Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar Karanganyar? Tawangmangu, Gunung Lawu atau Astana Giribangun bisa jadi hal pertama yang terlintas di kepala Anda. Lumayan lah karena kepopuleran Karanganyar sebagai kabupaten tidak setenar Solo. Padahal, jika berbicara tentang tempat wisata, Karanganyar memiliki destinasi yang jauh lebih menarik untuk dikunjungi.

Karanganyar memang identik dengan udara yang sejuk dan kuliner yang nikmat. Tempat wisata di Karanganyar juga menonjolkan keindahan alamnya. Jika Anda jeli, ada banyak tempat instagramable yang berada di sebuah kecamatan di lereng Gunung Lawu.

Dibawah ini, TripZilla Indonesia merekomendasikan beberapa tempat wisata terkenal untuk anda kunjungi di karanganyar. Siapkan pakaian yang nyaman dan kamera untuk mengabadikan perjalananmu, ya!

1. Grojogan Sewu yang terkenal dengan keindahannya

Grojogan Sewu
Kredit gambar: @ roes.lim

Grojogan atau air terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu. Anda perlu memiringkan kepala untuk menikmatinya karena Grojogan Sewu tingginya sekitar 81 meter. Pemandangan di sekitarnya sangat indah dengan tumpukan batu yang besar dan debit air yang deras, bahkan di musim kemarau.

Anda juga akan bertemu monyet dalam perjalanan menuju air terjun. Setelah sampai, duduk santai saja sambil menghirup udara segar dari air, dijamin bisa menghilangkan perasaan bingung!

Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 15.000

2. Bergerak sedikit dan temukan keindahan lain di Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
Kredit gambar: @ihsanudn

Air Terjun Jumog letaknya tidak jauh dari Grojogan Sewu. Keindahan air terjun ini didukung dengan akses yang mudah karena terdapat tempat parkir dan terhubung dengan berjalan kaki tidak terlalu jauh. Anda bisa mengajak keluarga Anda dan bermain air.

Air sejuk dan jernih di kolam memang menggoda, tetapi berhati-hatilah agar tidak terpeleset. Di kawasan Air Terjun Jumog juga banyak terdapat penjual makanan yang berdagang di tepian sungai sehingga bisa mengisi perut sambil mendengar gemericik air yang menenangkan.

Alamat: Berjo, Gandu, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

3. Menikmati dua kesegaran sekaligus di Air Terjun Sedinding Sewawar

Air Terjun Sewawar Sedinding Tempat wisata Karanganyar
Kredit gambar: rentawarsedinding

Kedua air terjun ini letaknya berdekatan, yaitu Air Terjun Sewawar dan Air Terjun Sedinding. Air Terjun Sewawar lebih dekat dengan pintu masuk sehingga Anda akan menemukannya lebih dulu. Curahan air terjun yang pecah di bebatuan membentuk saluran air yang unik. Kalau puas nonton sambil ngemil di warung jangan berpuas diri dan langsung pulang! Jalan kaki lagi melewati medan yang agak terjal dan Anda bisa melihat Air Terjun Sedinding. Kolam yang kehijauan tidak terlalu dalam dan asyik untuk berenang, lho!

Alamat: Jalan Trengguli, Jenawi, Sekarang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

4. Lihat warna pedesaan yang menenangkan di Telaga Madirda

Danau Madirda, Tempat Wisata di Karanganyar
Kredit gambar: panjibullshark

Meski hanya sebuah danau, jangan remehkan keindahannya. Nama Madirda sendiri berarti memabukkan dan panoramanya memang bisa membuat orang “mabuk” karena keindahannya. Permukaan air yang tenang, pepohonan di pinggir danau dan latar perbukitan yang hijau bisa membuat Anda lupa waktu. Pilih saja bagaimana Anda menikmatinya, duduk saja atau membawanya tempat tidur gantung, semuanya sama-sama menyenangkan. Kamu juga bisa berkemah di pinggir danau jika tak ingin melewatkan momen sunrise atau sunset yang bikin pemandangan makin indah.

Alamat: Kawasan Sawah, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

5. Berjalan menyusuri makam megah di Astana Giribangun

Astana Giribangun
Kredit gambar: ramboramaa

Astana Giribangun merupakan makam mantan Presiden Republik Indonesia HM Soeharto dan Siti Hartinah atau yang lebih dikenal dengan Ibu Tien. Anda bisa mampir hanya untuk melihat-lihat atau berziarah. Dekorasi tradisional bangunannya menarik untuk dilihat. Selain itu, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah juga menjadi bonus saat berkunjung ke makam ini.

Alamat: Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Gratis

6. Perkebunan Teh Kemuning yang cocok untuk bersantai atau bersenang-senang

Kebun Teh Kemuning, Tempat wisata Karanganyar
Kredit gambar: Wikimedia

Jika ingin meregangkan kaki dengan jalan santai, Perkebunan Teh Kemuning ini bisa menjadi destinasi yang tepat untuk Anda. Hamparan hijau tanaman teh akan membuat mata Anda segar kembali. Namun jika ingin yang lebih seru bisa mencoba berbagai wahana seperti paralayang, outbound atau pipa sungai.

Kredit gambar: @pradipta_asti_pratiwi

Selain jalan minum teh, kamu juga bisa menjelajahi taman sejuk di kebun teh Ngargoyoso, Karanganyar, lho! Selain itu, ada Taman Bintang Kemuning yang penuh dengan wahana selfie, lengkap dengan gardu pandang dan pemandangan alam yang instagenik. Ada persewaan mobil jeep untuk membuat perjalanan Anda terasa lebih penuh petualangan. Rumah Teh Ndoro Donker yang berada di dekat Perkebunan Teh Kemuning juga merupakan tempat populer yang menawarkan seduhan daun teh segar untuk Anda nikmati.

Alamat: Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 04.30 – 18.30 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 15.000

7. Menikmati persawahan sebelum sampai di Air Terjun Jurang Jero

Air Terjun Tebing Jero Tempat Wisata Karanganyar
Kredit gambar: aryajakasatria

Sebelum sampai di Air Terjun Jurang Jero, Anda akan disuguhi pemandangan indah persawahan dan pohon durian. Perjalanan yang cukup jauh tidak terasa karena pemandangan yang terlihat di mata tidak membosankan. Kemudian Anda akan melintasi jembatan kecil sebelum sampai di air terjun bertingkat ini. Kondisi tempat wisata yang masih alami dan cukup sepi meski berada di belakang kawasan pemukiman akan membuat Anda rileks. Sederhana tapi mengesankan!

Alamat: Gerdu, Karangpandan, Kalongan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Gratis

8. Berpose di spot-spot instagramable di The Lawu Park

Taman Lawu
Kredit gambar: berliandewirs

Berbagai hiburan menanti Anda di The Lawu Park. Anda dapat memilih apakah Anda ingin pergi berpetualang dengan jeep, jejak, ATV, mainkan berbagai wahana outbound atau jam tangan Bioskop 3D. Bayangkan asyiknya bermain di udara yang sejuk dan Gunung Lawu sebagai backgroundnya. Tak perlu khawatir jika lelah bermain tapi malas pulang karena di The Lawu Park juga menyediakan penginapan, mulai dari camping hingga glamping. Lengkap banget kan?

Alamat: Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 07.30 – 22.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 15.000

9. Berjalan menanjak ke Candi Cetho yang megah

Kuil Cetho
Kredit gambar: @ erwindimas09

Candi Cetho terletak di Dusun Cetho dan dalam perjalanan menuju candi ini anda bisa melihat pegunungan di sekitarnya. Ada Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu yang bisa bikin kamu berdecak kagum.

Candi Cetho
Kredit gambar: @erdahu

Setibanya di kuil, Anda dapat menjelajahi struktur unik bangunannya. Ada anak tangga yang awalnya berjumlah 14 anak tangga, tetapi hanya 9 yang dipulihkan. Dalam proses pemugaran candi Hindu ini, benda-benda tambahan seperti gerbang dan arca besar juga dibangun. Meski tidak orisinal, tetap asik dipandang dan menjadi backdrop untuk foto-foto kamu.

Alamat: Ceto, RT.01 / RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

10. Menelusuri sejarah masa lalu di Candi Sukuh

Candi Sukuh
Kredit gambar: @ling_noiy

Menurut perkiraan para ahli, Candi Sukuh didirikan pada akhir abad ke-15 Masehi. Terdiri dari tiga teras bertingkat, ada anggapan tujuan dibangunnya Candi Sukuh untuk meruwat. Ada halaman dan gerbang dengan banyak patung dan relief bersejarah. Jika Anda datang pada siang hari, Anda bisa menemukan kabut yang turun di area pura. Singkatnya, jika Anda menyukai wisata budaya, Candi Sukuh ini wajib dikunjungi!

Alamat: Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp3.000

11. Mendaki dan melihat pemandangan dari ketinggian Gunung Lawu

Gunung Lawu
Kredit gambar: Wikimedia

Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl ini terkenal sangat indah. Ada empat jalur pendakian yang dibuka yakni melalui Cemoro Kandang, Candi Cetho di Jawa Tengah atau Cemoro Sewu dan Singolangu di Jawa Timur. Dalam perjalanan menuju puncak, Anda bisa menemukan Warung Mbok Yem yang terkenal karena dianggap sebagai warung tertinggi di Indonesia. Unik, bukan?

Setelah mengenyangkan perut di Warung Mbok Yem, Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga mencapai tiga puncaknya, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan yang tertinggi adalah Hargo Dumilah. Sepanjang perjalanan naik atau turun gunung, Anda akan terpesona dengan keindahan lereng gunung yang indah. Nggak bakalan dilupakan, deh!

Alamat: Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari Rp 20.000

12. Bukit Paralayang Ngargoyoso yang membuat anda serasa mengambang

Tempat wisata karanganyar
Kredit gambar: @kijanglawu (kiri bawah) @setyo_rizky (kiri atas) dan @lubisjilani

Bukit ini akan semakin mantap jika dikunjungi pada sore atau menjelang matahari terbenam. Udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan kota Karanganyar dari ketinggian akan memukau Anda jika dipadukan dengan sensasi langit senja.

Sesuai dengan namanya, Bukit Paralayang Ngargoyoso digunakan untuk olahraga paralayang. Selain itu juga disediakan fasilitas camping yang akan membuat anda puas menikmati waktu santai anda disini. Akses menuju bukit dengan ketinggian 1.300 mdpl ini mudah dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. Asyik banget jadi tempat nongkrong bareng keluarga!

Alamat: Segorogunung, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari Rp3.000

13. Berendam di Tubing Goasari Ngargoyoso

Tempat wisata karanganyar
Kredit gambar: Resto & River Tubing

Nah, jika Anda ingin bersenang-senang di sungai, pipa sungai Anda dapat mencoba ini di Resto & River Tubing, Anda bisa mendapatkan paket untuk pipa berkisar dari 500 meter sampai 3 kilometer, dokumentasi dan makan jajanan. Aliran sungai yang cukup deras membuat Anda berdebar-debar sehingga Anda mungkin tidak menyadari bahwa itu adalah sebuah perjalanan pipa sudah selesai. Dapatkan geng Anda untuk mencoba pipa sungai dan mungkin Anda akan mengingat pengalaman ini!

Alamat: Jl. Ngranten Wetan RT. 04, Puntuk, Puntukrejo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Senin – Sabtu 08.30 – 17.00 WIB, Minggu 08.30 – 21.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 60.000

14. Gunung Mongkrang yang bikin kamu kurus mendaki

Gunung Mongkrang | Tempat wisata karanganyar
Kredit gambar: dvandii_

Ingin melihat perbukitan hijau dan suasana dari ketinggian tapi tidak ingin terlalu lelah? Atau belum pernah mendaki begitu takut gagal mencapai puncak? Jika ini yang Anda pikirkan, maka Anda harus mencoba datang ke Gunung Mongkrang. Berada di ketinggian 2.194 mdpl, Gunung Mongkrang bersahabat dengan pendaki karena medannya yang jernih dan mudah. Jika ingin mendaki sedikit saja, Anda bisa menemukan puncak pertama yaitu Bukit Candi I dan II. Tapi ini bukan puncak yang sebenarnya. Untuk sampai di puncak Gunung Mongkrang, Anda perlu mendaki lebih jauh dan akan memakan waktu antara 2-3 jam dari titik awal pendakian. Pilih yang mana?

Alamat: Desa Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam

15. Keliling Cari Spot Instagramable di Taman Hutan Raya Mangkunagoro

Tempat wisata karanganyar
Kredit gambar: suryomulyo6

Dari gapura tersebut, tampilan Taman Hutan Raya alias Tahura menjanjikan rimbunnya pepohonan dan udara segar yang melimpah. Jika ingin berfoto dengan nuansa alam, datang saja ke Tahura Mangkunagoro! Selain sebagai tempat rekreasi dan pariwisata di Karanganyar, Tahura juga menjadi tempat penelitian.

Bosan dengan pohon? Memasuki Tahura, Anda juga akan menemukan mata air atau mata air bernama Sendang Raja, Air Terjun Parang Ijo, Gua Angin dan Gua Jepang. Wisata alam lengkap di satu tempat ada di sini. Tahura Mangkunagoro juga merupakan tempat yang baik untuk berwisata bersama keluarga karena dilengkapi dengan arena bermain anak dan bumi perkemahan juga, kamu tahu!

Alamat: Dusun Sukuh, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp3.000

16. Bermain di Taman Tenggir yang dikelilingi hutan pinus

Taman Tenggir merupakan taman hiburan yang memiliki banyak spot foto dan wahana. Ada taman bunga, rumah honai dan layang-layang yang akan membuat Anda bersemangat tetapi bersenang-senang.

Kredit gambar: @jojomanifesto

Di rumah honai ini anda juga bisa menyewa kostum dan aksesoris khas Papua untuk berfoto-foto agar hasil foto anda semakin unik. Taman Tenggir yang berada di ketinggian ini terkadang diselimuti kabut yang bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Tempat wisata karanganyar
Kredit gambar: @ suryomulyo6

Alamat: Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

17. Bukit Sekipan meriah dengan berbagai miniatur

Bukit Sekipan | Tempat wisata karanganyar
Kredit gambar: Bukit Sekipan

Bagi penggemar spot foto miniatur, Bukit Sekipan sudah menanti untuk dikunjungi. Terdapat banyak miniatur di dalamnya dan akan membuat Anda bingung memilih. Ada kapal pesiar yang bisa kamu naiki, miniatur rumah bergaya Belanda, menara Pisa, menara Eiffel dan masih banyak lagi. Beragam permainan yang bisa Anda coba, di antaranya mini coaster, kora-kora, kursi terbang dan lain-lain. Ada juga penginapan mulai dari tipe ruangan kecil untuk vila jika Anda ingin bersenang-senang dengan keluarga besar Anda.

Alamat: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 50.000

18. Angin sepoi-sepoi akan meniup Anda di Lembah Sumilir

Tempat wisata karanganyar
Kredit gambar: maybeth.lie

Lembah Sumilir ini punya ikon Rumah Hobbit dan Taman Teletubbies yang menarik untuk dijadikan spot selfie. Untuk berfoto di salah satu balkon, Anda akan menaiki tangga dengan tanaman hijau subur dan bunga di kiri dan kanan Anda. Bahkan di hari yang panas, suasana di salah satu tempat wisata tersebut hits di karanganyar masih terasa teduh dan sejuk. Fasilitas tempat tidur gantung tersedia jika anda ingin bersantai sejenak disini. Setelah puas berfoto, anda bisa mencoba wahana ATV, panahan, outbound sampai ke kolam renang. Hubungi juga pengelola Lembah Sumilir jika tertarik berkemah di bumi perkemahan yang ada.

Alamat: Dsn. Milir Desa, RT.01 / RW.14, Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

19. Menambah ilmu pada Essential House yang menarik

Kredit gambar: Rumah Esensial Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia menawarkan wisata edukasi yang unik di sekitar Minyak esensial. Tur tersedia misalnya tur taman aromatik, melihat museum Minyak esensial, ikuti bengkel ilmiah dan makan di restoran dengan cita rasa esensial. Tempat seluas 23.660 meter persegi ini sangat nyaman dan tertata rapi sehingga dijamin kamu betah berlama-lama menghirup aroma di sini. Jika ingin membawa wewangian sebagai oleh-oleh, bisa juga berkunjung toko barang dagangan ke sana sebelum pulang.

Alamat: Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 50.000

20. Berpose di pesawat dan helikopter dengan gaya Edupark Aerospace Park

Tempat wisata karanganyar
Kredit gambar: tria_aja17

Taman ini juga dikenal dengan nama Edupark Intan Pari Karanganyar dan di dalamnya Anda bisa menemukan pesawat dan helikopter. Selain memotret dari luar, Anda juga bisa masuk ke dalam. Pesawat yang ada ini unik karena diberi nama Lawu Air Karanganyar. Tak hanya berfoto, kamu juga bisa berenang di sini untuk mengisi waktu luang. Pilih waktu yang tepat agar Anda bisa mendapatkan latar belakang yang keren untuk foto Anda!

Alamat: Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 06.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 7.000 Rupiah

21. Jelajahi bukit yang penuh dengan bunga sakura di Sakura Hills, Tawangmangu

Kredit gambar: Sakura Hills Tawangmangu

Satu lagi tempat wisata ala Jepang di Indonesia yang bisa kamu kunjungi yaitu Sakura Hills di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Destinasi ini baru diresmikan pada Desember 2019 dengan menghadirkan wisata bertema Jepang. Mengusung konsep ala Jepang, pengunjung akan melihat banyak sekali bangunan khas Negeri Matahari Terbit yang dipamerkan, serta pohon sakura dan bunga, serta persewaan baju kimono. Anda juga dapat bertindak seperti ninja di Ninja Squad Outbound. Cosplay dengan pakaian samurai Jepang juga tersedia. Dijamin keren, lho!

Lokasi: Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 30.000 IDR per orang

Baca juga: 24 Destinasi Wisata di Solo dan Sekitarnya Yang Bisa Bikin Lupa Jogja

Karanganyar memang salah satu yang serba guna, dengan modal keindahan alamnya, banyak sekali potensi dan daya tarik wisata yang bisa digali. Jangan lupa jelajahi semua tempat wisata jika berada di karanganyar ya!

Pos Satu Jam dari Solo Tempat wisata di Karanganyar ini keren dan wajib dikunjungi, muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin