Garut adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki pemandangan alam indah sebagai daya tariknya. Namun selain pemandangan alam, Garut juga punya banyak produk khas yang cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh? Asyiknya lagi, kamu sudah dapat membeli produk-produk ini secara online sehingga tidak perlu menunggu kesempatan berkunjung ke Garut jika ingin menikmatinya. Jika teman atau keluargamu ada yang menggemari salah satu produk ini, kamu bisa mengirimkannya kepada mereka sebagai buah tangan.

Dodol hanyalah salah satu dari beragam produk yang terkenal dari Garut. Selain dodol, Garut juga punya banyak variasi kuliner dan kriya yang akan menggodamu untuk berbelanja. Simak berbagai pilihan oleh-oleh khas Garut yang direkomendasikan TripZilla di bawah ini. Jangan sampai kamu melewatkan produk kuliner dan kerajinan tangan yang jadi primadona di Garut ya!

1. Produk kulit dengan kualitas wahid untuk melengkapi penampilanmu

oleh oleh khas Garut
Image credit: Paparillo Leather Jacket

Garut terkenal sebagai sentra perajin kulit dengan kualitas dan rentang harga yang beragam. Jika kamu menginginkan produk kulit yang halus dengan jahitan rapi, jangan ragu untuk merogoh kocek lebih dalam. Kamu tidak akan menyesal karena produk kulit dari Garut sudah terkenal kualitasnya dan banyak dibeli untuk dijual kembali dengan harga lebih mahal. Selain itu, kalau membeli langsung dari pedagang di Garut, harganya akan lebih terjangkau. Salah satu toko yang bisa kamu kunjungi adalah Paparillo Leather Jacket dan produknya tersedia online lewat website atau akun Instagram di @paparilloleatherjacket. Jaket, sepatu, tas, sarung tangan, topi, bagtag dan dompet dari kulit yang elegan akan kamu temukan di sini. Saatnya tampil berkelas dengan produk lokal, nih!

Alamat: Jl. Otista No. 66, Tarogong, Garut
Harga: Mulai dari 85,000 IDR

2. Jeruk Garut yang segar dan menyehatkan

Image credit: Jeruk Garut Fresh Fruit

Jeruk adalah salah satu komoditas yang terkenal di Garut dan tentu saja rugi kalau kamu nggak mencobanya. Warna kulit kehijauan dengan rasa dominan manis membuat jeruk ini mudah disukai. Di Garut sendiri telah dibuka wisata petik jeruk, tetapi kamu tidak perlu sedih kalau belum bisa berkunjung ke Garut. Jeruk Garut ini sudah bisa dibeli secara online, salah satunya melalui akun Instagram @jerukgarutfreshfruit.id. Selain buah jeruk yang dipetik dari perkebunan sendiri, juga dijual olahannya yaitu jus jeruk. Kamu dapat memesan melalui Whatsapp dan kalau kamu penggemar jeruk, toko ini juga bisa melayani pemesanan dalam partai besar lho!

Alamat: Bumi Malayu Regency B1-10, Samarang, Garut
Harga: Mulai dari 18,000 IDR per kg

3. Ladu, kuliner khas dari Malangbong

Sudah pernah mendengar ladu? Ladu adalah kudapan yang terbuat dari beras ketan dengan tekstur yang agak kasar. Ladu terkenal sebagai makanan khas dari daerah Malangbong di Garut dan umumnya dijual di pasar-pasar tradisional. Mulanya ladu hanya dibuat di rumah-rumah penduduk untuk menjamu tamu dan karena banyak yang meminta, akhirnya ladu diperdagangkan. Salah satu penjual ladu yang membuka toko online adalah @jogloabah. Kamu dapat mengecek mengenai lokasi atau pesan antar melalui Whatsapp. Selain ladu, Joglo Abah menjual berbagai cemilan asin dan manis lewat tokonya yang juga ada di Tokopedia.

Alamat: Jl. Otista No. 8, Garut
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

4. Burayot untuk teman minum tehmu

Cemilan yang satu ini terbuat dari campuran gula merah, tepung beras, kacang tanah dan minyak kelapa. Asal nama burayot berasal dari bahasa Sunda ngaburayot, yang artinya bergelantungan. Ini karena saat burayot ditiriskan setelah digoreng, digunakan penusuk bambu dan tekstur yang lembek membuat burayot tampak menggantung. Unik ya? Selain unik, rasanya juga renyah apalagi kalau kamu makan burayot yang baru selesai digoreng dan masih panas. Di Garut, terdapat beberapa varian rasa burayot misalnya rasa wijen, keju, kacang tanah, jahe dan cokelat. Jika kamu penasaran dengan rasanya, bisa juga membelinya secara online lewat Instagram @jogloabah.

Alamat: Jl. Otista No. 8, Garut
Harga: Mulai dari 28,000 IDR

5. Batik dengan warna-warni cerah yang membuatmu tampak lebih segar

oleh oleh khas garut
Image credit: Batik Pelangi

Siapa yang tidak kenal dengan batik dengan warna-warni cerah dan motif yang cantik ini? Motif-motif pada batik Garut ini terinspirasi dari keindahan alam yang ada di Garut, termasuk tumbuhan dan hewan-hewannya. Beberapa motif yang umum digunakan misalnya motif bulu hayam, lereng kangkung, lereng, merak ngibing dan cupat manggu. Kamu bisa memilih jenis batik sesuai dengan anggaranmu, karena batik Garut tersedia dalam bentuk batik tulis, batik cap, batik kombinasi tulis dan cap serta batik lukis. Bila kamu ingin mempunyai salah satu kain batik yang memikat ini, kamu dapat membelinya lewat Instagram @batikpelangi_. Terdapat banyak variasi warna dan corak mulai dari yang berwarna cerah hingga netral. Batik Pelangi juga dapat kamu temukan di Shopee dan Tokopedia lho, sehingga semakin memudahkanmu untuk berbelanja!

Alamat: Rupa Rupi Handicraft Market Jl. Jendral Ahmad Yani No. 837, Bandung
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

6. Si bundar emplod yang bisa membuatmu ketagihan

oleh oleh khas garut
Image credit: Emplod Ngeunah

Emplod ini adalah kudapan yang disebut juga dengan Endog Lewo, karena bentuknya yang bulat seperti telur atau endog dan berasal dari daerah Lewo di Garut. Komposisi bahan yang digunakan sederhana yaitu singkong, tepung tapioka, kelapa parut, bawang dan bumbu penyedap. Tetapi bahan-bahan sederhana ini bisa menghasilkan makanan renyah yang dari penampilannya saja sudah menggoda untuk mencobanya, lho! Emplod juga dibuat dalam berbagai macam rasa seperti asin, manis, pedas, keju, balado dan jagung manis. Salah satu toko yang bisa kamu cek lewat Instagram adalah @emplodngeunah. Harga yang terjangkau dan penampilan yang menarik membuat emplod ini cocok banget dijadikan oleh-oleh untuk teman atau keluargamu.

Alamat: Jl. Terusan Pembangunan No. 6, Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut
Harga: Mulai dari 13,000 IDR

7. Dodol legendaris yang tidak boleh dilewatkan

Image credit: Dodol Picnic

Kalau membicarakan Garut, yang langsung terlintas di otakmu pasti adalah dodol. Dodol memang jajanan legendaris dari Garut yang disukai tua muda karena kenyal dan manis, serta harganya yang terjangkau. Dodol di Garut tersedia dalam berbagai rasa dengan penampilan yang menarik dari segi warna maupun kemasan. Salah satu dodol yang sudah berinovasi adalah Dodol Picnic. Pabrik dodol ini telah berdiri sejak tahun 1949 dan semakin berkembang hingga kini. Dodol yang diproduksi punya aneka rasa unik misalnya rasa strawberry, kurma, cocopandan dan banyak lagi. Kamu dapat mengintip produknya lewat Instagram @dodolpicnic dan membeli melalui Shopee atau Tokopedia. Selain dodol dengan bermacam-macam rasa, Dodol Picnic juga menjual Dol Choc yang merupakan campuran cokelat dan dodol lho!

Alamat: Jl. Pasundan No. 102, Kota Kulon, Garut
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

8. Campuran cokelat dan dodol yang tersohor dari Chocodot

oleh oleh khas Garut
Image credit: Chocodot Indonesia

Chocodot terkenal dengan olahan cokelat dan dodolnya yang inovatif dengan nama-nama unik. Dodol Garut pun semakin terkenal di dunia kuliner berkat Chocodot. Campuran cokelat dan dodol tak sengaja ditemukan saat dodol terjatuh ke dalam adonan cokelat dan setelah dicicipi, ternyata rasanya enak. Berangkat dari penemuan itu, maka dibuatlah Chocodot dengan menggunakan tiga varian cokelat yaitu dark chocolate, white chocolate dan milk chocolate. Kreativitas pun berlanjut dengan penamaan yang out of the box seperti cokelat Cegah Alay, cokelat Rasa Sayang atau cokelat Enteng Jodoh. Saat ini, ragam produk yang tersedia semakin banyak seperti dodol kukus, coklat isi dodol blueberry dan masih banyak lagi. Penasaran? Kamu bisa pesan Chocodot lewat Instagram @chocodot_indonesia, Tokopedia atau Shopee. Yummy!

Alamat: Jl. Otista No. 2, Pasawahan, Tarogong Kaler, Garut
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

9. Opak ketan nan renyah dari Bungbulang

Makanan khas Bungbulang ini juga terkenal di kalangan penggemar kuliner Garut karena rasanya yang berbeda dengan opak lain. Terbuat dari bahan utama beras ketan dan saripati kelapa, setelah digoreng opak ini akan menjadi cemilan atau teman makan yang pas. Opak renyah berwarna kecoklatan dan mengembang sangat nikmat dan dapat membuatmu ketagihan. Tetapi jika belum bisa ke Garut, kamu dapat membeli opak ini salah satunya lewat Instagram @oleholehgarut09. Selain opak, toko ini juga menjual beragam cemilan lainnya yang menarik lho!

Alamat: Kp. Babakan Sapotong, Desa Negelasari, Kecamatan Kadungora, Garut
Harga: Mulai 30,000 IDR

10. Moring yang bikin aci terasa nggak membosankan

Moring adalah singkatan dari cimol kering. Seperti yang kamu tahu, cimol sendiri terbuat dari aci yang digemol alias dibentuk bulat-bulat. Aci berbahan dasar tepung dan memiliki rasa polos yang sederhana, namun dalam pengolahannya ditambahkan bumbu-bumbu yang mengubah rasanya jadi menggoyang lidah. Moring tersedia dalam berbagai rasa seperti pedas, keju atau barbeque. Jika kamu ingin mencicipinya, kamu dapat memesan melalui akun Instagram @oleholehgarut09 juga, lho!

Alamat: Kp. Babakan Sapotong, Desa Negelasari, Kecamatan Kadungora, Garut
Harga: Mulai 8,000 IDR

11. Kerajinan akar wangi untuk memperindah rumahmu

oleh oleh khas garut
Image credit: Zocha Graha Kriya

Garut adalah penghasil tumbuhan akar wangi yang terbesar di Indonesia lho! Akar ini mengandung minyak atsiri yang membuatnya beraroma harum dan sering dipakai sebagai bahan penghilang bau mulut dan pembuat aromaterapi. Selain itu, daun dan batang akar wangi juga dapat digunakan untuk bahan baku kerajinan misalnya tas, pajangan, sajadah hingga taplak meja. Kerajinan akar wangi ini digarap oleh salah satunya Graha Kriya Zocha dan kamu bisa melihat produknya lewat Instagram @zochagrahakriya atau website. Kamu dapat memesan barang yang sudah jadi atau meminta dibuatkan sesuai dengan selera pribadi. Corak tenunan akar wangi yang unik akan membuat suasana di rumahmu menjadi berbeda dan lebih mengesankan lho!

Alamat: Jl. Pakuwon No. 10, Garut
Harga: Mulai dari 50,000 IDR

12. Bolu aren alias Bolagar yang kekinian

Image credit: Raden Aren

Bolagar alias Bolu Aren Garut ini menambah keragaman jenis oleh-oleh khas Garut masa kini. Keunikan yang membedakannya dari bolu lain adalah bahan baku yang menggunakan gula aren yang dibeli dari para petani di Garut. Bolu ini semakin tidak membosankan karena mempunyai beberapa varian rasa yaitu original, keju, karamel dan cokelat. Kalau kamu sudah tergoda dengan penampilannya yang menarik, datanglah ke toko Raden Aren atau cek Instagramnya di @bolagar_oleholehgarut. Harganya juga terjangkau jadi kamu bisa nih mencoba beberapa rasa sekaligus!

Alamat: Jl. Raya Cimanuk No. 160, Jayawaras, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

13. Kue mayit yang tidak seseram namanya

oleh oleh khas Garut

Kue tradisional ini umumnya disajikan pada hari-hari raya seperti pernikahan atau Idul Fitri. Digemari banyak orang, kue dengan rasa manis ini terbuat dari tepung beras atau tepung ketan, kelapa dan gula. Warna luarnya putih dan rasanya legit di mulut. Nama mayit disematkan karena penampilan luar kue ini seperti mayat yang dibungkus kain kafan. Tapi kalau sudah mencobanya, nama seram itu jadi tidak ada artinya karena rasanya yang nikmat! Kue mayit bisa kamu dapatkan salah satunya lewat Instagram @primarasa_garut dan Tokopedia. Sentra oleh-oleh ini juga menjual beragam penganan lain yang bisa membuatmu lapar mata, hati-hati ya!

Alamat: Jl. Ciledug No. 175, Kota Kulon, Garut
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

14. Pakaian dari kain tenun sutra yang nyaman dan cantik

Image credit: Tenun Sutra Isam

Cantik-cantik banget kan modelnya? Tenun sutra adalah salah satu kerajinan dari Garut dan kamu bisa memperoleh kain tenun sutra yang halus dan mewah ini dalam bentuk meteran atau sudah dijahit menjadi baju. Garut dikenal sebagai daerah penghasil sutra, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas dari bahan baku sutranya. Kain ini pun tidak mudah kusut sehingga nyaman untuk dikenakan. Salah satu toko perajin tenun sutra yang dapat kamu cek di Instagram adalah @tenunsuteraisam. Kamu pun bisa membeli kain batik sutra dengan motif dan warna yang tidak kalah mewahnya di sini, sekaligus menjadi oleh oleh khas Garut kamu.

Alamat: Jl. Mayor Suherman, Perumahan Agnya Residence Ruko No. 1-2, Tarogong Kaler, Garut
Harga: Mulai dari 400,000 IDR

Baca juga: 19 Destinasi Wisata Di Garut Yang Anti-Mainstream, Keren Dan Instagramwothy

Jadi di Garut tidak hanya ada dodol, tapi banyak banget pilihan oleh oleh khas yang tersedia untuk kamu coba, kan?

The post Oleh Oleh Khas Garut Yang Unik Dan Wajib Kamu Beli! appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin