Arab Saudi menunjukkan keseriusan menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor utama untuk mengangkat perekonomian negara selain dari sektor minyak. Buktinya, mulai awal 2021, pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan menerbitkan visa turis.

Menteri Pariwisata Kerajaan Arab Saudi, Ahmed al-Khateeb mengungkapkan kepada Reuters, bahwa rencana menerbitkan visa turis pada awal tahun 2021 masih bertahan.

“Jika segala sesuatunya sudah lebih baik, atau ada perkembangan positif terjadi terkait dengan vaksin (untuk Covid-19), kami mungkin akan mempercepat dan sudah bisa meluncurkannya (program visa turis) lebih awal,” tandasnya dalam wawancara secara virtual.

Pariwisata memang menjadi salah satu program peningkatan ekonomi yang digalakkan Pangeran Arab Saudi Mohammad bin Salman, untuk mengurangi ketergantungan pada sektor minyak sebagai pendapatan negara. Harapannya, sektor pariwisata bisa memberikan kontribusi setidaknya 10 persen dari pendapatan kotor domestik pada 2030.

Pemberian visa turis untuk warga negara asing ini sudah diluncurkan Kerajaan Arab Saudi sejak September 2019 untuk 49 negara. Namun pada akhir Februari, pemberian visa turis dihentikan dan perbatasan ditutup sebagian untuk setidaknya 25 negara sebelum akhirnya tutup total pada bulan Maret, menyusul mewabahnya pandemi Covid-19 di seluruh negara di belahan dunia.

Khateeb mengungkapkan, sebagaimana negara lain di dunia, sektor pariwisata di Arab Saudi juga mendapat hantaman keras karena pandemi ini dan mengalami penurunan pendapatan antara 35 dan 45 persen pada akhir tahun. Namun ada peningkatan yang cukup baik dari kunjungan wisata domestik hingga 30 persen.

Dengan kembali dibukanya pengajuan visa turis pada awal tahun 2021 mendatang, pemerintah Arab Saudi berharap sektor pariwisata bisa kembali bangkit.

Adapun Arab Saudi melaporkan telah terjadi 332,790 kasus positif Covid-19 dan 4,655 meninggal dunia. Namun jumlah kasus menunjukkan penurunan dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Paket Roaming Internasional Yang Bisa Dipilih Sebelum Ke Luar Negeri

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia. Ayo bergabung!

The post Sempat Dihentikan, Visa Turis Arab Saudi Diterbitkan Lagi Mulai 2021 appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin