Virus corona Covid-19 telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO. Dari data di situs resmi WHO, hingga artikel ini dipublikasikan, ada 334.981 kasus dengan 14.652 kematian dan 190 negara tercatat menangani kasus-kasus ini. Karena wabah itu, sejumlah negara mengeluarkan kebijakan penguncian dan larangan bepergian ke dan dari luar negeri.

Di bawah ini adalah sejumlah negara dengan kebijakan penguncian dan yang telah mengeluarkan peringatan perjalanan. Bahkan memiliki paspor terkuat tidak akan bisa masuk karena situasi ini!

Negara-negara Asia yang melakukan penguncian

Kamboja

Dimulai pada 14 Maret, Kamboja menerapkan larangan kedatangan selama 30 hari bagi wisatawan yang datang dari Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol pada 17 Maret 2020.

Malaysia

Pemerintah Malaysia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang menerapkan kebijakan penguncian yang mulai berlaku 18 Maret 2020 hingga akhir bulan.

Orang Filipina

Bepergian ke dan dari Manila dilarang hingga 14 April dan beberapa daerah memberlakukan jam malam mulai pukul 20.00 hingga 5.00.

Singapura

Warga yang bepergian ke Cina, Iran, Italia, Korea Selatan, Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol dalam 14 hari terakhir tidak diizinkan masuk atau transit di Singapura. Sejumlah besar pertemuan warga dilarang, tetapi sekolah dan tempat kerja tetap terbuka.

Orang Vietnam

Pemerintah melarang penduduk yang telah ke Inggris atau Schengen dalam 14 hari terakhir memasuki wilayah mereka. Larangan ini berjalan selama 30 hari ke depan. Tujuan wisata di Vietnam juga ditutup. Pemerintah telah menangguhkan sementara visa untuk warga Denmark, Norwegia, Finlandia, Swedia, Inggris, Jerman, Prancis dan Spanyol.

Korea Selatan

Kredit gambar: Min Woo

Warga yang datang dari Provinsi Hubei, China dalam 14 hari terakhir dilarang memasuki Korea Selatan.

Jepang

Jepang melarang masuknya penduduk yang datang dari daerah yang terinfeksi di Cina, Korea Selatan atau Italia untuk memasuki negara mereka dalam 14 hari ke depan, kecuali bagi warga negara Jepang. Sejumlah tujuan wisata populer di Jepang ditutup.

India

India melarang bepergian ke dan dari Uni Eropa, Inggris dan Turki. Selain itu, warga juga diminta mengkarantina diri selama 14 hari setelah datang dari Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Kuwait, Cina dan Korea Selatan. India juga menghentikan sementara visa hingga 15 April.

Hongkong

Mulai 19 Maret, semua warga yang datang ke daerah ini harus melakukan karantina sendiri selama 14 hari.

Cina

China memiliki peraturan ketat, mulai dari penguncian di wilayah Hubei dan kewajiban karantina. Di Beijing, semua warga negara asing dan lokal yang datang dari luar negeri harus mengkarantina diri selama 14 hari.

Srilanka

Sri Lanka menangguhkan semua penerbangan internasional yang menuju ke negara mereka pada 18 Maret 2020 dan selama dua minggu ke depan. Setiap kru dan penumpang dalam penerbangan dan penerbangan selanjutnya dilarang masuk.

Orang Taiwan

Pemerintah Taiwan telah melarang warga negara asing yang telah mengunjungi China, Hong Kong dan Makau sejak 14 hari terakhir mereka masuk.

Yordania

Jordan menutup semua gerbang perbatasan dan pintu masuk ke negara mereka, baik dari darat maupun laut, sambil menghentikan semua penerbangan internasional.

Australia

Australia menutup pintu masuk dan keluarnya mulai 20 Maret 2020 dan hanya warga negara Australia yang bisa masuk. Tempat-tempat umum seperti pantai, kafe, restoran, tempat ibadah dan kasino juga ditutup.

Selandia Baru

Selandia Baru memberlakukan aturan isolasi diri selama 14 hari untuk warga negara yang telah melakukan perjalanan dari luar negeri. Kapal pesiar juga dilarang berlabuh di Selandia Baru hingga 30 Juni dan orang-orang dilarang bepergian kecuali untuk alasan penting.

Amerika

Argentina

Pemerintah menutup pintu perbatasan selama 15 hari ke depan.

Bolivia

Semua penerbangan internasional ke Bolivia dibatalkan dan semua pintu masuk ditutup hingga 31 Maret 2020.

Kanada

Pemerintah Kanada menutup pintu masuknya ke negaranya bagi warga negara asing.

Cabai

Chile menutup pintu imigrasi sejak 18 Maret 2020.

Kolumbia

Kolombia menolak kedatangan asing sejak 16 Maret 2020. Kolombia yang datang dari luar negeri harus diisolasi selama dua minggu. Sekolah dan universitas ditutup.

Kosta Rika

Kosta Rika menutup semua pintu masuk ke negaranya sejak 18 Maret 2020. Warga negara Kosta Rika yang datang dari luar negeri diharuskan untuk melakukan isolasi selama 14 hari.

Ekuador

Pintu masuk ke Ekuador ditutup untuk semua warga negara asing. Warga negara Ekuador diminta untuk kembali ke negara mereka sebelum peraturan ketat diberlakukan.

El Salvador

El Salvador mengeluarkan kebijakan darurat nasional pada 15 Maret 2020 meskipun tidak ada kasus virus korona di negara mereka. Kebijakan pembatasan untuk memasuki dan meninggalkan El Salvador ditetapkan, termasuk pembatasan kegiatan masyarakat di tempat-tempat umum.

Guatemala

Pemerintah melarang warga dari Eropa, Iran, Cina, Korea Selatan dan Korea Utara, Amerika Serikat dan Kanada memasuki negara mereka.

Honduras

Honduras menutup gerbang perbatasan mereka selama satu minggu dari 16 Maret 2020.

Panama

Mulai 16 Maret, Panama menolak masuknya warga negara asing. Semua kegiatan bisnis yang tidak penting ditutup.

Peru

Mulai 17 Maret, warga Peru diminta mengisolasi diri mereka sendiri dan perbatasan Peru ditutup selama 15 hari.

Uruguay

Mulai 13 Maret, pemerintah Uruguay mengharuskan semua warga negara dari Cina, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Iran, Spanyol, Italia, Prancis, dan Jerman mengisolasi diri selama 14 hari.

Amerika Serikat

keadaan terkunci

Pemerintah Amerika Serikat memberlakukan larangan perjalanan di semua wilayah Eropa dan perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat telah ditutup sejak 18 Maret. Pada 19 Maret, Departemen Dalam Negeri mengeluarkan kewaspadaan Tingkat 4 untuk Peringatan Perjalanan Global, yang merekomendasikan bahwa semua orang Amerika yang berada di luar negeri segera kembali atau tetap untuk beberapa waktu. Di dalam negeri, warga Amerika diminta untuk melakukan jarak sosial dan larangan membatasi orang hingga 10 orang dalam pertemuan.

Venezuela

Venezuela mewajibkan karantina untuk penduduk yang tinggal di sembilan negara bagian, termasuk ibu kota Caracas.

Negara-negara Afrika melakukan penguncian

keadaan terkunci

Etiopia

Ethiopian Airlines telah menghentikan penerbangan ke 30 negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak mulai 20 Maret. Semua warga negara asing yang memasuki Ethiopia harus mengkarantina diri mereka sendiri selama 14 hari.

Ghana

Pemerintah telah melarang masuknya warga negara dengan kasus korona terburuk selama 14 hari sejak 17 Maret, kecuali untuk warga Ghana. Namun setiap warga negara wajib mengkarantina diri selama 14 hari.

Madagaskar

Madagaskar melarang maskapai komersial dari Eropa memasuki negara mereka selama 30 hari. Semua penghuni harus melakukan isolasi selama 14 hari.

Mali

Semua penerbangan dari negara-negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi untuk Mali ditangguhkan sementara dari 19 Maret 2020.

Maroko

Semua penerbangan dari Aljazair, Belgia, Cina, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal dan Spanyol dihentikan, termasuk layanan feri. Pintu masuk ke Maroko dari rute darat di Ceuta dan Melilla juga ditutup. Semua penghuni harus siap untuk penyaringan dan karantina.

Nigeria

Pemerintah melarang masuk dari 13 negara yang dilaporkan memiliki lebih dari 1.000 kasus Covid-19, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, Norwegia, Belanda, Indonesia dan Cina. Pada 21 Maret, pemerintah menutup bandara internasional selama satu bulan.

Rwanda

Rwanda melakukan kuncian, melarang semua kegiatan di luar rumah selama dua minggu sejak 22 Maret 2020.

Somalia

Somalia melarang semua penerbangan internasional memasuki negara mereka.

Afrika Selatan

Pemerintah Afrika Selatan menutup semua pintu perbatasan dari warga dari negara-negara dengan risiko tinggi penularan Covid-19. Warga negara Afrika Selatan yang kembali dari luar negeri juga diharuskan menjalani isolasi selama 14 hari.

Uganda

Uganda menutup semua gerbang perbatasan untuk perjalanan dan lalu lintas komersial, kecuali kargo.

Tunisia

Tunisia menutup semua bangunan umum, perbatasan darat dan untuk sementara waktu menangguhkan penerbangan internasional. Jam malam dari pukul 6: 00-06: 00 juga diterapkan pada 18 Maret 2020.

Negara-negara Eropa yang melakukan penguncian

Para pemimpin Uni Eropa sepakat untuk berhenti dan menolak penerbangan ke Uni Eropa selama 30 hari ke depan sejak 17 Maret 2020.

Austria

keadaan terkunci

Pemerintah meminta rakyatnya untuk mengisolasi diri, menutup semua toko dan restoran, berhenti mengumpulkan lebih dari lima orang dan tidak meninggalkan rumah jika bukan karena keadaan darurat. Pemerintah juga melarang warga negara Inggris, Belanda, Rusia, dan Ukraina memasuki Austria tanpa sertifikat medis. Semua jalur kereta api dan penerbangan ke Italia, Swiss, Liechtenstein, Spanyol dan Prancis ditutup.

Belgium

Semua sekolah dan universitas ditutup hingga 3 April, sementara semua kegiatan olahraga dan rekreasi dibatalkan. Kafe, pub, restoran tutup sementara toko-toko direkomendasikan untuk ditutup pada akhir pekan.

Republik Ceko

Pemerintah Republik Ceko telah menyatakan status darurat nasional dan menutup sekolah, universitas, dan lembaga kebudayaan, sementara restoran, pub, pusat perbelanjaan tutup dalam periode yang ditentukan. Padahal semua pintu perbatasan tertutup bagi warga negara asing.

Denmark

Denmark menjadi salah satu negara yang mengunci dan menutup semua pintu perbatasan warga negara asing hingga 13 April. Sementara warganya diminta untuk tidak melakukan kegiatan di luar ruangan dan berada di rumah setiap saat.

Perancis

keadaan terkunci

Prancis menutup pintu perbatasan warga negara asing dan mengunci pada 16 Maret 2020. Orang Prancis hanya dapat meninggalkan rumah untuk membeli kebutuhan di supermarket, apotek, dan untuk bekerja.

Jerman

Semua sekolah, universitas, dan toko yang menyediakan barang-barang sekunder dan tersier di Jerman ditutup. Pemerintah juga melarang pertemuan yang dihadiri oleh lebih dari dua orang. Perbatasan ke Swiss, Austria, Denmark, dan Luksemburg juga ditutup.

Yunani

Semua perbatasan dengan Albania dan Makedonia Utara ditutup ke Yunani, dan semua pendatang baru dari luar negeri harus dikarantina selama 14 hari.

Hungaria

Pemerintah menerapkan aturan karantina pribadi selama 14 hari untuk siapa saja yang baru saja tiba dari Cina, Italia, Iran, Israel atau Korea Selatan. Semua kegiatan budaya dan olahraga juga dilarang, sementara restoran, kafe, dan pub tutup. Toko yang menyediakan staples akan tetap buka dengan jadwal terbatas, sementara pemeriksaan kesehatan rutin dilakukan.

Italia

Italia mengkarantina seluruh negara hingga 3 April 2020 dengan kuncian, di mana semua toko selain supermarket dan apotek di seluruh negara harus ditutup.

Irlandia

Pemerintah Irlandia adalah salah satu negara yang melakukannya kuncian sebagian dengan sekolah, universitas, dan lembaga budaya ditutup hingga 29 Maret. Semua kegiatan di luar ruangan dan yang memiliki potensi untuk mengumpulkan waktu juga akan dihapus, termasuk Festival Hari St. Patrick. Semua toko selain supermarket dan apotek tutup dan orang-orang Irlandia diminta untuk tidak bepergian.

Belanda

Semua sekolah, kafe, restoran, dan tempat-tempat umum ditutup untuk umum.

Norway

Warga negara yang datang ke Norwegia dari luar Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, Swedia, Greenland, Kepulauan Faroe, dan Kepulauan Aland harus melakukan isolasi selama 14 hari.

Polandia

Pemerintah telah melarang semua warga negara asing memasuki Polandia dari 15 Maret 2020 dan telah memberlakukan aturan karantina pribadi selama 14 hari untuk warga negara yang kembali dari luar negeri.

Rumania

Pemerintah menutup semua gerbang perbatasan dan melarang warga negara asing memasuki Rumania mulai 21 Maret 2020, dengan pengecualian mereka yang menjadikan negara ini titik transit untuk pergi ke negara lain.

Rusia

Pemerintah melarang semua warga negara asing memasuki negara mereka hingga 1 Mei 2020.

Serbia

Pemerintah Serbia menutup semua pintu masuk ke negara mereka, dari bandara, jalan menuju rel kereta api dan menghentikan semua transportasi massal.

Slovenia

Selain supermarket, stasiun pengisian bahan bakar, apotek, bank, dan toko pertanian, pemerintah Slovenia telah meminta agar semua toko ditutup. Demikian juga sekolah dan transportasi massal. Peringatan perjalanan juga dikeluarkan.

Orang Spanyol

Pemerintah Spanyol termasuk negara yang dikurung sejak 14 Maret 2020 untuk bulan depan. Universitas dan sekolah, restoran dan fasilitas hiburan, serta semua toko selain supermarket dan apotek, harus ditutup. Warga juga diminta tinggal di rumah mereka dan hanya diizinkan keluar untuk mendapatkan makanan, bekerja, mendapatkan perawatan kesehatan, dan membantu orang yang membutuhkan bantuan. Denda menunggu jika ada warga yang melanggar aturan ini.

Swiss

Sekolah dan universitas telah ditutup oleh pemerintah Swiss, sementara kegiatan publik berkelompok dilarang. Restoran, bar, dan klub dengan akses terbatas juga diizinkan untuk dibuka. Sejumlah gerbang perbatasan ditutup dan prosedur penyaringan diperketat.

UK

Pemerintah Inggris meminta warganya untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah selain untuk kegiatan penting, seperti untuk mendapatkan kebutuhan poko, pergi ke dokter untuk bekerja.

Israel

Pemerintah Israel melakukan kurungan dan memberlakukan karantina sendiri selama 14 hari untuk warganya yang baru saja kembali dari luar negeri. Selain itu, pintu perbatasan ke sejumlah negara ditutup dan pemerintah Israel melarang masuknya warga dari Jerman, Prancis, Spanyol, Swiss, Austria, Andorra, dan San Marino tanpa sertifikat medis.

Baca juga: Tur Virtual, Cara Lain untuk Melakukan Perjalanan Selama Terkunci dan Jarak Sosial

Sudah tahu negara mana yang mengunci dan mengeluarkan peringatan perjalanan atau menolak warga negara asing yang masuk, kan? Untuk alasan ini, saat ini, lebih bijaksana bagi Anda untuk memutus rantai penyebaran virus Corona Covid-19 dengan #stayathome dan #jagajarak. Setuju?

Postingan Negara-Negara Yang Melakukan Penguncian dan Menerbitkan Peringatan Perjalanan Karena Pandemi Virus Corona muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *