Mulai Oktober 2020, pintu perbatasan Jepang tidak akan menerapkan aturan dan syarat masuk yang ketat untuk warga negara asing yang akan masuk ke wilayah negara mereka. Pasalnya, ada kebijakan baru yang diterapkan pemerintah Jepang terkait hal tersebut.

Diungkapkan Perdana Menteri Yoshihide Suga, Jumat waktu setempat, Jepang akan mempermudah syarat masuk untuk ke negaranya mulai Oktober untuk memperbanyak warga asing datang.

“Kami akan mengizinkan semua orang bepergian, baik untuk warga negara Jepang atau warga asing, sebanyak mungkin mulai bulan depan, tapi bukan untuk kepentingan wisata,” ujar Suga.

Untuk kepentingan tersebut, sambung Suga, Jepang perlu melonggarkan aturan yang ketat di pintu perbatasan antarnegara sehingga warga asing bisa lebih mudah untuk memiliki akses masuk ke nagaranya.

Sejumlah aturan masuk ke Jepang sudah disusun. Media lokal Jepang menyebutkan salah satu aturan adalah dengan membatasi warga asing yang masuk maksimal 1000 orang per hari dan dengan kewajiban berada di Jepang untuk tiga bulan.

Selain itu, warga negara asing yang masuk ke Jepang juga diwajibkan melakukan tes PCR dan isolasi mandiri selama 14 hari sejak kedatangan.

Kebijakan baru ini diambil setelah gugus tugas penanganan Covid-19 di Jepang menemukan cara aman untuk menyelenggarakan Olimpiade Tokyo 2020 melalui pengendalian pergerakan dan melakukan tes Covid-19 secara berulang untuk atlet yang bertanding.

Dalam proposal tersebut, setiap atlet yang ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo 2020 itu harus mengumpulkan rencana kegiatan secara menyeluruh sebelum datang dan harus mematuhinya, atau menyimpan setiap kegiatan mereka dalam aplikasi pelacak. Setiap atlet juga diharuskan melakukan tes tiga hari sebelum meninggalkan negara mereka, saat kedatangan dan selama berada di Jepang, namun tetap diizinkan untuk melakukan latihan selama menjalani karantina dan isolasi mandiri.

Baca juga: Jepang Izinkan Warga Asing Dengan Izin Tinggal Masuk Mulai September

Jepang sebelumnya juga sudah mengizinkan warga negara asing yang memiliki izin tinggal di Jepang untuk masuk dan kembali beraktivitas, tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Harapannya, aktivitas wisata di Jepang bisa segera pulih dan warga negara asing diizinkan untuk terlibat di dalamnya.

Preview image credit: Pixabay

The post Syarat Masuk Ke Jepang Akan Dipermudah Mulai Oktober 2020 appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin