Suvenir khas Makassar tidak ada duanya. Rasa masakan, kerajinan tangan, hingga pernak-pernik yang indah dapat memberikan kenangan liburan yang indah di Ujung Pandang.

Bagi Anda yang baru saja berlibur dari Makassar, luangkan waktu untuk berbelanja oleh-oleh untuk orang yang Anda cintai. Anda tidak hanya dapat mendapatkannya secara langsung, Anda dapat membeli oleh-oleh dari Makassar secara online. Ingin tahu oleh-oleh khas apa yang bisa Anda dapatkan dari Makassar? Lihatlah daftar versi Tripzilla Indonesia, situs wisata dan budaya, di sini!

Suvenir

1. Kain Sutra Sengkang

Pusat Kain Sutra Sengkang berada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tetapi Makassar adalah salah satu pemasok Kain Sutra Sengkang, sehingga dikenal luas oleh para wisatawan. Memiliki pola dan pola yang unik, dikombinasikan dengan warna-warna cerah, kain ini biasanya digunakan oleh penduduk lokal dalam acara-acara tradisional dan telah menjadi kebanggaan Sulawesi Selatan. Anda dapat membeli kain Sengkang ini sebagai suvenir saat berkendara ke Makassar untuk orang yang Anda cintai, atau membelinya untuk koleksi pribadi Anda dan menggunakannya sebagai bahan baku untuk pakaian sesuai dengan gaya kamu.

Dapat diperoleh di: Toko Tenun Sengkang, Kain dan Sarung, Jl. Toddopuli 7 No.3A, Borong, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234
Harga: mulai dari Rp 250.000

2. Kain Tenun dan Sarung Tangan Bugis Khas

oleh-oleh khas Makassar
Kredit gambar: Tenun Sengkang

Orang-orang yang masih menjunjung tinggi adat Bugis memakai suvenir khas Makassar sebagai pakaian utama. Hingga saat ini, kain tenun Bugis dan sarungnya masih menjadi daya tarik masyarakat karena memiliki nilai budaya yang tinggi. Anda dapat membeli kain ini dan mencampur dan mencocokkannya dengan berbagai aksesoris atau menggunakannya selama perayaan tertentu, atau memberikan kain ini sebagai suvenir untuk keluarga tercinta Anda.

Dapat diperoleh di: Kain Tenun dan Sarung Khas Khas, Jl. Metro Tj. Bunga No.816, Tj. Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224
Harga: mulai dari 65.000 IDR

3. Kerajinan Toraja

Suku Toraja yang tinggal di Provinsi Sulawesi Selatan memiliki identitas yang tercermin dalam pernak-pernik yang mereka kenakan. Motif indah dan set perhiasan modis sangat cocok untuk Anda kenakan saat Anda bersantai atau pada kesempatan tertentu. Anda bisa mendapatkan kerajinan yang diproduksi oleh orang Toraja di berbagai pusat perbelanjaan di Makassar, mulai dari anting, kalung, tas, syal, bandana, hingga aksesoris elektronik hingga pajangan yang bisa Anda simpan di rumah.

Dapat diperoleh di: Toko Kerajinan Unggul, Jl. Pattimura No.8, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90174
Harga: mulai dari Rp15.000

4. Songkok Nibiring Bulaeng

oleh-oleh khas Makassar
Kredit gambar: Songkok Krecca Classic Makassar

Makassar adalah salah satu kota yang terkenal memproduksi Songkok Nibiring Bulaeng, atau topi tenun dengan benang emas sehingga menghasilkan kilau yang indah. Penduduk asli Makassar percaya bahwa hanya keturunan bangsawan yang berhak menggunakannya. Anda dapat membawa pulang Songkok Nibiring Bulaeng saat mengunjungi Makassar sebagai koleksi di rumah.

Dapat diperoleh di: Songca Recca / Pamiring Ulaweng Bugis store, JL. Hertasning Bl E-12/10, Rappocini, Tamalate, Tidung, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222
Harga: Mulai dari Rp200.000

5. Kupu-kupu Bantimurung

42 kilometer dari pusat kota Makassar, ada Taman Nasional Bantimurung yang terkenal dengan habitat kerajaan kupu-kupu. Serangga yang hidup di Taman Nasional memiliki sayap yang indah dan berwarna-warni, tidak diragukan lagi beberapa pengrajin melestarikan kupu-kupu dan menggunakannya untuk menghias ruangan yang disimpan dalam bingkai. Anda bisa membeli ini sebagai suvenir untuk mempercantik ruangan di rumah atau kenang-kenangan untuk kerabat tercinta Anda.

Dapat diperoleh di: Aneka Kerajinan Souvenir & Toko Seni, Somba Opu St No.211, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111
Harga: mulai dari Rp 350.000

6. Miniatur Rumah Toraja

Rumah adat Toraja atau Rumah Tokongan adalah kebanggaan warga Sulawesi Selatan, yang diyakini telah ada selama berabad-abad dan dihuni oleh orang-orang Toraja yang tinggal di perbukitan. Pembangunan rumah Tokongan harus menggunakan upacara tradisional khusus untuk menjaga kesucian penghuninya. Karakteristik unik atap dan desainnya yang luar biasa telah menarik perhatian wisatawan domestik dan asing, dan Anda dapat menikmati keindahannya di rumah hanya dengan membeli rumah tradisional miniatur ini. Biasanya miniatur rumah tradisional Tokongan terbuat dari kayu yang kemudian dihiasi dengan pola khas Toraja.

Dapat diperoleh di: Toko Toraja, Jl. Ps. Ikan No.21, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111
Harga: mulai dari Rp75.000

Makanan

7. Ikan Tenggiri Otak

oleh-oleh khas Makassar
Kredit gambar: Battling Lompo Brain

Makanan ini terbuat dari ikan dengan tenggir dan tepung tapioka memiliki rasa yang menggoda. Rasanya gurih dan kenyal berpadu dengan bumbu kacang, makanan ini menjadi favorit penduduk lokal dan wisatawan. Anda dapat membeli otak ini untuk menutupi kerinduan Anda dengan Makassar atau sebagai suvenir untuk keluarga Anda di rumah. Selain rasanya yang enak, otak ini juga dapat bertahan selama berhari-hari dengan menggunakan kemasan vakum dan kemudian Anda bisa mengukus lagi ketika sampai di rumah. Otak khusus Makassar dijual di sisi jalan dan telah menjadi hidangan umum di sana.

Dapat diperoleh di: Brain shop – Otak Ms. Sanny, Jl. Lasinrang No.47, Mangkura, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114
Harga: mulai dari Rp20.000

8. Bannang-bannang

Kue banang-banang adalah oleh-oleh khas Makassar dari suku Bugis. Makanan yang sekilas seperti benang kusut terasa manis karena terbuat dari gula aren. Kue ini dilambangkan sebagai sumber kebahagiaan. Selain rasa manis kue pisang banang sering menjadi hidangan saat perayaan atau ucapan syukur. Sekarang Anda dapat menikmati makanan favorit warga Sulawesi ini di rumah atau dalam perjalanan pulang. Kue ini bisa bertahan hingga satu minggu dalam suhu normal dan Anda bisa membawanya sebagai oleh-oleh.

Dapat diperoleh di: Toko Souvenir Kota Daeng, Jl. Perintis Kemerdekaan, Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90552
Harga: mulai dari Rp 18.000

9. Kue Tanggal Makassar

oleh-oleh khas Makassar
Kredit gambar: Sitti Sinarsari

Jenis kue palem Makassar adalah kue kering. Selain dibuat dari kurma, kue ini terbuat dari kacang mete, tepung, gula pasir dan wijen. Semua bahan diproses dengan memanggang dan menggiling kue menjadi lapisan pemanis. Kurma renyah dan sedikit lengket di mulut, ideal untuk minum teh. Kurma kurma bertahan selama berminggu-minggu jika disimpan dalam botol pada suhu kamar, cocok untuk Anda bawa sebagai oleh-oleh.

Dapat diperoleh di: Toko Kue Mama, Jl. Serui No.19, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90173
Harga: mulai dari Rp 23.000

10. Baruasa

Sepintas kue ini terlihat seperti kue atau kue khusus untuk balita. Kue ini terbuat dari tepung beras, gula aren, parutan kelapa, dan santan. Kue ini rasanya manis dan sedikit gurih, teksturnya ringan sehingga tidak terlalu mengisi perut. Kue basilasa lezat yang dapat Anda nikmati bersama keluarga dengan membawanya sebagai oleh-oleh setelah liburan. Makanan-makanan ini dapat disimpan dalam toples hingga tiga minggu, membuatnya praktis untuk dibawa pulang.

Dapat diperoleh di: Sudiang, Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan 90242
Harga: mulai dari Rp 30,00

11. Kacang Tersembunyi

Sepintas bentuk makanan ini seperti pasta penne yang ditutupi bumbu kental, namun sebenarnya hidangan ini disebut kacang buncis. Agak aneh memang, tetapi bahan dasar dari camilan khas Makassar ini adalah kacang. Di belakang gulungan tepung ada kacang tersembunyi sehingga makanan ini disebut kacang tersembunyi. Suvenir khas Makassar ini digoreng dengan gula karamel bersama dengan minyak panas sehingga tercipta rasa gurih dan manis yang renyah. Untuk mencicipi makanan ini Anda bisa memburunya di seluruh pelosok kota Makassar, dari warung kelontong hingga supermarket biasanya menjual kacang tersembunyi.

Dapat diperoleh di: Suvenir, Cahaya, Kima Square, Ruko Kima Raya, Jl. Perintis Kemerdekaan No.25, Daya, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90242
Harga: 10.000 IDR

12. Kopi Toraja

oleh-oleh khas Makassar
Kredit gambar: Masakan Kopi

Sudah biasa bagi Anda untuk membeli kopi Toraja di kafe atau toko, tetapi membeli kopi Toraja langsung dari tempat asalnya pasti akan mendapatkan sensasi berbeda. Jenis kopi Toraja Arabika dan robusta dengan aroma yang sangat menggoda. Rasanya pahit dan kental di mulut. Kopi Toraja juga terkenal dengan khasiat kesehatannya seperti menghilangkan rasa sakit, menjaga kebugaran fisik, dan meningkatkan kekuatan otak. Alih-alih membeli terlalu banyak kopi Toraja di kafe, tidak ada salahnya membeli kopi ini dari tanah kelahirannya.

Dapat diperoleh di: Produser Ton Mo Le Doc, Kompleks Perdos Unhas, Tambasa 6 Tamalanrea Jaya, Makassar
Harga: mulai dari Rp40.000

13. Sirup DHT Khusus Makassar

oleh-oleh khas Makassar
Kredit gambar: DHT Makassar

Sirup legendaris dari Makassar telah terkenal selama beberapa dekade dan masih bertahan. Meski begitu banyak sirup yang dijual di pasaran, sirup DHT tetap menjadi andalan warga setempat dan telah menjadi identitas oleh-oleh khas Makassar. Biasanya sirup DHT dikombinasikan dengan bahan minuman lain seperti campuran buah atau pancake. Nikmati sirup DHT ini yang bisa Anda bawa pulang untuk orang-orang terkasih di rumah.

Dapat diperoleh di: Supermarket Carrefour dan Hypermart
Harga: mulai dari Rp 30.000

14. Sirup Buah Gairah Asli Makassar

oleh-oleh khas Makassar
Kredit gambar: Markisa Bundes

Selain sirup DHT, sirup markisa juga menjadi pilihan oleh-oleh dari Makassar. Rasanya manis dan menyegarkan, sangat cocok jika dipadukan dengan jeli dan buah-buahan sebagai es buah. Sirup markisa berbagai merek sangat menggugah selera di bulan Ramadhan ini, sangat cocok untuk berbuka puasa atau sedang dicampur pencuci mulut tercinta.

Dapat diperoleh di: Bundel Buah Gairah Industri Rumah Tangga, Jl. Beruang No.64, Labuang Baji, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132
Harga: mulai dari Rp20.000

15. Abon Binatang Raos

Ada begitu banyak merek abon sapi di Indonesia, tetapi hanya satu abon merupakan pelengkap utama bagi penduduk Makassar & # 39; makanan, benang daging sapi Raos. Abon sapi ini dibuat dari daging sapi tumbuk dan diberi bumbu rahasia sehingga membuat abon Raos warga Makassar. Daging parut yang lezat bisa menjadi pendamping untuk makan nasi atau taburkan roti. Anda juga bisa berkreasi membentuk camilan lezat dengan abon ini. Bawa pulang Abos Raos untuk keluarga Anda di rumah dan Anda bisa merasakan Abon Raos yang lezat dengan merek lain.

Dapat diperoleh di: Toserba Ole Ole, Jalan Somba Opu No.143, Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar
Harga: mulai dari 60.000

16. Kerupuk Jintan Khas Makassar

Jika dilihat dari bentuknya, kerupuk jintan khas Makassar tidak seperti kerupuk pada umumnya. Bentuknya lebih mirip camilan. Tetapi ketika Anda makan hidangan ini, jangan ditanya tentang rasanya yang renyah dan gurih seperti kerupuk. Sesuai namanya, kerupuk ini adalah oleh-oleh khas Makassar yang terbuat dari jinten dan tepung. Teksturnya ringan dan tidak terlalu keras, sangat aman untuk dikonsumsi oleh kerabat lansia Anda.

Dapat diperoleh di: Tersedia di: Toko oleh Mantao Pare Sinar Terang, Jl. Sungai Saddang Baru No.62 D, Sel Bara-Baraya, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90143
Harga: mulai dari Rp27.000

17. Dangke Enrekang

oleh-oleh khas Makassar
Kredit gambar: Enrekang Khas

Makanan khas Sulawesi ini adalah keju gaya Nusantara. Nama Enrekang diadopsi dari mana makanan ini berasal yaitu Kabupaten Enrekang. Rasa Dangke Enrekang persis seperti keju dengan tekstur yang mirip dengan tahu. Suvenir khas Makassar ini terbuat dari susu kerbau atau susu sapi yang kemudian direbus hingga mendidih dan kemudian diendapkan untuk membentuk gumpalan. Kumpulan benjolan ini kemudian dimasak untuk digunakan sebagai camilan. Biasanya dangke kurang praktis untuk melakukan perjalanan panjang, tetapi sekarang seiring perkembangan teknologi makanan Dangke Enrekang berkembang menjadi camilan kering yang enak dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

Dapat diperoleh di: Rumah Dangke, Makassar, Bukit Baruga Jalan Kayu Agung V no 19 Kota Makassar
Harga: mulai dari Rp15.000

18. Camilan Kacang Khas di Kota Makassar

Makanan ringan khas Makassar ini agak mirip dengan kacang disko di Bali tetapi komposisi rempah-rempah di Bali menggunakan ketumbar dan cabai, sedangkan kacang disko Makassar tidak menggunakan ketumbar dan cabai. Bentuknya yang hampir sama masih akan disko kacang Makassar lebih asin. Camilan ini sangat lengkap ketika kacang renyah menempel pada tepung olahan yang lezat. Suvenir khas Makassar ini sangat praktis dalam menyesuaikan tempat, dan dapat bertahan selama 2 bulan dalam toples.

Dapat diperoleh di: Sulawesi Souvenir Center, Pusat Komersial, Pusat Komersial Ruko Hasanudin, Jl. Perintis Kemerdekaan No.Km 9, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Harga: mulai dari Rp 19.000

19. Suvenir Minyak Tawon Khas Makassar

Obat bergizi ini berfungsi untuk menyembuhkan penyakit asma, luka bakar dan gangguan kulit. Orang Sulawesi mengandalkan minyak ini jika kecelakaan terjadi sebagai pelumas pijatan atau bintik-bintik yang disebabkan oleh serangga. Waktu penyembuhannya singkat sehingga pasien tidak perlu merasakan sakit di kulit.

Dapat diperoleh di: Jalan Somba Opu, Makassar
Harga: mulai dari Rp 80.000

20. Coto Instan Makassar

Jika Anda ingin membawa pulang coto Makassar yang lezat, Anda dapat membawa pulang coto instan Makassar. Harganya terjangkau dan cara memasaknya praktis. Coto Makassar instan ini dilengkapi dengan daging sapi segar dan dibuat dengan bumbu pilihan, dan bertahan hingga 3 minggu. Hidangan yang tepat untuk mereka berlima untuk makan bersama keluarga. Tepat untuk oleh-oleh dari Makassar.

Dapat diperoleh di: Galeri Rasa, Ruko New Zamrud, Jl. A. P. Pettarani, Bua Kana, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222
Harga: mulai dari 120.000 / kotak

21. Mantao Pare

oleh-oleh khas Makassar
Kredit gambar: Mantao Pare

Anda harus membawa pulang kue ini sebagai suvenir. Meskipun makanan ini bukan hidangan khas Makassar, tetapi Anda dapat mencoba kue lezat ini dan membaginya dengan keluarga dan kerabat Anda di rumah. Kue ini berasal dari kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan, kue ini lembut dan sekilas mirip roti, karena bahan dasarnya hampir sama. Kue ini biasanya dimasak dengan dikukus atau digoreng tergantung selera. Kue mao sangat lembut dan lembut di mulut, sangat lezat bila dikombinasikan dengan telur isian atau selai kacang.

Dapat diperoleh di: Mantao Pare Pettarani, Melia I, Tamamaung, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90232
Harga: mulai dari Rp 10.000

22. Kue Toraja Deppa Khas

Nama lain untuk kue ini adalah kue khas Toraja yang terbuat dari tepung beras, wijen, rempah-rempah dan gula merah. Kue ini rasanya renyah dan enak meskipun terbuat dari gula merah. Anda dapat membawa kue Deppa Tori yang lezat ini ke rumah karena dapat bertahan hingga 3 minggu dalam toples dan praktis untuk dibawa ke mana saja.

Dapat diperoleh di: toko hadiah Satu Sama Jaya Abadi, Jl. Landak Lama No.17, Labuang Baji, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132
Harga: mulai dari Rp25.000

Baca juga: 18 Makanan Khusus Makassar Dan Tempat Untuk Mencobanya

Sudah tahu oleh-oleh khas Makassar yang bisa Anda dapatkan secara langsung atau online, bukan?

Pos Souvenir Menarik Makassar yang Harus Diambil Rumah muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *