Pangkalan Bun di Kalimantan Tengah terkenal karena keberadaan lokasi konservasi orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting. Selain itu, Pangkalan Bun juga populer karena memiliki makanan khusus yang unik dan Anda harus mencobanya!

Harap dicatat, wisata kuliner di Pangkalan Bun kaya dengan beragam menu ikan sungai yang jarang Anda santap di tempat lain. Harganya cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan uang saku. Pilihan berikut adalah versi khas Pangkalan Bun TripZilla itu patut Anda coba.

1. Ikan dengan kumis dengan daging kental – Ikan Baung

Makanan spesial Pangkalan Bun
Kredit gambar: @brosispku (kiri), @dodon_jerry (kanan)

Sekilas ikan lele ini memiliki ukuran tubuh besar dengan daging tebal dan duri berjajar rapi. Saat dimasak, bumbu yang diserap ke dalam daging akan membuat makanan Anda lebih baik. Kepala juga memegang potongan daging lunak untuk Anda temukan. Anda dapat menemukan banyak restoran yang menjual hidangan ikan baung ini, salah satu tempat yang populer adalah Rumah Api Rohani 47. Anda dapat memilih metode pemrosesan dengan menggoreng, memanggang, atau memasak dalam saus segar dan asam. Jika Anda memesan ikan, Anda juga akan mendapatkan saus sambal gratis. Sangat lezat!

Lokasi: Rumah Bakar Semangat 47 – Jl. Prince Antasari, Distrik Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 21.00
Harga: Mulai dari 65.000 IDR per porsi

2. Adiktif dan tidak cukup – Lais Ikan


Kredit gambar: @aziekitchen (di atas), @ eddy.wu.04 (di bawah)

Ikan ini tidak terlalu besar dan juga bisa diolah dengan cara digoreng atau dipanggang. Ada juga yang mengolahnya menjadi ikan asin atau ikan asap. Daging ikan lais lembut tapi masih kenyal dan jika dibakar dengan kecap, rasanya akan mengingatkan Anda unagi atau belut Jepang. Di Rumah Api Rohani 47, satu porsi ikan ini mengandung tiga ikan. Anda dapat memilih ukuran ikan yang Anda inginkan di sini. Jika Anda telah mencicipi satu ekor, maka satu porsi sebagian besar tidak akan berkurang!

Lokasi: Rumah Bakar Semangat 47 – Jl. Prince Antasari, Distrik Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 21.00
Harga: Mulai dari Rp 90.000 per porsi

3. Ikan endemik yang bergizi tinggi – Ikan Jerawat


Kredit gambar: @meibasuki (di atas), @filicialumanto (di bawah)

Jelawat adalah ikan yang hanya biasa ditemukan di perairan Kalimantan dan Semenanjung Melayu. Ini adalah alasan untuk tidak melewatkan menu ikan hitam, selain karena dagingnya tebal dan enak. Meski diproses dengan sedikit bumbu saat digoreng, rasanya tetap enak karena daging, kulitnya dan sedikit lemak yang menebar rasa umami di lidah Anda. Salah satu restoran yang menjual ikan adalah ini Warung Kuning alias War Ning. Jika Anda memesan ikan jelawat, Anda juga akan mendapatkan pendamping dalam bentuk tempe goreng dan sayuran segar. Lezat!

Lokasi: Warung Kuning / War Ning – Jl. Jenderal Ahmad Yani, Kabupaten Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Setiap hari, jam 9:00 pagi – 8:00 malam (Hari Minggu tutup jam 16:00)
Harga: Mulai dari Rp60.000 per porsi

4. Menu ikan yang sulit ditemukan – Ikan Kelabau


Kredit gambar: @noorainsamsudin

Ikan kelabau terlihat seperti ikan mas tetapi ukurannya lebih besar. Ikan ini cukup sulit ditemukan sehingga ada beberapa restoran yang menuliskannya di daftar menu tetapi tidak selalu tersedia. Jadi, jika Anda menemukan ikan ini untuk dijual, jangan ragu untuk memesannya! Diproses dengan cara apa pun, ikan ini terasa enak dan membangkitkan nafsu makan Anda. Anda dapat menemukan menu ikan ini di Warung Kuning dan jika dikombinasikan dengan saus cabai lokal, itu akan menambah kenikmatan rasa.

Lokasi: Warung Kuning / War Ning – Jl. Jenderal Ahmad Yani, Kabupaten Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Setiap hari, jam 9:00 pagi – 8:00 malam (Hari Minggu tutup jam 16:00)
Harga: Mulai dari 65.000 IDR per porsi

5. Rasakan aroma kecombrang dipadukan dengan rasa pedas yang unik – Sambal Lucung

Kredit gambar: @ hadikusumathe80

Lucung berarti kecombrang dan seperti namanya, cabai ini terbuat dari kombinasi bunga cabai dan kecombrang. Saus Pangkalan Bun istimewa ini mengeluarkan aroma dan rasa yang harum tidak hanya pedas tetapi juga gurih. Anda dapat menemukan saus cabai ini di berbagai restoran, salah satunya di Restoran Uma Mimin. Sambal Lucung ini sangat cocok untuk dipadukan dengan menu makanan laut karena akan meningkatkan intensitas rasa.

Lokasi: Restoran Uma Mimin – Jl. Sutan Syahrir, Madurejo, Distrik Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Senin – Sabtu, 8:00 – 16:00
Harga: Gratis, dengan pembelian lauk dan nasi

6. Bukti bahwa singkong tidak hanya bisa digoreng – Coto Manggala

Kredit gambar: @nova_tan

Satu lagi makanan istimewa dari Pangkalan Bun, Coto Manggala. Manggala berarti singkong dan coto dalam bentuk sup diisi dengan singkong, bihun, wortel dan juga dapat ditambahkan ke daging ayam atau telur. Coto Manggala biasanya menjadi menu sarapan karena porsinya tidak terlalu banyak tetapi isi. Kombinasi citarasa gurih singkong dengan kaldu akan membuat Anda mengunyah tanpa henti. Saus coto ini agak encer atau kental karena dicampur dengan pati singkong. Salah satu tempat yang menjual menu ini adalah kedai minuman Mama Fany & Arni. Di sini, Anda dapat menikmati Coto Manggala dengan ayam suwir. Enak, enak dan bergizi untuk membuka hari Anda di Pangkalan Bun.

Lokasi: Mama Fany & Arni – Jl. PRA Kesumayudha, Mendawai, Distrik Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Senin – Sabtu, 7:00 AM – 12:00 PM
Harga: 10.000 Rupiah per porsi

7. Kerupuk ikan olahan nan lezat untuk penambah perut – Bakar Kerupuk

Makanan khas Pangkalan Bun
Kredit gambar: @pbuncarimakan (kiri), @fotokalteng (kanan)

Kerupuk bakar ini adalah makanan ringan khas yang bisa Anda temukan di pedagang kaki lima atau pasar di Pangkalan Bun. Awalnya kerupuk bakar ini adalah kerupuk basah yang terbuat dari tepung, ikan gabus dan rempah-rempah. Kerupuk merah basah kemudian akan diolesi dengan bumbu lain sebelum dibakar dan ditusuk seperti sate. Rasanya gurih dan manis dengan tekstur kenyal. Cocok dimakan bersama cabai sambil menikmati matahari sore di Pangkalan Bun. Di mana bisa mendapatkannya bisa Kuliner Malam Hari, Yellow Palace Square. Anda juga dapat membeli kerupuk basah untuk oleh-oleh dan membakarnya sendiri sesuai dengan selera Anda.

Lokasi: Kuliner Malam, Alun-Alun Istana Kuning – Raja, Kabupaten Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Setiap hari, pukul 18:00 – 21:00
Harga: 2.000 IDR per batang

8. kerenyahan dan rasa gurih yang digandrungi banyak orang – Amplang


Kredit gambar: @eliz_willyam

Amplang adalah kerupuk ikan yang terbuat dari ikan tenggiri atau belida. Rasanya gurih dengan aroma ikan yang menggoda membuat makanan ini populer di kalangan anak muda dan cocok untuk Anda buat kado. Makanan khusus ini mudah ditemukan di Pangkalan Bun dan harganya bervariasi tetapi tetap ramah tas. Anda dapat membeli amplop ini di Toko Arloji dan jika Anda berbelanja di sini, Anda juga dapat difoto dalam pakaian tradisional Banjar. Untuk ngemil atau lauk tambahan, semuanya sama menyenangkan. Kriuk Kriuk!

Lokasi: Kawal Shop – Jl. HM. Rafi, Madurejo, Kabupaten Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Setiap hari kecuali hari Jumat, 8:00 pagi – 9:00 malam
Harga: Mulai dari Rp 12.000 per bungkus

9. Si kecil yang manis dan resmi – Kue Cincin


Kredit gambar: @aya_nurhidayati

Kue khas Banjar juga disebut kue Ali dan dapat ditemukan di pasar tradisional di Pangkalan Bun. Ring cake ini adalah salah satu jenis pion atau makanan ringan dan umumnya dijual di pagi hari. Anda dapat menemukan kue cincin ini dalam kemasan plastik dan juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk oleh-oleh. Salah satu tempat yang menjual makanan khas Pangkalan Bun adalah di pasar Indra Sari. Kue ini rasanya manis karena terbuat dari gula merah dan digoreng sehingga renyah di mulut. Coba satu dan Anda dapat mengambil lagi dan lagi!

Lokasi: Pasar Indra Sari – Baru, Distrik Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 1.000 Rupiah per potong

10. Camilan indah yang harus dicoba – Bingka Cake

makanan dasar sanggul khas
Kredit gambar: @yuliafoods


Kue berbentuk bunga ini indah dengan warna-warna menarik. Seperti penampilannya yang menggoda, rasanya juga enak dan bervariasi. Umumnya ada tiga varian rasa yaitu kentang, kelapa muda dan nasi. Saat ini, ada banyak bingkai sekarang dengan rasa yang lebih modern. Bingkai ini juga merupakan salah satu jenis pion dan biasanya dijual di pagi hari. Raja Apam adalah salah satu tempat yang tepat untuk makan bingkai dan mereka juga menjual berbagai makanan ringan tradisional lainnya yang dapat Anda coba. Jadi, jangan malas untuk bangun pagi ketika Anda berada di Pangkalan Bun, sehingga Anda mendapatkan bagian ini!

Lokasi: Raja Apam – Baru, Distrik Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam buka: Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu, 6 pagi – 3 sore
Harga: Mulai dari Rp15.000 per potong

Baca juga: 20 Kegiatan Pariwisata yang Menyenangkan di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, Ibukota Baru Indonesia

Nah, mengasyikkan dan unik bukankah variasi makanan khas di Pangkalan Bun? Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Pangkalan Bun dan mencoba beberapa spesialisasi yang lezat!

Pos Pangkalan Bun Makanan Khas Untuk Berbagai Kuliner Wisata muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin