Satu lagi negara memberikan layanan bebas visa untuk pemegang paspor atau warga negara Indonesia, yaitu Pemerintah Suriname. Layanan bebas visa dari Pemerintah Suriname secara resmi berlaku sejak 1 September 2020.

Dari sejumlah informasi yang dikumpulkan Tripzilla Indonesia dari berbagai sumber, fasilitas bebas visa tersebut sebagai bentuk kesepakatan antara Pemerintah Suriname dan Pemerintah Republik Indonesia. Kesepakatan bebas visa kedua negara ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Indonesia dan Menteri Luar Negeri Suriname pada mei 2019.

Kepastian pemberian fasilitas bebas visa dari Pemerintah Suriname juga dikonfirmasi oleh KBRI Paramaribo, di mana warga negara Indonesia yang memiliki paspor diplomatik, paspor dinas dan paspor biasa dengan masa berlaku minimal enam bulan, dapat masuk, keluar, transit atau tinggal tanpa visa di Suriname dengan periode tinggal tidak lebih dari 30 hari.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, pemegang paspor Suriname juga memiliki keistimewaan untuk berada di Indonesia tanpa harus mengurus visa, dengan catatan masa tinggal tidak lebih dari 30 hari.

Dari kesepakatan yang dijalin, diharapkan kedua negara bisa meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi, termasuk meningkatkan hubungan bilateral di bidang budaya dan sektor lain dengan strategi yang kreatif dan inovatif.

Suriname merupakan negara kecil di pesisir timur laut Amerika Selatan dengan ibu kotanya adalah Paramarino. Ada kedekatan historis antara warga Suriname dan penduduk asal Jawa, mengingat bahasa yang digunakan di negara tersebut adalah bahasa Jawa.

Suriname juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Zeelandia, yaitu benteng yang dibangun pada tahun 1600-an, yang berada di bukit dengan pemandangan Sungai Suriname yang indah.

Ada juga gunung Tafelberg, yang memiliki hutan hujan yang menakjubkan. Brownsberg Nature Park, Waduk Brokopondo, Cagar Alam Central Suriname dan Independence Square adalah sejumlah tempat wisata menarik lainnya yang wajib dikunjungi bila kamu berencana liburan ke Suriname.

Baca juga: Itinerary Wisata Belanda 5H4M: Panduan Destinasi Wisata, Kuliner Dan Akomodasi Yang Murah

Setelah pandemi berakhir, apakah kamu bakal mempertimbangkan untuk liburan ke Suriname?

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Preview Image credit: David Stanley

The post Pemegang Paspor Indonesia Kini Bebas Visa Ke Suriname appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin