Apakah ada angan-angan di seluruh dunia menggunakan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor atau bahkan mobil? Jika demikian, mungkin Anda harus mulai mempersiapkan diri dengan memiliki SIM Internasional. Jika Anda tidak memilikinya, saatnya untuk mulai mempertimbangkan untuk mendapatkannya karena itu bukan hanya persyaratan wajib untuk dapat mengemudi di negara lain, tetapi juga karena itu sangat mudah dibuat. Anda dapat membuat SIM Internasional konvensional, atau membuatnya dengan sistem online.

SIM Internasional sendiri adalah salah satu hasil dari perjanjian PBB dalam Konvensi Wina tentang Lalu Lintas Jalan pada tahun 1968. Selama pertemuan tersebut, negara-negara anggota PBB sepakat untuk mengeluarkan SIM Internasional yang berlaku di negara yang terlibat dalam perjanjian untuk menerbitkan SIM internasional.

Meski begitu, SIM yang Anda miliki sekarang juga cukup kuat, lho! Menurut Korps Lalu Lintas Kepolisian Nasional, SIM Indonesia berlaku di negara-negara anggota ASEAN berdasarkan kesepakatan semua negara anggota ASEAN.

Namun, jika Anda berencana untuk bepergian ke luar ASEAN menggunakan kendaraan bermotor, SIM Internasional menjadi salah satu hal yang harus dikantongi.

Ada dua cara untuk mendapatkan SIM Internasional, yaitu cara konvensional, melalui permintaan pemohon secara langsung dan tidak dapat diwakili, dengan mengunjungi Polri Lalu Lintas Polri di Jakarta. Panduan untuk membuat SIM Internasional konvensional dapat dilihat sini.

Panduan untuk membuat SIM Internasional online
Kredit gambar: XuuXuu

Cara lain untuk membuat SIM Internasional adalah dengan sistem online. Dilaporkan dari situs web Polisi Lalu Lintas Kepolisian Nasional, cara membuat SIM Internasional online dapat diikuti di bawah:

1. Ketentuan untuk membuat SIM Internasional dengan sistem online

Sebelum mulai mengisi sejumlah pertanyaan, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan persyaratan di bawah ini, yaitu:

  1. SIM Asli (SIM Asli)
  2. Kartu identitas asli (kartu identitas asli)
  3. PASPOR Asli (Paspor Asli)
  4. Cetak / Tangkap Hasil Registrasi dan Bukti Pembayaran
  5. KITAP (Kartu Izin Tinggal Permanen) hanya untuk orang asing

2. Perhatikan jam layanan

Setelah menyiapkan semua persyaratan, Anda harus mengetahui jadwal layanan SIM Online. Dikutip dari situs resmi Kepolisian Lalu Lintas Nasional, jam layanan dapat dilihat di bawah:

  • Senin – Kamis, 8:00 – 15:00 WIB, dengan jadwal istirahat 12.00 – 13.00 WIB
  • Jumat, 8:00 – 15:00 Waktu Indonesia Barat, dengan jadwal istirahat 11:30 Waktu Indonesia Barat – 13:00 Waktu Indonesia Barat

Layanan Pendaftaran Online untuk tanggal yang sama dengan tanggal kedatangan hanya dapat dilakukan hingga pukul 14.00 WIB.

3. Mendaftar untuk SIM Internasional online

Untuk dapat memperoleh SIM Internasional, Anda dapat mendaftar secara online. Klik sini untuk memulai pendaftaran di situs resmi Korps Lalu Lintas Kepolisian Nasional.

Pada tautan itu, Anda segera mengklik tombol Daftarkan untuk mulai mengisi informasi dan data pribadi, mulai dari Nama Lengkap, Grup SIM Nasional, Nomor SIM Nasional, memilih Outlet SIM Internasional dan mengisi rencana Tanggal Kedatangan.

Selain itu, ada data pribadi lain yang harus diisi. Semuanya harus diisi dengan lengkap dan jelas, ya!

Setelah semua data pribadi diisi, Anda dapat pergi ke langkah berikutnya, unduh dan cetak bukti pendaftaran online. Berbekal bukti pendaftaran online dan persyaratan untuk membuat SIM Internasional, Anda dapat pergi ke Outlet SIM Internasional yang telah dipilih pada tanggal yang sesuai dengan pilihan Anda.

4. Lakukan pembayaran

Di tempat dan waktu yang Anda pilih, Anda dapat mengambil nomor antrian dan menunggu panggilan dari penghitung data verifikasi dan validasi. Jika semuanya telah disetujui oleh petugas, Anda dapat melakukan pembayaran.

Pembayaran dilakukan di konter bank yang ditunjuk. Ada juga biaya yang telah ditentukan berdasarkan PP No. 60/2016 dalam Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak, yaitu Rp 250.000 untuk pembuatan SIM Internasional baru dan Rp 225.000 untuk perpanjangan SIM Internasional.

Jika pembayaran telah dilakukan, pemohon akan mendapatkan bukti pembayaran dan Anda akan diundang untuk melihat draft SIM Internasional sebelum dicetak. Di sini, Anda dapat melihat semua yang tertulis di draft dan memverifikasinya sebelum dicetak.

Setelah itu Anda akan menunggu panggilan dari loket identifikasi dan jika semua prosedur di atas telah dilakukan, petugas akan melegalkan dan mencetak SIM Internasional.

Jika panduan untuk membuat SIM Internasional online di atas masih membingungkan, atau ada kesulitan lain yang Anda alami, atau bahkan tertarik untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Anda dapat menghubungi Korps Lalu Lintas Polisi Nasional SIM Internasional di Jalan MT Haryono No. 37-38, RT. 8 / RW.2, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan, atau hubungi nomor kontak langsung di (021) 7989702.

Baca juga: Layanan Imigrasi Baru, Paspor Baru dapat diselesaikan satu hari

Tidak sulit untuk membuat SIM Internasional online, kan? Apakah Anda berniat membuat SIM dalam waktu dekat?

Panduan pos untuk Membuat SIM Internasional dengan Sistem Online muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin