Liburan tanpa belanja oleh-oleh rasanya ada yang kurang, ya kan? Apalagi kalau Bali menjadi destinasi wisata favoritmu, maka menjelajah ke pasar seni yang ada di Pulau Dewata adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan!

Bali sudah lama terkenal dengan keterampilan tangan penduduknya yang mampu menghasilkan benda-benda seni bernilai tinggi. Patung, perhiasan atau dekorasi rumah bernuansa etnik yang indah mudah kamu temukan di sini. Kamu juga dengan leluasa melihat dan menemukan banyak pedagang benda-benda seni.

Untuk mendapatkan barang yang menarik perhatian, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Jika pintar dalam menawar, bukan tidak mungkin barang yang terlihat mahal bisa diperoleh dengan harga terjangkau. Namun jangan lupa untuk selalu membandingkan dengan tempat-tempat lain agar kamu bisa memperoleh harga yang sesuai dengan anggaranmu.

Jika kamu tertarik menjelajah pasar seni yang ada di Bali, beberapa rekomendasi lokasi TripZilla ini dapat kamu jadikan referensi untuk berburu barang seni. Lihat daftarnya di bawah ini!

1. Berbaur dengan keramaian di Pasar Seni Kuta

Image credit: BarbicanMan

Terletak hanya lima menit dari Pantai Kuta yang terkenal, pasar seni ini pasti akan langsung tertangkap oleh matamu. Di siang hingga sore hari, banyak pedagang cinderamata yang mulai membuka lapaknya. Kamu dapat menemukan barang-barang seperti baju barong atau sarung dengan motif khas Bali yang cocok untuk oleh-oleh atau dipakai sendiri. Ada juga tas rotan atau lukisan karya penduduk setempat. Pandai-pandai menawar agar kamu bisa mendapatkan harga yang sesuai, ya!

Alamat: Jl. Melasti No.86, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka: Setiap hari 06.00 WITA – 23.00 WITA

2. Berbelanja dengan harga terjangkau di Pasar Seni Kumbasari

pasar seni di bali
Image credit: Wikimedia

Jika kamu menginap di daerah Denpasar, maka Pasar Seni Kumbasari adalah tempat yang tepat untuk kamu. Ragam barang yang dijual di pasar seni yang ada di Bali ini juga lengkap mulai dari gantungan kunci, pakaian, tas eceng gondok dan banyak lagi.

Image credit: Ya, sayainBaliTimur

Selain lengkap, pasar ini mempunyai dekorasi khas Bali yang cantik dipandang. Ada empat lantai yang bisa dijelajahi. Lantai dasar menjual bahan-bahan pokok, lantai dua menjual pakaian mulai dari pakaian adat hingga kain tenun, lantai tiga menjual lukisan hingga sepatu dan lantai empat menjual kerajinan tangan seperti pernak-pernik dari kerang. Memuaskan banget, kan?

Alamat: Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali
Jam Buka: Setiap hari 08.00 WITA – 17.00 WITA

3. Pasar Seni Guwang yang akan menambah pengalaman belanjamu di Sukawati

pasar seni di bali
Image credit: Rudy Herman

Pasar ini terletak dekat dengan Pasar Seni Sukawati namun tidak terlalu ramai, cocok jika kamu ingin berbelanja dengan lebih leluasa namun tetap bisa mendapatkan koleksi barang yang lengkap. Selain itu, bentuk pasar yang seperti huruf U akan memudahkanmu mengeksplorasi tiap sudut pasar. Tidak perlu takut juga kepanasan karena banyak pepohonan yang meneduhkan di sini.

Image credit: Rudy Herman

Tentunya kamu akan menemukan berbagai cinderamata menarik seperti pakaian, patung, tas maupun aksesoris di pasar ini. Jika kamu datang lebih pagi, maka peluangmu untuk memperoleh barang idaman dengan harga miring lebih besar. Soalnya pembeli pertama selalu dianggap penglaris sehingga penjual tidak segan memberikan harga yang murah. Bikin semangat bangun pagi, nih!

Alamat: Gg. Cemp. 2, Guwang, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap hari 09.00 WITA – 17.00 WITA

4. Merasakan suasana belanja di Pasar Seni Sukawati yang kondang

pasar seni di bali
Image credit: phuongkim1981

Siapa yang tidak kenal dengan Pasar Seni Sukawati? Pasar seni paling populer di Bali ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Diawali permintaan para seniman yang ingin dibuatkan tempat untuk menjual hasil karya mereka, seiring berjalannya waktu, lokasi itu menjadi permanen dan dikenal hingga saat ini sebagai Pasar Seni Sukawati.

Image credit: Wikimedia

Sangat banyak kios yang dibuka di dalam pasar ini dan kamu bisa membandingkan harga saat hendak berbelanja. Selain itu, kamu juga dapat membeli secara borongan agar diberi harga yang lebih murah. Beragam jenis cinderamata dari perhiasan berukuran kecil hingga dekorasi berukuran besar menanti untuk kamu pilih di sini.

Alamat: Jalan Raya Sukawati, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap hari 06.00 WITA – 18.00 WITA

5. Wisata belanja di Pasar Seni Ubud setelah menikmati keindahan alamnya

Image credit: VasenkaPhotography

Jika kamu pernah menonton film Eat, Pray, Love maka kamu akan merasa akrab dengan pasar ini. Pasar Seni Ubud memang menjadi salah satu lokasi syuting di film tersebut sehingga pamornya semakin meningkat. Ubud sendiri termasuk destinasi yang populer di Bali, jadi nggak heran kalau Pasar Seni Ubud biasanya ramai dipadati wisatawan.

Image credit: rikirisnandar

Saat di pasar ini, hati-hati kalap saat melihat aneka perhiasan khas Bali yang unik, aromaterapi atau tas rotan yang cantik terpampang di lapak-lapak. Selain itu, kain-kain Bali pun mudah ditemui di sini. Kualitas barang yang dijajakan juga bervariasi, mulai dari yang biasa hingga yang berkualitas tinggi. Tinggal pilih sesuai dengan anggaran yang kamu siapkan saja!

Alamat: Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap hari 04.00 WITA – 18.00 WITA

6. Semakin banyak pilihan untuk belanja di Wake Bali Art Market

Pasar seni di bali
Image credit: Richard Friedericks

Lokasi ini cukup nyaman untuk berbelanja aneka cinderamata dan berbagai barang yang dijual ditata dengan sangat rapi. Harga yang dipatok memang sedikit lebih tinggi dibandingkan pasar seni tradisional, tetapi sebanding dengan kenyamanan dan kelengkapan koleksi yang bisa kamu temui.

Image credit: Cory Doctorow

Letaknya yang berada di tengah Kuta membuat Wake Bali Art Market bisa jadi tujuan jika kamu nggak punya banyak waktu untuk berbelanja.  Atau kalau kamu sudah puas menjelajahi pasar tradisional, kamu bisa datang ke sini untuk membuat pengalaman wisata belanjamu lebih lengkap.

Alamat: Jl. Kartika Plaza No.9, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 00.00 WITA

 7. Belanja berbagai pilihan lukisan dari seniman lokal di Adipati Soeryo Art Gallery

Image credit: Adipati Soeryo Art Gallery

Kalau menyukai barang seni terutama lukisan, galeri ini perlu masuk ke dalam daftar kunjungan kamu. Pasalnya, Adipati Soeryo Art Gallery menjual berbagai lukisan yang sangat bernuansa Bali. Saat masuk ke dalam galerinya pun matamu akan dimanjakan dengan dekorasinya yang khas Bali. Galeri ini tampak cantik seperti museum dan kalau pun kamu tidak membeli lukisan, melihat penampilannya saja juga akan membuatmu terkesan.

Alamat: Jl. Raya Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 19.00 WITA

8. Bagi kamu yang menyukai kerajinan batu, kunjungi Rote Adhi Stone Carver

Image credit: Rote Adhi Stone Carver

Kamu senang dengan seni pahat batu atau berminat memiliki salah satunya? Kamu bisa datang ke Rote Adhi Stone Carver yang menyediakan banyak patung pahat berbahan batu alam. Mulai dari ukuran besar atau kecil, kamu bisa puas menjelajah berbagai pilihan yang ada di galerinya.

pasar seni di bali
Image credit: Rote Adhi Stone Carver

Pilihan batu yang dipahat mulai dari sand stones, lime stones, lava granite stones hingga perunggu menjelma menjadi patung-patung yang indah di sini. Memang kamu perlu mempertimbangkan proses pengiriman jika kamu akan membawanya keluar Bali, tapi kehandalan tangan perajin Bali memang tidak perlu diragukan lagi. Dijamin nggak menyesal deh!

Alamat: Banjar Seraya, Jl. Raya Singapadu, Singapadu, Sukawati, Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 17.00 WITA

9. Memborong kerajinan perak Bali yang terkenal di Prapen Jewelry and Artifacts

pasar seni di bali
Image credit: Prapen Jewelry & Artifacts

Desa Celuk memang sudah lama terkenal sebagai pusat kerajinan perak di Bali. Salah satu galeri yang menjual perhiasan perak adalah Prapen Jewelry and Artifacts. Nama Prapen sendiri diambil dari kata perapian, karena kerajinan perak ini dibuat dengan menggunakan perapian. Pemilik Prapen adalah anggota keluarga Pande Mas yang merupakan salah satu klan perajin tertua di Bali.

Image credit: Prapen Jewelry & Artifacts

Kamu bisa menemukan beragam motif yang unik dan keren di sini. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi dan semua motifnya terinspirasi dari ritual-ritual di Bali. Cocok banget untuk mempercantik penampilanmu atau dijadikan hadiah untuk orang terkasih!

Alamat: Jl. Jaga Raga No.66, Celuk, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 16.00 WITA

10. Nikmati belanja kain tradisional di Pasar Seni Semarapura Klungkung

Image credit: Website Resmi Pemerintah Kabupaten Klungkung

Bagi kamu yang senang mengoleksi atau memakai kain tradisional, Pasar Seni Semarapura merupakan tempat yang pas.  Di sini dijual beragam kain tradisional dari Kabupaten Klungkung seperti kain songket, kain endek hingga pakaian adat untuk sembahyang.

pasar seni di bali
Image credit: Facebook Pasar Seni Semarapura, Klungkung, Bali

Proses pembuatan kain songket dan kain endek yang dijual di pasar ini masih dikerjakan secara tradisional. Harganya agak lebih mahal tetapi ini wajar karena proses pembuatannya yang lebih sulit. Tempatnya cukup nyaman untuk berbelanja dan karena koleksinya yang lengkap, rencananya pasar ini akan dijadikan pusat kain endek di Bali lho!

Alamat: Jl. Diponegoro No.16, Semarapura Kelod Kangin, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WITA – 15.00 WITA

Baca juga: Itinerary Satu Hari Di Kuta Bali Untuk Wisata Tidak Terlupakan

Selain pasar di atas, masih banyak lagi tempat berbelanja barang seni yang tersebar di sepanjang jalan Bali dan nggak mungkin disebutkan satu persatu. Kalau kamu berbelanja barang tradisional, kamu juga akan membantu perekonomian masyarakat setempat lho! Tetapi jangan lupa untuk membawa uang tunai jika berbelanja ke pasar seni tradisional ya!

The post Pasar Seni Di Bali Yang Wajib Jadi Destinasi Belanja Kamu appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin