Karena wabah virus korona Coona-19 di seluruh dunia, sejumlah negara telah mulai mengadopsi kebijakan penguncian, seperti Malaysia dan Prancis. Untuk alasan ini, pemerintah meminta semua warga negara Indonesia yang bepergian ke luar negeri untuk segera kembali untuk menghindari kuncian.

Kementerian Luar Negeri dalam pernyataan di situs resminya pada Selasa (17/3), memperkirakan sejumlah negara akan mengeluarkan kebijakan penguncian dan menghentikan penerbangan baik yang keluar maupun memasuki negara mereka. Untuk alasan ini, warga negara Indonesia yang bepergian ke luar negeri diharapkan untuk segera kembali ke Indonesia sebelum mengalami kesulitan penerbangan lebih lanjut.

Kementerian Luar Negeri juga akan meminta warga negara Indonesia yang datang dari luar negeri untuk melakukan pemeriksaan tambahan di Kantor Kesehatan Pelabuhan, terutama bagi penduduk yang mengunjungi Malaysia, Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss, Inggris dan sejumlah negara lain. Jika gejala awal virus Covid-19 korona ditemukan, orang yang bersangkutan harus masuk karantina di fasilitas pemerintah selama 14 hari. Namun, mereka yang baru saja datang dari luar negeri juga sangat dianjurkan untuk melakukan karantina independen selama 14 hari, meskipun tidak ada gejala awal yang ditemukan tertular virus korona.

Kementerian Luar Negeri juga meminta warga negara Indonesia yang akan berangkat ke negara lain untuk terus memantau dan memperhatikan informasi dalam aplikasi Perjalanan Aman, atau hubungi hotline perwakilan RI terdekat.

Kebijakan ini mulai berlaku pada hari Jumat (20/3) pukul 00.00 WIB dan pemerintah menegaskan bahwa kebijakan tersebut dapat berubah setiap saat dengan melihat perkembangan yang ada.

Saat ini virus korona telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO dan telah menyebar ke 162 negara dan menginfeksi lebih dari 185.000 orang. Lebih dari 80.000 orang telah pulih dan lebih dari 7.200 orang telah meninggal karena virus ini.

Baca juga: Singapura Mengeluarkan Peraturan Baru untuk Turis ASEAN

Bagi mereka yang memiliki teman atau keluarga yang bepergian ke luar negeri, tidak ada salahnya memberitahukan permohonan Kementerian Luar Negeri untuk menghindari kerabat yang terkena kebijakan penguncian di negara lain. Jangan lupa untuk tetap waspada!

Posting Menghindari Penguncian, Warga Negara Indonesia Di Luar Negeri Diminta untuk Kembali ke Indonesia muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin