Apakah Anda tahu di mana menemukan pantai yang panjang dan indah di Indonesia? Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pantai yang menarik, salah satunya dapat Anda temukan di Pulau Lombok. Ada banyak pantai yang unik dan menarik, dari yang tersembunyi hingga yang mudah ditemukan. Semuanya sayang untuk dilewatkan!

Jika Anda merencanakan liburan untuk menikmati musim panas, Tripzilla merekomendasikan pantai di bawah ini untuk Anda. Selain mendapatkan suasana ceria bermandikan sinar matahari, mata Anda juga akan dimanjakan oleh panorama unik di sini. Mari kita lihat beberapa pantai di Lombok yang pantas untuk dimasukkan dalam rencana perjalanan wisata Anda!

1. Keindahan legendaris – Pantai Senggigi

pantai di lombok
Kredit gambar: @arimbyc

Pantai Senggigi adalah pantai yang sudah lama terkenal di Lombok. Pantai ini mudah dikunjungi dan lokasinya tidak jauh dari bandara internasional Lombok. Warna pasir dinilai dari hitam ke putih dan ombaknya tidak terlalu besar sehingga Anda bisa berenang di sini. Garis pantai yang panjang juga sering digunakan oleh para aktivis olahraga yang ingin berlari di pagi hari atau hanya berjalan santai.

Pantai di Lombok
Kredit gambar: @ aqilf01

Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh, Anda dapat menemukan banyak kios oleh-oleh di pantai. Anda juga dengan mudah menemukan berbagai penginapan yang menghadap ke pantai Senggigi. Sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi menatap langsung ke pantai ketika Anda bangun di pagi hari.

Lokasi: Barat Laut Mataram, Kabupaten Lombok Barat, NTB.
Harga tiket masuk: 15.000 IDR.

2. Pasir dengan karang yang semarak – Pantai Tangsi

pantai di lombok
Kredit gambar: @fefeawangsamad

Jika Anda melihat pantai ini, pasti Anda akan mengingat Pantai Pink di Labuan Bajo. Pantai Tangsi juga dikenal sebagai Pantai Merah Muda Lombok karena pasirnya yang mengandung karang sehingga terlihat berwarna-warni Merah Jambu.

Pantai di Lombok
Kredit gambar: @nauvalz

Pantai ini dinamai Pantai Tangsi karena pernah digunakan sebagai asrama atau tentara Jepang ketika mendarat di Lombok. Dengan latar belakang Gunung Rinjani, pantai ini sangat indah untuk dilihat. Pantai ini juga bisa menjadi tempat berkemah karena medannya yang datar. Bersiaplah untuk mengemas perlengkapan berkemah Anda untuk sensasi liburan yang unik di sini!

Lokasi: Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Harga tiket masuk: 10.000 IDR.

3. Mutiara tersembunyi – Pantai Telawas

Pantai di Lombok
Kredit gambar: @journeylaziza_

Lokasinya yang terpencil menjadikan pantai di Lombok ini cocok untuk Anda yang menginginkan suasana hening dan tenang. Laut yang sangat biru akan membuat kelelahan Anda lenyap dalam sekejap. Selain itu, jalan dan tebing di pantai terdiri dari batu karang yang unik. Jika Anda naik ke tebing, Anda bisa merasakan deburan ombak pecah di sana. Tapi ingat untuk selalu berhati-hati karena ombaknya cukup keras dan tidak ada penjaga pantai di sini!

Pantai di Lombok
Kredit gambar: @alhi_dzirin

Saat air pasang, batu-batu di pantai ini akan terbenam. Bentuk bebatuan di sini disebut mirip dengan batu kriptonit dalam film Superman. Tak heran banyak fotografer dan turis yang mengabadikan momen di tengah-tengah karang pantai instagramable ini.

Lokasi: Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 5.000 IDR (untuk sepeda motor) dan 10.000 IDR (untuk mobil).

4. Langkah kaki Anda ke sisi tebing megah – Pantai Semeti

pantai di lombok
Kredit gambar: @ dian_3

Tidak jauh dari Pantai Telawas, Anda akan menemukan Pantai Semeti yang juga berlimpah dengan bebatuan berbentuk unik. Pantai di Lombok dikelilingi oleh tebing, dan ketika air laut surut Anda dapat menemukan biota laut kecil yang memasuki celah tebing. Karena itu, pantai ini juga disebut pantai akuarium alami.

Kredit gambar: @lombokexcursions

Pantai Semeti adalah satu jalur dengan Pantai Mawi. Anda dapat membayar tiket masuk di lokasi yang sama dengan tiket masuk ke Pantai Mawi. Perjalanan yang tidak mudah untuk tiba di pantai ini, akan terbayar dengan pemandangan mempesona yang akan Anda dapatkan. Jika Anda ingin lebih puas menjelajahi pantai ini, bawalah alat snorkeling jadi kamu bisa mengamati kehidupan di bawah laut!

Lokasi: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 5.000 IDR (untuk sepeda motor) dan 10.000 IDR (untuk mobil).

5. Fenomena air terjun yang sejuk – Pantai Nambung

pantai di lombok
Kredit gambar: @halim_halilintar

Pantai Nambung sangat populer dengan fenomena air terjun. Air terjun ini terbentuk ketika ombaknya sangat keras dan airnya meluap ke puncak bebatuan dan turun ke laut. Rata-rata ombak di pantai ini besar sehingga sangat cocok jika Anda ingin berselancar. Selain itu, Anda juga bisa memancing di sini.

Kredit gambar: @stonelombok

Akses ke pantai ini cukup baik dengan jalan beraspal. Di sekitar pantai ini sudah ada banyak warung makan yang menyediakan menu makanan laut dengan bumbu spesial dari daerah Sekotong. Anda juga bisa melihat budidaya rumput laut yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Lokasi: Montong Ajan, Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 10.000 IDR.

6. Pantai dengan perbukitan yang indah dan konservasi penyu – Pantai Tanjung Bloam

pantai di Lombok
Kredit gambar: @ black_1717

Banyaknya bebatuan yang menjorok ke laut menjadi tempat yang disukai penyu dan Anda bisa menemukan tawanan di sini. Jika Anda mengundang anak kecil, penangkaran bisa menjadi tempat belajar sambil berlibur yang menyenangkan, lho! Pantai-pantai di Lombok, yang memiliki fasilitas wisata minim, masih memuaskan karena pemandangan bukit yang indah.

Kredit gambar: @oman_suci

Pantai ini juga terkenal memiliki dua tebing batu yang indah. Selain berenang dan snorkeling, jangan lupa untuk mengambil gambar di sini juga! Dijamin hasil foto Anda akan keren dan membuat teman Anda penasaran!

Lokasi: Jl. Pantai Beloam, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Harga tiket masuk: 5.000 IDR (untuk sepeda motor) dan 10.000 IDR (untuk mobil).

7. Wisata pantai sekaligus savanna yang menakjubkan – Pantai Penyisok

Kredit gambar: @rudy_rudedz

Jika Anda melihat tebing di Pantai Penyisok, Anda mungkin merasa akrab dengan pemandangan itu. Ini karena salah satu objek wisata di Pantai Penyisok adalah tebing yang terlihat megah dan menjadi sangat terkenal instagramable. Pemandangan dari tebing ini sangat menawan karena Anda dapat melihat laut luas yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Kredit gambar: @pristiwanda_karyana

Selain tebing, hal unik lainnya di sini adalah Anda bisa menemukan padang rumput atau sabana yang cukup luas. Kombinasi sabana hijau, pasir putih dan biru dari air laut menciptakan kombinasi yang luar biasa. Perjalanan ke pantai memang cukup sulit, jadi Anda harus berhati-hati jika berencana datang di musim hujan.

Lokasi: Lendang Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Harga tiket masuk: 5.000 IDR (untuk sepeda motor) dan 10.000 IDR (untuk mobil).

8. Bukit dan pantai sama-sama berkesan – Pantai Tunak

pantai di lombok
Kredit gambar: @ radiallahuan23

Jika Anda ingin pergi ke Pantai Tunak, tidak lengkap jika Anda melewati Bukit Tunak di dekatnya. Keduanya adalah anggota Taman Alam Gunung Tunak. Jika Anda melihat pemandangan laut dari bukit ini, Anda akan melihat pulau-pulau karang yang meruncing unik. Selain bukit-bukit, Anda juga dapat menemukan rusa tawanan dan kupu-kupu.

Kredit gambar: @ orang.lombok

Taman Alam ini mudah diakses dan tidak terlalu jauh dari bandara. Juga cocok untuk kunjungan keluarga karena menawarkan berbagai kegiatan yang dapat dicoba oleh semua umur. Pantai Tunak juga cocok untuk berkemah karena bentuknya yang lembut. Pemandangan pasir putih yang lembut dan belum dikunjungi oleh wisatawan membuat suasana di sini sangat damai bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran.

Lokasi: Desa Mertak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 2.500 IDR.

9. Melihat kura-kura batu yang indah di tengah laut – Pantai Sungkun

Kredit gambar: @apiprasel

Pantai tersembunyi ini perlu dikunjungi ketika Anda pergi ke Lombok. Di pantai ini, mata Anda pasti akan tertuju pada tanggul atau pulau kecil tak berpenghuni di tengah laut. Gili ini sangat unik, berbentuk seperti kura-kura dan disebut oleh masyarakat setempat sebagai kura-kura batu. Jika ingin melihat seluruh pemandangan Pantai Sungkun, Anda bisa mendaki ke bukit-bukit yang cukup mudah didaki.

Kredit gambar: @galangtriansyah

Keunikan lain dari pantai ini adalah jenis pasirnya. Anda akan menemukan dua jenis pasir, pasir putih halus dan pasir putih berbutir besar seperti lada. Sangat menarik bukan? Pantai ini telah menjadi tujuan para peselancar karena memiliki ombak yang besar. Bagi Anda yang hanya ingin berendam, ada juga sisi pantai yang sunyi dan dangkal. Banyak warga juga datang ke sini untuk memancing.

Lokasi: Pemongkong, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Harga tiket masuk: 30.000 IDR (untuk mobil).

10. Nikmati pemandangan eksotis pedesaan – Pantai Selong Belanak

Kredit gambar: @devisonya

Jika Anda melihat pantai ini dari kejauhan, Anda akan melihat bahwa pantai ini berbentuk seperti bulan sabit. Tentu saja Anda akan menemukan keindahan pantai yang unik di Lombok yaitu pasir putih dan laut yang sangat biru. Di pantai ini, warga setempat juga membuka warung makan sehingga memudahkan Anda mengisi perut.

Kredit gambar: @danraper

Namun daya tarik utama dari pantai ini adalah ketika sore mulai sekitar pukul 16.00 hingga matahari terbenam. Pada jam ini, Anda dapat melihat orang-orang lokal merawat kerbau mereka di pantai. Momen ini terlihat sangat unik sehingga banyak wisatawan datang untuk berfoto dan juga berinteraksi dengan kerbau.

Lokasi: Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 2.000 IDR (untuk sepeda motor) dan 5.000 IDR (untuk mobil).

11. Keindahan pantai berbentuk tapal kuda – Pantai Mawun

pantai di lombok
Kredit gambar: @rose_violetz

Di Pantai Mawun, Anda dapat menikmati sensasi dari dua jenis arus pasir dan samudera. Ini karena garis pantai berbentuk tapal kuda dan diapit oleh dua bukit di kiri dan kanan. Di tengah, pasir putih memiliki tekstur lembut. Sedangkan di barat, pasirnya lebih kasar dan dicampur dengan karang yang pecah. Arus laut juga berbeda, ombaknya akan lebih besar di tengah. Saat berada di sisi bukit yang terhalang, ombaknya tenang sehingga lebih aman jika Anda ingin berenang di sini.

Selain menikmati ombak, tentu saja kegiatan lain yang harus dilakukan adalah berjemur dan mengambil foto. Dijamin hasilnya bagus karena pemandangan aslinya sudah indah, tidak perlu menggunakan filter lagi!

Lokasi: Tumpak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 10.000 IDR.

12. Tidak kalah keren dari yang ada di Bali – Pantai Kuta

pantai di lombok
Kredit gambar: @belmori

Pantai ini adalah salah satu pantai terkenal di Lombok. Bukit-bukit hijau, laut biru yang tenang terlihat seperti dalam sebuah lukisan. Jika Anda ingin melakukan beberapa kegiatan, pantai ini juga memiliki persewaan perahu pisang dan selancar angin. Jika Anda ingin melihat keindahan pantai ini dari atas, mendaki ke Gunung Mandalika. Atau Anda juga bisa paralayang, pasti pengalaman yang tak terlupakan!

pantai di lombok
Kredit gambar: @megatad

Di pantai Kuta, sudah ada penghuni yang menjual makanan dan suvenir seperti gelang dan kalung tenun. Anda juga dapat membelinya sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat!

Lokasi: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: Gratis.

13. Jangan lewatkan Festival Bau Nyale di sini – Pantai Tanjung Aan

pantai di lombok
Kredit gambar: @ anna.yli

Saat Anda menjejakkan kaki di pantai ini, Anda akan merasakan pasir yang bertekstur seperti butiran lada. Tetapi jika Anda berjalan menuju bukit, pasir akan berubah menjadi pasir putih yang lembut. Sangat unik, di satu pantai Anda bisa menemukan dua jenis pasir!

pantai di lombok
Kredit gambar: @babyjarimungil

Kegembiraan lain di pantai ini adalah, jika Anda datang antara Februari dan Maret, Anda memiliki kesempatan untuk menonton Festival Bau Nyale. Ini adalah acara tradisional yang dirayakan dengan perburuan cacing nyale oleh warga. Cacing nyale dianggap sebagai inkarnasi Putri Mandalika, yang melompat ke laut karena dia melarikan diri dari para pangeran yang ingin melamarnya. Cacing ini dianggap membawa keberuntungan, dan Anda mungkin datang mencarinya juga, lho!

Lokasi: Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 5.000 IDR (untuk sepeda motor) dan 10.000 IDR (untuk mobil).

Baca juga: 14 Objek Wisata Lombok Eksotis dan Tersembunyi

Ada begitu banyak pilihan pantai unik yang bisa Anda temukan di Lombok! Mulai perencanaan sesuai dengan rute yang ingin Anda ambil karena ada pantai tertentu yang letaknya tersembunyi. Meskipun terkadang sulit dijangkau, Anda tidak akan menyesal ketika Anda berkunjung ke sana!

Pos Pantai Indah di Lombok, 13 Destinasi untuk Dikunjungi muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin