Mendaki Gunung Fuji adalah daya tarik utama selama liburan ke Jepang, mengingat ketinggian 3.776 meter di atas permukaan laut telah menjadi ikon Negara Matahari Terbit. Asyiknya lagi, mendaki ke Gunung Fuji tidak dikenai biaya. Climbers dapat memberikan sumbangan sukarela sebesar 1.000 JPY (~ 122.000 Rupiah) jika mereka akan naik.

Namun, mulai musim panas 2020 mendatang, pendaki yang akan mendaki ke Gunung Fuji akan mendapatkan kewajiban untuk membeli tiket, yang nominalnya masih dalam pembahasan hingga saat ini, lapor Sora News 24. Nantinya, uang dari penjualan tiket masuk akan digunakan dalam program pelestarian dan kebersihan Gunung Fuji.

Gunung Fuji adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO yang sangat terpelihara. Gunung Fuji juga merupakan salah satu tujuan wisata populer di Jepang, dengan setidaknya 300.000 orang mengunjungi puncaknya setiap tahun.

Dengan begitu banyak orang mengunjungi Gunung Fuji, risiko kerusakan dan polusi muncul. Manajemen Gunung Fuji, Dewan Warisan Budaya Dunia Fujisan, mengatakan bahwa saat ini sedang berjuang untuk mengumpulkan dana untuk program pelestarian dan rehabilitasi di daerah sekitar Gunung Fuji, termasuk peningkatan fasilitas yang ada, seperti toilet, pengoperasian stasiun bantuan dan membersihkan sampah.

Manajemen Gunung Fuji telah menerapkan sistem donasi sukarela sejak 2014, di mana pendaki diminta untuk menyumbangkan 1.000 JPY, tanpa kewajiban untuk memberikan sumbangan. Namun, lebih dari 50 persen pendaki bersedia memberikan kontribusi dan membantu program keberlanjutan dan rehabilitasi Gunung Fuji. Bahkan tahun lalu, ada peningkatan sumbangan yang signifikan, hingga lebih dari 67 persen, untuk jalur Yamanashi dan Shizuoka.

Mempertimbangkan banyaknya orang yang masih peduli dengan pelestarian Gunung Fuji, para manajer dan komite sepakat untuk meminta pendaki membayar tiket untuk mendaki ke Gunung Fuji. Jika semua pihak setuju, terkait dengan rincian jumlah biaya dan metode pengumpulan, sistem pembelian tiket akan secara resmi diluncurkan pada musim panas 2020.

Baca juga: Nikmati Matahari Terbit di Gunung Fuji, Puncak Tertinggi di Jepang

Rencana membebankan tiket dengan harga tertentu kepada pendaki tidak menyurutkan niat Anda untuk melihat keajaiban puncak Gunung Fuji, bukan?

Pos Pendakian ke Gunung Fuji tidak lagi bebas dari musim panas 2020 yang muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin