Siapa di antara Anda yang pernah ingin buang air kecil, atau buang air besar, saat berada di pesawat terbang? Jika memang tidak ada pilihan lain, menggunakan toilet di pesawat adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan keinginan Anda, bukan?

Namun tahukah Anda ada cara dan etika yang harus diikuti saat menggunakan toilet di pesawat? Jika tidak, mungkin Anda harus mulai mencari tahu, memahami dan mengikutinya semaksimal mungkin karena pada akhirnya bersikap dan mengikuti etika yang ada merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kualitas diri Anda di masyarakat. Setuju?

Cara menggunakan toilet di pesawat terbang

1. Bagi yang ingin menggunakan toilet, wajib mengetahui dan memperhatikan apakah lampu untuk menggunakan sabuk pengaman sudah dimatikan atau belum. Hal ini terkait dengan keselamatan dan keamanan, tidak hanya bagi Anda yang menggunakan toilet, tetapi juga bagi penumpang dan awak lainnya.

2. Jika lampu untuk menggunakan sabuk pengaman sudah dimatikan, anda bisa turun dari tempat duduk dan menuju toilet terdekat. Sesampainya di depan toilet, jangan langsung masuk! Perhatikan tanda di depan toilet apakah masih ada yang menggunakannya atau kosong. Jika kosong, Anda tinggal masuk dan menggunakannya.

3. Setelah masuk dan mengunci pintu, Anda dapat menggunakan toilet dan semua perlengkapan di dalamnya dengan baik. Gunakan air secukupnya dan sabun cuci tangan. Jangan lupa untuk menekan tombol Flush atau Push setelah buang air kecil, baik buang air kecil maupun besar, selesai. Jika “urusan” di toilet sudah selesai, pastikan sekali lagi toilet dalam kondisi bersih agar penumpang lain setelah Anda bisa menggunakannya dengan nyaman!

4. Akhirnya, Anda dapat kembali ke tempat duduk Anda segera setelah "urusan" toilet selesai.

Etika menggunakan toilet pesawat

Nah, sudah tahu kan cara menggunakan toilet di pesawat? Lalu, ada juga etika yang harus diketahui semua orang, mengingat toilet di pesawat merupakan fasilitas umum yang digunakan oleh banyak orang. Maka dari itu, selain tata cara menggunakan toilet di pesawat, Anda juga bisa memahami etika menggunakan fasilitas umum tersebut.

1. Perhatikan waktu toilet! Menggunakan toilet tidak bisa sembarangan karena menyangkut keamanan, keselamatan dan kenyamanan banyak orang. Ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk menggunakan toilet adalah saat penumpang sedang tidur. Sebaliknya, waktu terburuk untuk menggunakan fasilitas ini adalah setelah layanan makanan dikeluarkan karena akan ada antrean panjang.

Perlu Anda sadari juga bahwa toilet di dalam pesawat merupakan fasilitas umum yang juga digunakan oleh orang lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk membatasi waktu menggunakan toilet. Tujuh menit sudah cukup untuk menggunakan toilet.

2. Sangat penting untuk menutup rapat dan mengunci toilet. Ini penting karena mengunci toilet dengan benar juga menandakan bahwa toilet sedang digunakan. Toilet yang terkunci akan terlihat dalam bentuk tanda dari luar.

3. Jaga kebersihan toilet! Yang dimaksud bersih di sini adalah bebas dari percikan sisa buang air kecil, tisu bekas, termasuk bekas buang air kecil di toilet. Jika terdapat cipratan air, baik pada dinding, cermin maupun lantai, Anda harus membersihkannya dengan tisu yang tersedia hingga bersih dan kering. Buang sisa tisu di tempat sampah yang tersedia. Jangan lupa juga menyiram kloset setelah dipakai sampai bersih.

4. Wastafel dan lantai toilet bukan untuk muntah! Jika ingin muntah, Anda bisa menggunakan toilet sebagai wadah, bukan wastafel. Selain tidak higienis, muntahan bisa terciprat di berbagai tempat. Wastafel hanya digunakan untuk cuci tangan, gosok gigi dan cuci muka. Anda juga harus mengeringkan wastafel dengan tisu sebelum meninggalkan toilet. Selain itu, Anda juga harus merapikan semua peralatan di toilet dan wastafel setelah digunakan, termasuk menjemurnya.

5. Jangan merokok di toilet. Ada aturan yang melarang merokok di pesawat, termasuk di toilet. Karena itu, jangan pernah berpikir untuk melakukan aktivitas ini di pesawat!

Tips untuk menggunakan WC

Nah, buat kamu yang ingin menggunakan toilet umum di pesawat ini, ada sejumlah tips yang bisa kamu gunakan agar fasilitas tersebut tetap bersih dan nyaman. Ini sangat penting dalam situasi pandemi di seluruh dunia dan kebersihan adalah yang terpenting dalam segala hal.

1. Gunakan tisu untuk menekan tombol siram. Tombol ini bisa dikatakan "favorit" yang banyak disentuh orang saat menggunakan toilet. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak menyentuh tombol ini dengan tangan Anda secara langsung. Gunakan tisu sebagai alas sebelum menyentuh tombol!

2. Penumpang dapat meminta plastik kepada pramugari / a untuk membuang popok bekas. Jadi, jangan membuang popok bekas bayi Anda langsung ke tempat sampah di toilet, tapi taruh di kantong dulu.

3. Penumpang juga bisa meminta segelas air untuk membilas "punggung" Anda. Bagi yang belum terbiasa "membersihkan" diri dengan tisu setelah buang air kecil atau besar, bisa meminta air kepada pramugari.

4. Jika toilet berbau tidak sedap, Anda juga bisa meminta pramugari untuk menyemprot ruangan dengan pengharum ruangan.

5. Selalu bawa pembersih, sabun cair dan air ke dalam botol saat Anda pergi ke toilet. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, ketiganya bisa membantu Anda meminimalkan risiko tertular virus yang tidak diinginkan saat menggunakan fasilitas umum.

Baca juga: Belanja di Bandara Bebas Bea, Yang Perlu Diketahui dan Dihindari!

Cara, tips, dan etiket menggunakan toilet di atas tidak hanya berlaku di pesawat, ya! Saat anda melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus hingga kapal laut, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan, keamanan dan kenyamanan orang lain dalam menggunakan toilet. Semoga bermanfaat!

Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Postingan Menggunakan Toilet Pesawat, Etika, Tip dan Cara Mengetahui muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin