Harga tiket pesawat bakal naik dalam periode tertentu setelah pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi memberikan izin maskapai penerbangan untuk melakukan penyesuaian tarif di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi, Ridwan Djamaluddin, dalam jumpa pers virtual di Jakarta, mempersilahkan pihak maskapai memanfaatkan peluang menaikkan harga tiket pesawat sesuai ketentuan tarif batas atas.

“Saat ini harga batas itu belum dimanfaatkan,” ujarnya seperti dikutip Antaranews.

Dalam penjelasannya, diberikannya izin kepada pihak maskapai untuk menaikkan harga tiket pesawat dan menyesuaikan dengan tarif batas atas agar perusahaan bisa tetap bertahan di masa pandemi Covid-19. Apalagi kondisi ekonomi saat ini dalam situasi yang kurang menggembirakan dan masuk kondisi darurat, di mana maskapai harus bertahan di tengah penurunan penumpang. Apalagi maskapai juga diwajibkan memenuhi aturan pemebatasan kapasitas angkut penumpang pesawat yang ditetapkan pemerintah, yaitu hanya 70 persen dari kapasitas total pesawat.

Adapun aturan terkait tarif batas atas tercantum dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 88 Tahun 2020 tentang Penetapan Sementara Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri Selama Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa kenaikan tarif paling sedikit 50 persen dari tarif batas atas sesuai kelompok pelayanan yang ditetapkan.

Fenomena harga tiket pesawat naik bukanlah hal yang baru. Angkutan umum lainnya, seperti bus antarkota juga mengalami kenaikan karena adanya aturan pembatasan jumlah penumpang.

Naiknya harga tiket pesawat ini juga menambah beban tersendiri bagi calon penumpang mengingat mereka masih harus mengeluarkan biaya untuk mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19 agar bisa diizinkan terbang. Adapun biaya pembuatan surat keterangan bebas Covid-19 mulai dari 450,000 IDR untuk Rapid Test dan 1,500,000 IDR untuk Polymerase Chain Reaction (PCR), tergantung fasilitas kesehatan yang melakukan tes.

Baca juga: Kompensasi Pesawat Delay, Inilah Hak Calon Penumpang

Mendengar kabar tiket pesawat bakal naik di tengah kondisi yang serba sulit ini, sepertinya peribahasa “sudah jatuh, tertimpa tangga pula” tepat menggambarkan situasi yang harus dihadapi traveller, betul tidak?

The post Peringatan Buat Traveler, Harga Tiket Pesawat Bakal Naik! appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *