Singapura, negara tetangga kami yang terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi selalu menjadi tujuan favorit bagi wisatawan Indonesia untuk menghabiskan liburan mereka. Meskipun diketahui mahal, bagi Anda yang mau backpacker-Di Singapura atau tanpa mengikuti tur, ada baiknya menggunakan transportasi umum seperti kereta listrik bawah tanah atau yang biasa dikenal dengan MRT dan bus untuk menekan anggaran.

Bagi wisatawan asing yang ingin menggunakan transportasi umum, Singapura menyediakan berbagai pilihan jenis tiket yang dapat digunakan. Untuk MRT, Anda dapat menggunakan tiket harian, Singapore Tourist Pass (STP), atau EZ Link. Sementara itu, bagi Anda yang ingin mencoba berkeliling kota dengan bus, Anda hanya bisa menggunakan STP atau EZ Link saja.

Nah, karena wisatawan umumnya lebih suka STP dan EZ Link karena mereka lebih efisien daripada tiket harian, maka TripZilla Indonesia akan menjelaskan perbedaan antara keduanya secara penuh. Dengarkan baik-baik!

Singapore Touris Pass (STP)

Kredit gambar: @singaporetouristpass

Pertama, Singapore Touris Pass (STP) adalah jenis kartu untuk menggunakan transportasi umum seperti MRT, LRT, dan bus di Singapura yang menawarkan penggunaan gratis tanpa batas. STP sangat disarankan bagi wisatawan yang menghabiskan liburan pendek karena STP hanya dapat digunakan selama maksimal 3 hari. Selain itu STP ini akan lebih efisien dibandingkan dengan EZ Link jika Anda akan mengunjungi banyak tempat dan berkeliling menggunakan transportasi umum selama 1 hingga 3 hari.

Berikut adalah 3 pilihan STP berdasarkan waktu penggunaan.

Durasi penggunaan Biaya penggunaan Biaya setoran Total biaya
1 Hari Lulus $ 10 $ 10 $ 20
2 hari berlalu $ 16 $ 10 $ 26
3 Hari Pass $ 20 $ 10 $ 30

Misalnya, Anda akan berlibur di Singapura selama 3 hari bersama rencana perjalanan dan banyak sekali tujuan wisata yang akan dikunjungi, maka Anda hanya perlu membayar $ 30 di awal dengan rincian biaya penggunaan $ 20 dan $ 10 uang setoran yang akan dikembalikan pada akhirnya sebelum meninggalkan Singapura. Bayangkan saja hanya dengan $ 20, Anda bisa naik MRT, LRT, dan bus di Singapura sesuka hati Anda tanpa harus repot mengisi ulang.

Sayangnya, STP tidak dapat dibeli di semua stasiun MRT. Hanya counter tertentu Anda dapat memilih untuk membelinya, seperti:

Stasiun Jam buka
Ang Mo Kio Setiap hari, 8.00 – 21.00
Bayfront Sabtu, Minggu & hari libur nasional, 12.00 – 15.45 dan 16.45 – 18.00
Senin – Jumat: ditutup
Bugis Setiap hari, 10:00 hingga 21:00
bandara Changi Setiap hari: 8.00 – 21.00 (Terminal 2)
Kios STP otomatis tersedia 24 jam (Terminal 2 & 3)
Pecinan Setiap hari, 8:00 – 12:30 siang, 1:00 siang – 4:00 sore, 5:00 sore – 9:00 malam
Balai Kota Setiap hari, 9:00 – 21:00
Farrer Park Setiap hari, jam 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
HarbourFront Setiap hari, 8:00 – 16:00, 17:00 – 21:00
Jurong Timur Setiap hari, jam 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
Kranji Jumat – Sabtu: 12.00 – 15:45, 16:45 – 19.30
Senin – Kamis & hari libur nasional: ditutup
Lavender Setiap hari, jam 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
Hari libur nasional: ditutup
Kebun Setiap hari, 8.00 – 21.00
Tempat Raffles Senin – Jumat: 8.00 – 21.00
Sabtu: 8:00 – 17:00
Minggu & hari libur nasional: tutup
Somerset Setiap hari, 10:00 – 14:00, 15:00 – 18:00
Hari libur nasional: ditutup
Pagar tanjong Senin – Jumat, 12.00 – 15:45, 16:45 – 19.30
Sabtu: 12.00 – 15:45, 16:45 – 18:00
Minggu & hari libur nasional: tutup
Hutan Setiap hari, 8.00 – 21.00

Sumber: Singapore Tourist Pass

Selain menjadi tempat untuk membeli STP, 8 melawan opsi itu juga merupakan tempat untuk bertukar STP dan mengambil setoran $ 10 Anda. Jika Anda terlambat melakukan pertukaran yang baik mulai dari satu hari, maka deposit Anda tidak akan dikembalikan alias hangus. Sayang sekali, jadi sebelum pulang, Anda harus memperhatikan pertukaran STP Anda di melawan stasiun tersedia ya.

Baca juga: Mengenal Singapore Tourist Pass (STP) dan Cara menggunakannya

EZ Link

Kredit gambar: @wiltan

EZ Link adalah jenis formulir kartu uang elektronik yang biasanya kita gunakan pada transportasi umum di Indonesia, tetapi dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Perbedaan yang mencolok dari EZ Link adalah periode penggunaan dan harga. Untuk periode penggunaan, EZ Link dapat digunakan dengan jangka waktu hingga 5 tahun yang berarti Anda dapat menyimpan dan menggunakannya lagi ketika kembali ke Singapura.

Sedangkan untuk harga, EZ Link akan dikenakan biaya sesuai dengan jarak yang ditempuh. Semakin jauh perjalanan, tentu biayanya akan semakin besar. Sekilas mungkin terdengar rumit, tetapi Anda dapat menggunakannya dengan mengisi saldo, kemudian mengisi ulang jika kartu telah mencapai saldo minimum kurang dari $ 3.

Untuk mendapatkan EZ Link juga bisa dibilang lebih mudah dari STP untuk setiap Stasiun MRT, terminal bus, dan toko 7-Eleven menyediakan EZ Link. Jika Anda membeli di stasiun MRT, maka kunjungi saja bagian tersebut tempat penjualan karcis, kemudian beli EZ Link seharga $ 12 yang terdiri dari saldo penggunaan $ 7 dan saldo $ 5 untuk biaya kartu.

Durasi penggunaan Biaya penggunaan Biaya setoran Total biaya
Hingga 5 tahun 7 SGD 5 SGD 12 SGD

Harap dicatat bahwa biaya $ 5 ini tidak dapat dikembalikan. Untuk pengguna EZ Link, Anda dapat menyimpannya dan menggunakannya lagi kapan saja selama 5 tahun, atau mengambil perubahan yang tersisa di konter sebelum mengakhiri perjalanan Anda di Singapura. Misalnya, sementara di Singapura Anda hanya menghabiskan $ 3, maka sisa $ 4 dari total saldo $ 7 Anda dapat menerima dengan syarat kartu akan kembali ke stasiun yang dipilih dan biaya kartu $ 5 akan hangus.

Lalu, bagaimana jika kita akan melanjutkan perjalanan tetapi sisanya kurang dari $ 3? Maka disarankan agar Anda mengisi ulang di mesin tiket atau 7 Eleven dengan minimal $ 10. Ingat, meskipun besar, Anda masih bisa mendapatkan sisa uang yang tersisa!

EZ Link ini direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Singapura dalam jangka panjang atau jangka pendek tetapi tidak akan menggunakan terlalu banyak transportasi umum. Tidak hanya itu, bagi Anda yang akan kembali ke Singapura dalam 5 tahun, maka Anda dapat menyimpan EZ Link dan menggunakannya lagi.

catatan: Meskipun kartu ini berlaku hingga 5 tahun, namun EZ Link akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1 SGD per bulan. Untuk menghemat biaya, jika Anda masih memiliki banyak saldo di EZ Link, Anda harus memproses pengembalian uang atau mengembalikan kartu sebelum meninggalkan Singapura.

Periode penggunaan Menggunakan Pembayaran Beli stasiun
Singapore Tourist Pass (STP) 1-3 hari MRT, LRT, dan bus (kecuali Fast Forward, NightRider, Night Owl, Layanan Ekspres, Chinatown Direct, bus premium, dll.) Bayar di awal, lalu gunakan tanpa batas Stasiun tertentu
EZ Link Hingga 5 tahun MRT, LRT, bus, taksi, makan di restoran, berbelanja, naik monorel ke Pulau Sentosa, dan lainnya. Biaya didasarkan pada jarak tempuh Semua stasiun, terminal bus, dan toko 7-Eleven

Baca juga: Panduan dan Cara Menggunakan EZ Link untuk Liburan Anggaran di Singapura

Jadi, sudahkah Anda memahami perbedaan antara STP dan EZ Link? Kedua jenis kartu masing-masing memiliki kelebihan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Kemudian untuk penggunaan yang lebih efisien, STP akan lebih efisien digunakan untuk wisatawan dengan jangka waktu satu hingga tiga hari dengan banyak tujuan. Sementara EZ Link akan lebih efisien digunakan untuk Anda yang akan berlibur dalam waktu singkat atau lama dan dengan menggunakan transportasi umum yang tidak terlalu banyak.

Ingat, jika Anda ingin memilih STP atau EZ, tautan semua akan kembali sesuai dengan kebutuhan Anda! Yang terbaik adalah menghitung sendiri berapa kali Anda akan menggunakan transportasi umum sehingga Anda akan melihat mana yang lebih ekonomis untuk Anda pilih.

Post Singapore Tourist Pass (STP) atau EZ Link, mana yang lebih efisien? muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *