Warga negara Indonesia diperbolehkan masuk ke Singapura mulai hari ini, 26 Oktober 2020. Namun ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi pemegang paspor Indonesia untuk masuk ke Singapura.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah Indonesia dan Singapura telah melakukan kesepakatan Pengaturan Koridor Perjalanan (TCA) atau Jalur Hijau Timbal Balik (RGL), yang memungkinkan warga dari dua negara untuk masuk dan keluar dengan memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan.

Namun, warga negara Indonesia dan Singapura hanya diperbolehkan masuk hanya untuk tujuan perjalanan bisnis yang penting, layanan diplomatik atau mendesak, bukan untuk perjalanan biasa atau tujuan wisata. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa kedua negara akan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

Khusus bagi pemegang paspor Indonesia yang ingin masuk ke Singapura untuk keperluan bisnis, diplomatik dan dinas yang mendesak, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki sponsor agen pemerintah dan perusahaan di Singapura dan mengajukan Pass Perjalanan Aman.

Untuk tes kesehatan, WNI diwajibkan untuk mengambil dua tes PCR, yang pertama dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan dan yang kedua dilakukan setibanya di bandara atau terminal penyeberangan. Biaya tes PCR akan dibebankan kepada pengunjung, sedangkan lokasi tes PCR akan ditentukan oleh institusi kesehatan yang telah disepakati oleh kedua negara.

Hasil tes PCR juga harus ditulis dalam bahasa Inggris, termasuk hasil tes negatif, tanggal tes, nama, tanggal lahir, kewarganegaraan dan nomor paspor.

Warga negara Indonesia juga diharuskan mendaftar pada aplikasi tersebut TraceTogether dan SafeEntry selama di Singapura. Sementara itu, perbatasan masuk WNI ke Singapura melalui dua titik, Bandara Internasional Changi dan Terminal Feri Tanah Merah Singapura.

Persyaratan lain untuk memasuki Singapura adalah Notification of Stay in carantine (SHN) selama 14 hari di fasilitas SHN khusus di Singapura dan tes COVID-19 negatif sebelum SHN berakhir.

Baca juga: Wisatawan Harus Memakai Gelang Pelacak Elektronik Saat Mengunjungi Singapura

Buat yang mau ke Singapura untuk urusan bisnis, diplomatik dan urusan mendesak, bukan untuk pariwisata dan lain-lain, patuhi semua syarat di atas ya!

Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Postingan Sudah Diizinkan masuk, Ini Syarat WNI untuk Pergi ke Singapura Tampil Dulu di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin