Pemerintah Australia telah membuat visa baru untuk warga negara asing yang belum dapat meninggalkan negara mereka selama krisis yang disebabkan oleh pandemi virus corona Covid-19.

Seperti diproklamirkan Surat harian, Pada Kamis (9/4), Pemerintah Federal Australia mengatakan, penerbitan Visa Khusus Virus Pandemi Virus Corona Covid-19 diharapkan dapat membantu menutupi kekurangan pekerja di industri yang terkena dampak krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Australia Covid visa-19
Untuk mendapatkan visa khusus ini, pemohon harus memiliki kemampuan untuk bekerja di bidang pertanian

Bagi warga negara non-Australia yang belum dapat kembali ke negara masing-masing karena kuncian internasional, termasuk mereka yang memiliki visa dengan masa berlaku kurang dari 28 hari, dapat mengajukan permohonan visa Covid-19 ini, atau yang secara resmi disebut untuk 408 subclass visa. Namun, untuk bisa mendapatkan visa ini, pemohon harus menunjukkan kemampuannya untuk dapat bekerja di bidang kesehatan masyarakat, layanan anak-anak, layanan lansia, dan pertanian.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri menjelaskan SBSVisa Covid-19 juga dapat diperoleh oleh warga negara asing yang bekerja saat berlibur di sektor-sektor penting dan bagi mereka yang tidak lagi diizinkan untuk mendapatkan visa liburan kerja. Selain itu, pemegang visa sementara yang tinggal di Australia, dan pemegang visa yang masa berlakunya akan segera berakhir dan tidak dapat kembali ke kenagar atau mengajukan visa lain, diizinkan untuk mengajukan visa Covid-19 dalam upaya untuk bertahan hidup di Australia tanpa melanggar aturan

"Kementerian Dalam Negeri akan mempertimbangkan setiap aplikasi berdasarkan kasus per kasus, melihat situasi dan kondisi masing-masing negara pemohon," sebuah pernyataan dari juru bicara Kementerian Dalam Negeri mengatakan.

Selain pertanian, pelamar juga harus memiliki keterampilan untuk bekerja di sektor kesehatan, layanan anak-anak, orang tua dan orang cacat.

Selain itu, pelamar bisa mendapatkan visa Covid-19 tanpa harus membayar biaya, asalkan ada sejumlah batasan dan aturan yang harus dipatuhi.

"Hak-hak kerja akan dibatasi untuk pelamar yang aplikasi Covid-19 visanya disetujui dengan tujuan memungkinkan mereka hanya bekerja di daerah-daerah di mana tenaga kerja paling dibutuhkan, seperti pertanian, kesehatan, layanan lansia dan disabilitas dan layanan anak-anak , "mereka menjelaskan.

Baca juga: Visa Libur Bekerja Australia, Ketentuan Perpanjangan Sederhana

Bagi mereka yang berada di Australia dan belum dapat kembali ke Indonesia, dengan masa berlakunya visa akan berakhir, mengajukan visa Covid-19 dapat menjadi jalan keluar untuk dapat tetap secara legal di Negara Kanguru.

Jabatan Pemerintah Australia Memperkenalkan Visa Khusus Covid-19 muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin