Punya rencana liburan ke Singapura dalam lebih dari 3 hari? Ini sangat pas karena TripZilla Indonesia akan memberi Anda tips tentang cara menghemat uang dengan EZ Link di Singapura. EZ Link adalah jenis formulir kartu uang elektronik seperti yang biasa kita gunakan pada transportasi umum di Indonesia, tetapi dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

EZ Link ini berbeda dari Singapore Tourist Pass (STP) karena sistem pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda. Keuntungan dari EZ Link ini tidak hanya dapat digunakan untuk membayar transportasi umum, seperti bus dan MRT, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk taksi, makan di restoran, berbelanja, naik monorel ke Pulau Sentosa, dan lainnya.

Harga dan periode waktu

Biaya menggunakan EZ Link tergantung pada kebutuhan. Semakin sedikit Anda menggunakan transportasi umum, tentu biayanya akan semakin sedikit. Tidak hanya itu untuk jarak jauh dan jarak pendek juga berbeda sehingga akan lebih efisien.

Untuk jangka waktu tertentu, EZ Link memiliki periode penggunaan yang cukup lama hingga 5 tahun. Ini berarti EZ Link dapat disimpan dan digunakan kembali jika Anda akan berlibur ke Singapura lagi selama 5 tahun dari saat pembelian.

Durasi penggunaan Biaya penggunaan Biaya setoran Total biaya
Hingga 5 tahun 7 SGD 5 SGD 12 SGD

Biasanya pertama kali Anda membeli EZ Link, saldo yang terisi adalah seperti tabel di atas. Sekarang, harap dicatat bahwa EZ Link tidak dapat digunakan jika saldo aktif pada kartu kurang dari 3 SGD. Jadi, jika Anda telah menggunakannya berkali-kali, lebih baik untuk memeriksa sisa saldo di mesin keran kapan terakhir kali dan isi ulang jika saldo telah mencapai batas minimum.

catatan: Meskipun kartu ini berlaku hingga 5 tahun, namun EZ Link akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1 SGD per bulan. Untuk menghemat biaya, jika Anda masih memiliki banyak saldo di EZ Link, Anda harus memproses pengembalian uang atau mengembalikan kartu sebelum meninggalkan Singapura.

Tempat penjualan

Tidak sulit untuk mendapatkan EZ Link sebelum Anda berjalan-jalan di Singapura menggunakan transportasi umum. Berikut ini adalah poin penjualan EZ Link di Singapura:

  • Stasiun MRT
  • Terminal
  • Toko 7-Eleven

Tidak ada tempat khusus, semua stasiun MRT, terminal bus, dan toko 7-Eleven menyediakan kartu EZ Link dengan jam operasi berbeda.

Panduan isi ulang atau isi ulang

Kredit gambar: @richardjusup

Seperti yang sudah dijelaskan jika Anda masih ingin menggunakan EZ Link untuk menggunakan transportasi umum dan saldo Anda kurang dari 3 SGD, maka Anda harus segera mengisinya kembali. Untuk mengisi ulang EZ Link, Anda dapat mengunjungi mesin tiket di stasiun MRT, ATM, dan toko 7-Eleven.

Tetapi jika Anda akan mengisi ulang di mesin tiket yang tersedia di Stasiun MRT, maka yang berikut ini adalah panduannya:

  • Tempatkan EZ Link di tengah atau EZ Link khusus yang tersedia
  • Pilih Tambah Nilai
  • Pilih Tunai untuk penukaran
  • Masukkan uang
  • Pilih saldo nominal 10 SGD, 20 SGD, atau 50 SGD
  • Tunggu sebentar dan jangan mengangkat kartu sebelum ada perintah untuk memastikan kartu telah diisi ulang

Tidak perlu khawatir pengisian dalam jumlah besar karena sisa saldo di EZ Link dapat digunakan lagi dengan jangka waktu hingga 5 tahun atau sisa saldo dikembalikan tetapi biaya kartu sebesar 5 SGD akan hangus.

Panduan pertukaran

Telah dijelaskan bahwa EZ Link ini memang dapat digunakan hingga 5 tahun, tetapi akan dikenakan biaya administrasi 1 SGD untuk setiap bulan. Jika Anda merasa tidak akan kembali ke Singapura atau memiliki banyak saldo, Anda harus mengembalikan EZ Link ke melawan khusus di Stasiun MRT.

Misalnya, saldo akhir pada EZ Link masih memiliki 15 SGD, maka Anda dapat menukarnya dan mendapatkan 15 SGD dengan ketentuan kartu akan kembali ke stasiun dan biaya kartu 5 SGD akan kedaluwarsa. Perlu diingat, menukar saldo EZ Link biasanya dapat ditukar di stasiun MRT tertentu di melawan ditandai Kantor Tiket.

Bagaimana cara menggunakan

Kredit gambar: @wiltan

Menggunakan EZ Link cukup mudah. Anda hanya disuruhkeran atau menempelkan kartu ke mesin saat memasuki dan keluar dari stasiun MRT. Untuk pengguna bus, Anda hanya perlukeran kartu pada mesin tersedia di dekat pintu dan sopir bus. Ketika Anda tiba di halte, Anda juga diharuskan untukkeran Lebih banyak kartu di mesin yang tersedia di bus.

Pastikan untuk mengunduhkeranhanya sekali, jadi tidak akan ada kesalahan. Tetapi jika kartu Anda memiliki kesalahan, jangan panik karena staf lokal akan membantu Anda sampai Anda dapat menggunakannya lagi.

Baca juga: Mengenal Singapore Tourist Pass (STP) dan Cara menggunakannya

Bagaimana, ekonomis dan mudah digunakan EZ Link? Jika Anda masih bingung, jangan ragu untuk bertanya kepada kami.

Panduan pos dan Cara Menggunakan EZ Link untuk Penghematan Anggaran di Singapura muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin