Kabar gembira bagi pemegang paspor dari Indonesia. Daftar negara bebas visa bagi WNI tersebut ditambahkan setelah Kabinet Menteri Ukraina menyetujui draf kesepakatan bebas visa antar negara.

Draf perjanjian tersebut telah disetujui oleh kabinet Ukraina pada 18 November Ukrinform.

Dengan perjanjian bebas visa ini, WNI dapat melakukan perjalanan dan tinggal di Ukraina hingga 30 hari, begitu pula sebaliknya.

Ini meningkatkan kesepakatan visa antara kedua negara. Sebelum draf draf perjanjian baru, WNI harus mengajukan visa elektronik untuk masuk ke Ukraina. Sebaliknya, warga negara Ukraina dapat dengan bebas mengajukan visa dan tinggal di Indonesia hingga 30 hari.

Untuk mengajukan visa, warga negara yang ingin mengunjungi Ukraina harus mendaftar di platform MFA sini, serta mengisi formulir aplikasi online dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan, antara lain foto, paspor, asuransi kesehatan dengan nilai asuransi sebesar 30.000 Euro, rekening bank dengan jumlah yang mencukupi, dokumen pendukung kedatangan ke Ukraina dan lain-lain. Ada juga pembayaran e-visa sebesar 85 USD untuk dibayarkan secara online dengan fasilitas kartu kredit dari MasterCard / Visa.

Selain itu, semua pemrosesan aplikasi e-Visa ke Ukraina membutuhkan waktu sembilan hari. Jika aplikasi e-Visa ke Ukraina disetujui, atau tidak, pemberitahuan akan dikirim dalam format .pdf melalui surat elektronik. Jika aplikasi e-Visa ke Ukraina disetujui, visa tersebut berlaku selama 30 hari. Bukti e-Visa yang valid ini harus dicetak untuk ditunjukkan ke departemen imigrasi saat memasuki Ukraina.

Namun, belum ada informasi lebih lanjut kapan aturan bebas visa Ukraina untuk pemegang paspor Indonesia akan berlaku.

Baca juga: Mulai 1 Januari 2019, E-Visa ke Ukraina akan berlaku

Apakah Anda tertarik bepergian ke Ukraina untuk memaksimalkan fasilitas bebas visa ini?

Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Pemegang Paspor Indonesia Bebas Visa ke Ukraina muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin