena banyak banget pilihan aktivitas yang ada!

Image credit: Wikimedia

Alamat: Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Banten
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR per orang

2. Bersiap untuk melihat keanekaragaman flora dan air terjun di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

taman nasional di jawa barat
Pepohonan Tajuk | Image credit: Wikimedia

Lanskap dari taman nasional ini merupakan hutan hujan tropis di wilayah pegunungan. Nama Gunung Halimun diberikan karena pegunungan di kawasan ini sering diselimuti kabut atau halimun. Jajaran gunung yang ada di sini misalnya Gunung Halimun Utara, Gunung Sanggabuana, Gunung Halimun Selatan dan Gunung Salak. Jika kamu ingin mencoba mendaki, jangan lupa mempersiapkan perlengkapan dan didampingi pemandu ya! Jika ingin bersantai, kamu juga bisa menikmati curug atau air terjun yang indah di sini.

Image credit: Wikimedia

Taman Nasional Gunung Halimun Salak terkenal memiliki banyak curug yang indah dan asyik untuk dijelajahi. Curug-curug yang lazim menjadi tujuan para wisatawan misalnya Curug Nangka, Curug Kondang, Curug Pangeran, Curug Ngumpet, Curug Cihurang, Curug Seribu, Curug Sawer dan Curug Muara Herang. Berjalan menempuh jalur berbatu dikelilingi rimbunnya tumbuhan akan membuatmu betah dan suara air terjun yang terdengar dari kejauhan akan menjadi pengobat lelahmu.

taman nasional di jawa barat
Curug Kawung | Image credit: Wikimedia

Kamu pun bisa menyaksikan fenomena alam di Kawah Ratu yang cantik. Sehari tentu tidak cukup untuk menjelajahi taman nasional ini, maka kamu dapat membawa persiapan untuk berkemah karena terdapat camping ground di sini. Bayangkan membuka mata di pagi hari dan langsung melihat alam yang asri, menyenangkan bukan?

Image credit: Wikimedia

Alamat: Jl. Raya Cipanas, Malasari, Kabandungan, Sukabumi
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR per orang

3. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan air terjun dan gunung yang menawan

taman nasional di jawa barat
Image credit: Wikimedia

Kalau kamu senang mendaki gunung, pasti sering mendengar tentang Alun-Alun Suryakencana yang menjadi tempat berkemah saat mendaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Ditumbuhi banyak tanaman edelweiss, lokasi ini sangat instagramable dan banyak digemari.

Image credit: Wikimedia

Namun tidak hanya pegunungan yang masuk dalam wilayah taman nasional ini. Terdapat berbagai lokasi wisata yang cocok untuk keluarga, jadi kamu bisa juga datang bersama dengan orang tua atau saudaramu yang masih kecil lho! Curug atau air terjun yang indah banyak bertebaran di dalam taman ini dan nggak cukup sehari untuk menjelajahinya. Total terdapat 17 curug dan beberapa curug yang populer misalnya Curug Cibeureum, Curug Cipadaranten, Curug Cikaracak, Curug Luhur dan Curug Beret. Selain curug, wisata telaga atau danau juga tersohor di sini dan kamu bisa mengunjungi Telaga Biru atau Danau Situgunung.

Image credit: Wikimedia

Yang gemar berolahraga, di sini terdapat arena untuk bersepeda downhill. Dalam waktu dekat akan disediakan juga penyewaan sepeda sehingga wisatawan yang datang dari jauh tidak perlu repot membawa sepeda. Alternatif lain yang menarik adalah kegiatan susur goa, karena ada beberapa goa juga di taman ini yaitu Goa Lalay dan Goa Gumuruh. Untuk kamu yang senang outbound dan ingin kemping ceria, datangi saja Bumi Perkemahan Mandalawangi. Hijaunya lingkungan yang ditawarkan akan menggodamu untuk berkemah di sini. Isi energimu supaya keesokan harinya bisa melanjutkan eksplorasi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango!

taman nasional di jawa barat
Image credit: Wikimedia

Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Jawa Barat
Harga Tiket: Mulai dari 8,000 IDR per orang

4. Jelajahi gunung tertinggi di Jawa Barat di Taman Nasional Gunung Ciremai

Image credit: TN Gunung Ciremai

Gunung Ciremai atau Gunung Cerme merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3,078 mdpl dan merupakan daya tarik utama dari taman nasional ini. Beberapa jalur lintasannya yang memiliki tanjakan menantang membuat banyak pendaki menyukai Gunung Ciremai.

taman nasional di jawa barat
Image credit: TN Gunung Ciremai

Selain itu, terdapat beragam flora menarik yang tumbuh di sini seperti kantung semar, anggrek, pinus, kecapi dan cantigi. Kamu pun bisa saja melihat hewan-hewan seperti macan kumbang, perkutut atau elang jawa yang tinggal di hutan Gunung Ciremai. Jangan lupa mengabadikan panoramanya yang cantik jika kamu mendaki gunung ini ya!

taman nasional di jawa barat
Image credit: TN Gunung Ciremai

Tapi kalau tidak ingin mendaki gunung, apa yang bisa kamu nikmati di sini? Jangan khawatir, karena di dalam taman nasional ini juga ada objek wisata lain misalnya Situ atau Telaga Cicerem. Letaknya tepat di kaki Gunung Ciremai dan digemari wisatawan karena airnya yang sebening cermin. Selain Telaga Cicerem, ada juga Telaga Remis yang tidak kalah instagramable. Luasnya 3,25 hektar dan kamu juga bisa memancing di Telaga Remis ini. Suasana yang damai akan menghilangkan penatmu seketika. Kalau ingin melihat ikan dewa alias ikan kancra bodas yang langka, sambangi Sumur Tujuh Cibulan. Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan yaitu Curug Putri yang berketinggian 25 meter. Ada sebuah kolam juga di sini untuk berendam jika kamu ingin berlama-lama menikmati keindahannya. Nggak habis-habis ya lokasi yang bisa kamu kunjungi di taman nasional ini!

taman nasional di jawa barat
Image credit: TN Gunung Ciremai

Alamat: Jl. Raya Kuningan – Cirebon Km 9 No.1 Manislor, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR per orang

Baca juga: Taman Nasional Di Sulawesi, Eksotisme Yang Menantang Untuk Dijelajahi

Satu taman nasional saja menawarkan banyak objek wisata yang keren, apalagi empat. Taman nasional di Jawa Barat yang mana saja yang sudah pernah kamu datangi?

The post Taman Nasional Di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Dijelajahi appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *