Pulau Lombok, yang terletak di Nusa Tenggara Barat, kini menjadi tujuan wisata yang semakin mendapat perhatian. Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, keunikan budaya juga menjadi daya tarik. Penduduk Lombok juga memproduksi berbagai jenis suvenir yang tidak mudah ditemukan di tempat lain. Cinderamata ini umumnya diproduksi secara tradisional, tetapi beberapa sudah terkenal di luar negeri.

Jika Anda akan berlibur ke Lombok, maka daftar yang harus dimiliki ini wajib Anda ketahui. Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh dari Lombok! Selain menjadi unik, Anda juga akan membantu perekonomian masyarakat di sana. Ayo, mari berbelanja!

1. Sepotong kain yang penuh makna budaya – Kain Tenun Ikat dan Songket

Kredit gambar: @iwanpasto

Anda dapat menemukan sentra anyam ini ketika Anda mengunjungi Desa Sukarara di Lombok Tengah, yang dihuni oleh suku Sasak. Para wanita di desa ini pandai menenun dan keterampilan ini merupakan prasyarat untuk menikah. Ada dua jenis kain tenun yang biasanya dijual, yaitu kain tenun dan kain tenun songket.

Kredit gambar: @ supendi2809

Bagaimana Anda membedakan? Kain tenun songket memiliki hiasan timbul yang terbuat dari benang katun, benang emas atau benang perak. Sedangkan nama kain ikat berasal dari proses pembuatan motif, yaitu dengan mengikat ke bagian-bagian tertentu sehingga membentuk motif yang diinginkan.

Kredit gambar: @thesarama

Selain cantik, motif-motif ini juga memiliki beragam makna. Bahkan kain ini juga bisa menjadi simbol bagi kasta-kasta tertentu. Bahkan karena keindahannya, banyak desainer terkenal yang menggunakan kain tenun ini dalam karyanya lho!

Dapat dibeli di: Sukarara, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83561.
Harga: mulai dari Rp 95.000.

2. Dengan selera unik lainnya – Madu Lombok dan Madu Sumbawa

Kredit gambar: Madu Murni

Jika Anda ingin memberikan hadiah sehat, minuman yang satu ini jangan sampai terlewatkan! Madu adalah komoditas yang terkenal dan di Lombok Anda dapat menemukan dua jenis madu, yaitu Madu Lombok dan Madu Sumbawa.

Kredit gambar: @ dma.dapurorganik

Perbedaannya terletak pada spesies lebah yang menghasilkan madu. Cara mendapatkan madu bisa diburu ke hutan atau peternakan lebah. Perbedaan ini membuat penampilan dan rasa madu juga bervariasi. Varian yang bisa Anda temukan adalah madu putih, madu hutan Sumbawa dan madu rempah Lombok. Wow, menarik dan membangkitkan minat ya!

Dapat dibeli di: Madu Lombok Sumbawa, Montong Gamang, Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83553.
Harga: mulai dari Rp 145.000.

3. Susu tidak hanya dari sapi – Susu Kuda Liar

Oleh khas Lombok - susu kuda liar
Kredit gambar: @ susu_kuda_88

Susu kuda liar mengandung khasiat yang tidak kalah sehat dari susu sapi lho! Bahkan disebutkan bahwa ASI ini memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan ASI dan memiliki kualitas protein yang lebih baik. Susu kuda liar juga rendah kalori, dapat memfasilitasi pencernaan dan cocok untuk orang yang alergi terhadap susu sapi.

Kredit gambar: @classymilk_

Susu kuda liar ini dapat bertahan hingga empat bulan dan dibuat tanpa bahan pengawet. Di Lombok, Anda juga dapat menemukan susu kuda liar yang diolah menjadi permen. Kemasan yang disediakan umumnya dalam botol plastik yang memudahkan Anda membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga.

Dapat dibeli di: Milk Horse 88, Monggo, Mada Pangga, Bima, Nusa Tenggara Barat 84111.
Harga: mulai dari Rp 50.000.

4. Manis istimewa – Tuak Manis

Kredit gambar: @augustono

Anggur ini adalah minuman beralkohol yang terbuat dari gula aren atau fermentasi beras ketan. Jika Anda ingin mengkonsumsinya, Anda harus memeriksa konten alkohol terlebih dahulu karena kadarnya bervariasi antara lima hingga 20 persen.

Oleh khas Lombok - Tuak Manis
Kredit gambar: @gededehperut (kiri), @waskitanandangurah (kanan)

Meski beralkohol, tetapi anggur ini juga memiliki manfaat kesehatan lho! Melalui penelitian di PT Jurnal Anatomi Eksperimental dan Klinis, aren dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan produksi susu sehingga umumnya ditambahkan ke obat-obatan herbal.

Anda dapat menemukan anggur aren yang dijual di Gili Trawangan. Jika Anda menginginkan anggur yang tidak beralkohol, mintalah anggur yang masih segar dan baru dibuat saat itu. Karena jika sudah dibiarkan berdiri, maka kandungan alkohol akan timbul dalam anggur.

Dapat dibeli di: Tuak Manis Hj. Enah, Jl. Raya Mataram – Tj. Kekait, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. 83351.
Harga: mulai dari Rp25.000.

5. Oleh spesialisasi kuliner yang wajib dicoba penggemar – terasi khas Lombok

Kredit gambar: @nanoe_biroe

Jika Anda suka memasak atau ingin membeli oleh-oleh untuk pecinta kuliner, jangan lupa membeli terasi dari Lombok! Terasi produksi Lombok terkenal dengan kualitasnya, dan bahkan menjadi terasi favorit oleh ahli kuliner William Wongso.

Dengan sambal terasi khas
Kredit gambar: @nanoe_biroe

Pasta udang ini diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet. Ada dua jenis terasi yang terkenal, yaitu terasi lakara atau terengking dan terasi tersier atau teraw. Anda dapat memilih apakah ingin mencoba pasta udang kering, yang biasa disebut pasta udang bakar atau udang yang masih basah. Bersiaplah untuk gagal diet jika Anda sudah merasakan rasa pasta udang Lombok yang gurih dan harum ini ya!

Dapat dibeli di: Terasi Udang Lombok Bunda Zaenab, Jl. Masbagik – Pancor No.02, Dasan Lekong, Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat 83652.
Harga: mulai dari Rp15.000.

6. Kopi hitam khas nusantara – kopi khas Lombok

Jika Anda suka kopi, harus mencoba kopi ini dari Lombok! Tidak hanya menyegarkan tubuh, kopi ini juga memiliki cita rasa istimewa. Varietas terkenal adalah Sembalun arabica dan Lombok Ganges Robusta.

Oleh khas Lombok - kopi
Kredit gambar: @toko_bintangrajawali (kiri), @indrawati_edy (kanan)

Rasa yang dapat diperoleh dari kopi robusta Gangga Lombok adalah rasa lembut antara leci, kacang, coklat atau gula merah. Sedangkan untuk kopi Sembalun Arabica dengan bumbu, karamel, dan rasa cokelat. Kopi spesial ini dijual di banyak lokasi di Lombok sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya dan Anda dapat memilih sesuai dengan selera Anda.

Dapat dibeli di: Nuansa Kopi, Jl. Diponegoro No.27, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83511.
Harga: mulai dari Rp 21.000.

7. Manis dengan penampilan menggoda – Manisan dan Rumput Laut Dodol

Oleh khas Lombok - Manisan dan rumput laut dodol
Kredit gambar: @ aderida93

Lombok memiliki banyak pantai yang menyimpan kekayaan alam, yaitu rumput laut. Rumput laut bergizi dan rendah kalori kemudian diolah oleh masyarakat sekitar menjadi manisan berwarna-warni ini.

Selain permen, rumput laut juga diolah menjadi dodol. Dodol rumput laut ini diberi berbagai perasa buah seperti sirsak, nangka, tomat, labu dan lain-lain. Sedangkan manisan rumput laut memiliki rasa seperti jeli yang hampir sama untuk semua warna. Suvenir ini cocok untuk segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, untuk makanan penutup atau makanan ringan.

Dapat dibeli di: Phoenix Food Showroom, Jl. A. A Gede Ngurah, Sel Cakranegara. Baru, Mataram, Nusa Tenggara Barat 83232.
Harga: mulai dari Rp12.500.

8. Oleh khas Lombok untuk melengkapi gaya sederhana dan elegan – Mutiara

Mutiara dari Lombok dikenal karena kualitasnya ke luar negeri karena butirannya yang besar dan kilau yang indah. Ada dua sumber untuk memproduksi mutiara di Lombok, yaitu dari tiram mutiara di laut dan kerang yang dibudidayakan di air tawar.

Oleh khas Lombok - Mutiara Lombok
Kredit gambar: @fitri_mutiaralombok

Kualitas dan harga mutiara ditentukan oleh beberapa aspek seperti tingkat kilau, bentuk sempurna, lapisan warna, kondisi permukaan dan ukuran mutiara. Semakin bagus nilainya, tentu saja semakin tinggi harga mutiara. Tetapi jika Anda memiliki anggaran terbatas, jangan khawatir! Anda masih dapat membeli mutiara meskipun kualitasnya tidak berkualitas. Sangat banyak penjual mutiara yang tersebar di Lombok dan mutiara yang mereka tawarkan masih terlihat elegan dengan harga yang lebih terjangkau. Model mutiara ini umumnya minimalis sehingga cocok untuk Anda gunakan di setiap kesempatan dan mudah dipadupadankan.

Dapat dibeli di: Mutiara Lombok Sekarbela, Jl. Masjid Sultan Kaharudin Gang No. Ar Raisiah. 7, Sekarbela Karang Pule, Mataram, Nusa Tenggara Barat 83116.
Harga: mulai dari Rp45.000.

9. Makanan ringan gurih dan lezat – Kacang Mete

oleh cabe khas - kacang mede
Kredit gambar: @ raja.mete06

Kacang mete di Lombok dijual dalam berbagai rasa seperti kacang mede musiman (asin, manis atau pedas), kacang mede oven, kacang mede madu, dan kacang mede gurih. Menanam mete mekar dikembangkan di Lombok sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan penjual kacang mete ini. Harganya bisa lebih murah daripada di Jakarta.

Kacang mete sangat cocok disajikan sebagai camilan. Selain rasanya yang enak, kacang ini juga dikatakan meningkatkan mood karena mengandung tryptophan yang dapat menghasilkan hormon serotonin sehingga perasaan Anda menjadi lebih senang setelah mengkonsumsinya.

Dapat dibeli di: Phoenix Food Showroom, Jl. A. A Gede Ngurah, Sel Cakranegara. Baru, Mataram, Nusa Tenggara Barat 83232.
Harga: mulai dari Rp13.500.

10. Kerajinan keren dan unik – Tenun Ketak

Ketak sendiri adalah nama tanaman pakis yang tumbuh menyebar. Awalnya, ketak tenun ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat Lombok. Karena melihat potensi yang ada, pemerintah membimbing masyarakat sekitar sehingga mereka dapat menghasilkan berbagai bentuk tenun yang indah untuk dijual.

Oleh khas Lombok - Tenun Katak
Kredit gambar: @duabags (kiri), @atiekarrief (kanan)

Ini bisa berupa tas anyaman atau perlengkapan rumah tangga seperti meja, kursi, tatakan dan kotak tisu. Sangat cocok untuk oleh-oleh untuk keluarga Anda atau bahkan untuk penggunaan Anda sendiri!

Dapat dibeli di: Ketak Nusa Indah Artshop, Jl. Karang Bayan No.01, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83371.
Harga: mulai dari Rp 30.000.

Baca juga: 14 Objek Wisata Lombok Eksotis dan Tersembunyi

Pilihan oleh Lombok istimewa sangat bervariasi dan menarik, bukan? Anda dapat mulai merencanakan perjalanan Anda ke Lombok, dan berhati-hatilah untuk tidak menjadi gila ketika Anda sampai di sana!

Pos Oleh Oleh Khas Lombok Untuk Penanganan yang Mengesankan muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin