Seberapa sering kamu liburan ke Malaysia? Sudah mengujungi destinasi wisata yang mana saja? Pernah menikmati makanan khas Malaysia?

Faktanya, seperti halnya destinasi wisata yang ada di Malaysia, makanan khas yang dimiliki negara tetangga Indonesia itu juga melimpah. Ada banyak pilihan yang bisa dicoba dan tak boleh dilewatkan. Jika ingin tahu apa saja makanan khas Malaysia yang bisa kamu coba, lihat daftarnya di bawah ini.

1. Ayam percik penuh rempah

Image credit: Cikiminafood

Ayam percik adalah makanan khas Malaysia yang terkenal karena banyak rempah yang digunakan sebagai bumbu. Ayam sebagai bahan utama direndam dalam bumbu rempah sebelum kemudian dipanggang sembari dipercikkan bumbu hingga matang. Rasanya? Kamu harus coba sendiri!

2. Semur ala Malaysia, ayam pongteh

Image credit: Majalah Rasa

Mirip dengan semur di Indonesia, ayam pongteh merupakan makanan dengan kuah kental berwarna cokelat, wangi dan penuh cita rasa. Paling pas menikmati masakan ini adalah dengan nasi putih hangat dan suasana yang dingin.

3. Nasi kucing Malaysia, nasi daun pisang

Di Malaysia tidak (atau lebih tepatnya “belum”) ada angkringan, tapi mereka sudah memiliki makanan khas yang mirip dengan sajian yang ada di angkringan, yaitu nasi daun pisang. Dalam satu bungkus nasi berukuran mini, kamu akan mendapati suwiran ayam atau daging ikan, sayur oseng dan sambal, mirip sekali dengan nasi kucing yang ada di angkringan. Dijamin satu bungkus tidak akan membuat kamu puas!

4. Nasi Lemak yang gurih

Image credit: Faixal

Nasi lemak terkenal sebagai makanan khas Malaysia. Nasinya terasa gurih karena dimasak bersama santan, sementara lauk pendampingnya beraneka ragam, mulai dari telur rebus, teri goreng, timun, kerupuk, ayam, kacang tanah dan sambal. Biasanya, menikmati nasi lemak paling pas adalah saat sarapan.

5. Membiru bersama nasi kerabu

makanan khas malaysia
Image credit: Williamnyk

Satu lagi makanan khas Malaysia yang jadi buruan wisatawan asing, nasi kerabu. Tampilannya unik karena nasi yang disajikan tidak berwarna putih, melainkan biru. Sementara untuk lauk pauk pendamping, kamu akan mendapatkan ikan atau ayam goreng, telur rebus atau telur asin, kerupuk, kacang tanah, sayur lalap dan sambal sebagai pelengkap. Jangan sampai melewatkan makanan ini jika berkunjung ke Malaysia.

6. Kuliner perpaduan dua budaya ala asam laksa Penang

makanan khas malaysia
Image credit: Williamnyk

Asam laksa Penang merupakan makanan khas Malaysia, hasil perpaduan masakan Melayu dan Tionghoa. Terkenal karena memiliki cita rasa pedas yang segar, satu porsi laksa menyajikan kuah kental asam pedas yang menyelimuti bihun atau laksa dengan topping ikan makarel, selada, nanas, timun dan sambal cabai untuk pelengkap. Huh hah!

7. Mie ayam ala Kuching, Kolo Mee

makanan khas malaysia
Image credit: ccfoodtravel.com

Bila berkunjung ke Kuching, Sarawak, jangan sampai melewatkan mie ayam khas Malaysia, Kolo Mee. Awalnya sajian ini dihidangkan dengan menggunakan daging babi. Namun seiring berjalannya waktu, daging babi ditinggalkan dan diganti daging sapi atau ayam hingga saat ini. Tidak sulit mendapatkan Kolo Mee karena banyak penjual yang menjajakannya dis ejumlah tempat umum.

8. Sushi ala Malaysia, Umai

Jika Jepang memiliki sushi, Malaysia menawarkan umai. Daging ikan mentah yang segar, seperti ikan terubuk, parang, bawal putih, bawal hitam atau udang, disajikan setelah sebelumnya dihilangkan bau amisnya dengan merendam di jus limau kasturi. Setelahnya ikan dibaluri bumbu dari kombinasi bawang merah, bawang putih, cabai, garam dan penyedap. Umai paling pas dinikmati bersama sambal sebagai cocolan.

9. Masakan kari yang nikmat, nasi kandar

Image credit: Salman Nasi Kandar

Dari Pulau Pinang, nasi kandar ikut diperkenalkan sebagai makanan khas Malaysia. Yang menjadikannya berbeda adalah tambahan bumbu kari khas India atau Tamil yang disiramkan di atas nasi dengan daging ayam, udang dan emping sebagai toppingnya. Jangan sampai melewatkan makanan ini saat berkunjung ke Malaysia, ya!

10. Palak paneer khas India

Image credit: Jumi Hussain

Dengan masyarakat yang heterogen, termasuk pendatang dari India, makanan khas Malaysia pun juga memiliki sentuhan khas India. Palak paneer adalah salah satunya. Sajian kuah sop berwarna hijau dari bayam segar, dengan rasa kari yang kuat dan tambahan keju susu kambing ini paling pas dinikmati bersama roti khas India, seperti chapatis atau bhaturas. Rasanya cukup mengesankan, lho!

11. Kwetiau Malaysia, char kway teow

makanan khas malaysia
Image credit: Carina Ong

Jika di Indonesia terkenal dengan sebutan kwetiau, maka di Malaysia menyebutnya char kway teow. Kuliner yang satu ini menyajikan mie tiau yang digoreng bersama telur, udang, daun kucai, sosis, bakso ikan dan tauge, plus bumbu seperti bawang putih, kecap manis, kecap ikan dan sambal sebagai penambah rasa. Yang membedakan char kway teow dengan kwetiau dari Indonesia adalah tambahan daging kepiting dalam sajiannya.

12. Es ABCD-nya Upin & Ipin

makanan khas malaysia
Image credit: Krista

Upin dan Ipin serta teman-temannya sering memesan es ABCD di warung Uncle Muthu, dan sajian minuman ini termasuk khas Malaysia. Mirip dengan es campur atau es teler, es ABCD memiliki isian seperti kacang merah, agar-agar, kolang-kaling, nata de coco, cendol dan banyak lagi lainnya. Tambahan paling mantap adalah daging durian. Untuk informasi, es ABCD itu merupakan kependekan dari Air Batu Campur Durian. Kamu harus mencobanya, ya!

Baca juga: 24 Destinasi Top di Malaysia Yang Harus Dikunjungi

Makanan khas Malaysia yang mana lagi yang wajib dimasukkan dalam daftar ini? Kamu sudah mencoba semuanya?

The post Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba Kala Liburan appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin