Anda pasti sudah mengenal kota Malang di Jawa Timur, yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tapi apakah Anda sudah tahu berbagai makanan khas Malang yang unik dan lezat? Jika tidak, maka Anda tidak dapat melewatkan daftar kuliner yang telah dirangkum oleh TripZilla kali ini!

Suhu rata-rata yang cukup dingin di Malang tentu akan menciptakan suasana yang semakin cocok untuk wisata kuliner. Kekayaan kuliner Malang sangat mudah ditemukan di seluruh kota Malang dan bahkan di luar Malang. Namun tentu saja akan lebih menyenangkan jika Anda memakannya langsung di tempat aslinya. Jangan, lihat berbagai jenis makanan yang patut dicoba di Malang!

1. Nikmati bakso hangat dengan saus lezat – Bakso Malang

Kredit gambar: @ana_ike

Bakso ini tidak dapat dibandingkan dengan bakso lainnya karena mereka memiliki karakteristik sendiri, yaitu jenis isian dan rasa kaldu. Bakso Malang umumnya terdiri dari bakso, mie kuning, bakpao goreng, bakwan rebus dan tahu bakso. Sementara sausnya terlihat jernih dengan rasa gurih ringan yang muncul dari semur daging sapi.

Makanan khas Malang - Bakso
Kredit gambar: @angelliaputry

Bakso Malang sering juga disebut sebagai Bakwan Malang. Anda dapat menemukan pedagang Bakso Malang yang juga memiliki berbagai konten tambahan lainnya seperti pangsit dan risol.

Satu tempat makan bakso yang patut dicoba adalah Bakso Damas. Di toko ini, Anda memiliki banyak pilihan makanan gorengan yang bisa dijadikan teman untuk menikmati bakso, misalnya ada usus goreng, tenggorengan, hati goreng, paru-paru sapi goreng bahkan sate kikil dan sate telur puyuh. Bakso ini akan menjadi lebih lezat jika dimakan sebagai camilan sore atau malam hari!

Lokasi: Bakso Damas, Jl. Soekarno-Hatta No.75, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Malang.
Harga: mulai dari Rp3.000 per potong.

Baca juga: 22 bakso terlezat di Malang, yang patut Anda coba

2. Soto yang berbeda dari Soto lainnya – Soto Geprak

Makanan khas Malang - Soto Geprak
Kredit gambar: @batutravel

Sekilas, sup ini seperti sup biasa yang Anda temui. Tapi ternyata makanan khas Malang ini unik dalam pengolahan dagingnya, yang dihancurkan dengan dihancurkan atau ditumbuk. Saat ini, mesin telah digunakan untuk menumbuk daging sehingga kebersihannya lebih terjamin. Proses tabrakan ini membuat tekstur daging lebih lembut dan halus. Ditambah dengan berbagai bumbu penyerta, sup ini layak Anda cicipi dengan tambahan nasi atau sebagai camilan.

Anda bisa mendapatkan Soto Seprak yang legendaris di Warung Soto Geprak Mbah Djo. Toko ini sudah buka sejak 1935 dan juga menjual menu lain seperti ayam goreng, bakso dan bebek goreng. Tapi, tentu saja, tidak akan menyenangkan jika Anda datang ke sini tanpa mencicipi soto soto yang terkenal.

Lokasi: Soto Geprak Mbah Djo, Jl. Letjend S. Parman No. 77-79, Malang.
Harga: mulai dari Rp 7.000.

3. Mie dengan ayam lunak – Cwie Mie

Kredit gambar: @hotcuimie_malang

Apa yang spesial dari Mie Mie ini? Perbedaan umum dari mie cwie ke menu mie lainnya adalah daging ayam olahan. Ayam yang telah ditambahkan telah dihaluskan dan tidak dibentuk dalam potongan daging. Sayuran yang diberikan bukan hanya sawi tetapi juga daun selada. Ada mie cwie yang disajikan menggunakan mangkuk yang terbuat dari pangsit, tetapi banyak juga yang menyajikannya dalam mangkuk biasa. Meski begitu, rasa cwie mie masih berbeda karena menggunakan beberapa jenis minyak untuk bumbu. Dapat disimpulkan, di balik penampilannya yang biasa, mie cwie menyimpan rasa yang tidak biasa dan perlu dicoba.

Salah satu restoran mie cwie yang bisa Anda kunjungi adalah Mie Cui Panas yang salah satu cabangnya terletak di dalam Olympic Garden Mall (MOG). Hot Cui Mie adalah restoran yang memelopori presentasi mie cwie menggunakan semangkuk pangsit. Anda dapat memilih rasa mie cwie asli atau mie cwie dengan saus pedas atau non-pedas. Semuanya menggoda bagi Anda untuk mencoba.

Lokasi: Hot Cui Mie MOG, Jl. Kawi No. 20, Kauman, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari Rp15.000.

4. Bumbu yang tercakup dalam bakso yang tidak ada duanya – Bakso Bakar

Makanan khas Malang - Bakso Bakar
Kredit gambar: @amazingindonesiafood

Bakso yang dipanggang tampak merah kecoklatan dan terlihat sangat menggoda. Bakso sapi ini dibumbui dengan kecap dan juga terasa pedas, memberikan perpaduan yang lezat di lidah. Bakso bakar dijual per tusuk sate dan dalam satu tusuk sate terdiri dari beberapa bakso. Jangan khawatir, porsinya terlalu besar, karena setelah Anda merasakannya, Anda pasti tidak bisa berhenti mengunyah!

Makanan khas Malang - Bakso Bakar
Kredit gambar: @foodgraphy_indonesia

Restoran bakso bakar cukup terkenal Bakso Bakso. Pak Man yang telah berdiri sejak 1962. Bakso Bakar sudah menjadi ciri khas sejak awal, bahkan tempat ini dianggap sebagai pelopor Bakso Bakar. Ada tiga tingkat kepedasan yang dapat Anda pilih dan Anda juga bisa mengonsumsi bihun sendiri. Ada juga varian bakso lainnya selain bakso panggang. Lebih puas dan puas makan di sini!

Lokasi: Bakso Bakar Pak Man, Jl. Diponegoro No. 19, Klojen, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari Rp 30.000.

5. Untuk Anda penggemar jahe – Angsle

Makanan khas Malang - Angsle
Kredit gambar: @ yongyen88

Angsle memiliki sedikit kesamaan dengan sekoteng karena sausnya berasal dari rebusan jahe yang memberi rasa hangat dan segar. Perbedaannya ada pada bahan isian. Selain roti, kacang tanah, kacang hijau dan daun pandan, di angsle juga bisa ditemukan putu mayang, ketan putih kukus dan tape singkong. Saus angsle juga tampak sejelas keranjang nasi karena diberi santan. Jika Anda ingin mencoba, datanglah pada sore hari dan dijamin akan lebih lezat ketika dinikmati di udara dingin.

Tempat yang banyak dikunjungi untuk menikmati makanan khas Malang adalah di Putaran Angsle and Chord. Angsle di sini memiliki rasa gurih dan manis yang seimbang dari campuran susu, santan dan kacang hijau. Indera penciuman juga dimanjakan dengan aroma pandan yang harum dan lembut. Jangan datang ke sini terlambat jika Anda tidak ingin kehabisan, oke!

Lokasi: Angsle & Ronde Akor, Jl. Sempu No. 10, Kasin, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari Rp 7.000.

Baca juga: 15 Kuliner Malang Legendaris, Kelezatannya Telah Diuji oleh Times

6. Hitam gurih dan lezat – Rawon

Makanan khas Malang - Rawon
Kredit gambar: @grace_graciana

Jangan takut melihat warna kaldu yang hitam! Warna ini dihasilkan dari pilihan kluwek yang menghasilkan rasa gurih dan bisa membuat Anda ketagihan. Isi rawon adalah daging sapi dengan lemak dan lebih enak jika rawon dimasak dengan bahan bakar arang karena rasanya lebih meresap. Tidak heran rawon disebut sebagai makanan raja-raja kuno dan telah dikenal luas oleh negara-negara asing sup hitam.

Warung Rawon Rampal adalah warung yang masih memelihara cara memasak menggunakan arang. Hasilnya enak dan penuh rawon. Warung terkenal ini juga sudah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, lho! Mereka hanya terpesona oleh rasanya, jadi sebaiknya jangan sampai ketinggalan di sini!

Lokasi: Warung Rawon Rampal, Jl. Panglima Sudirman No. 71A, Kesatrian, Kec. Blimbing, Malang.
Harga: mulai dari Rp20.000.

7. Sate unik yang jarang ditemukan – Sate Kelinci

Makanan khas Malang - sate kelinci
Kredit gambar: @lyssahoo

Kelinci umumnya dikenal sebagai hewan peliharaan yang imut dan manis. Namun di Malang, Anda juga dapat mencoba menikmati sate kelinci yang memiliki rasa lezat dan bermanfaat bagi kesehatan. Dikatakan bahwa, menikmati sate kelinci dapat memberikan kehangatan dalam tubuh dan dagingnya lebih baik daripada daging ayam. Anda juga dapat memesan kue beras atau nasi untuk melengkapi hidangan sate kelinci ini.

Di Restoran Sate Kelinci dan Gule Kelinci, Anda dapat menemukan sate kelinci lezat dengan harga terjangkau. Daging kelinci yang kenyal terasa berbeda dari yang lain dan ini bisa menjadi tambahan yang menarik untuk pengalaman kuliner Anda di kota Malang.

Lokasi: Sate Kelinci dan Gule Kelinci, Jl. Raya Singosari No. 71, Pagentan, Kec. Singosari, Malang.
Harga: mulai dari Rp 30.000.

8. Merusak lidah dengan sumsum yang gurih dan empuk – Sup Sumsum

Kredit gambar: @sop_sumsum_pak_kayin

Jangan kaget jika Anda melihat potongan besar tulang kaki sapi di tanah. Di tulang ini ada sumsum yang sangat populer dan Anda dapat menikmati menggunakan sedotan. Selain ukurannya yang besar, rempah-rempah yang diformulasikan dalam saus kuah juga menambah kelezatan sehingga menu ini menjadi sangat populer di Malang.

Makanan khas Malang - sup sumsum
Kredit gambar: @sop_sumsum_pak_kayin

Tempat terbaik untuk menikmati makanan khas Malang ini adalah di Warung Sop Marung Mr. Sum Marin, dan bagi mereka yang pertama kali mencoba jangan khawatir! Anda akan diberi tahu cara menikmati sup sumsum ini agar rasa yang Anda dapatkan lebih optimal. Anda juga dapat memilih dari tiga jenis tulang yang normal, khusus dan super tulang.

Lokasi: Sop Sumsum Pak Kayin, Jl. Cengger Ayam I No. 10, Tulusrejo, Kec. Lowokwaru, Malang.
Harga: mulai dari Rp20.000.

9. Kreasi tahu yang sederhana namun menawan lidah – Tahu Lontong

Makanan khas Malang - tahu Lontong
Kredit gambar: @sbykulinerinfo

Tahu lontong ini juga dikenal sebagai tofu tek, terdiri dari tahu setengah goreng yang digoreng dan disajikan dengan lontong. Itu juga dilengkapi dengan kentang goreng, tauge, irisan mentimun, taburan kerupuk dan disiram dengan rempah-rempah cair dari kacang dan pasta. Jika suka, Anda dapat memesan telur untuk ditambahkan ke kue beras ini. Harganya sangat terjangkau dan terlihat sederhana tetapi tidak mudah dilupakan.

Tempat terkenal di Malang untuk menikmati kuliner ini adalah Depot Tahu Lontong Bell. Di sini, Anda bisa memilih menggunakan lontong atau nasi untuk melengkapi tahu. Tahu, lontong, dan kecap yang dijual adalah buatan sendiri dan tanpa bahan pengawet. Sederhana tapi sehat, rasanya enak dan ramah di tas.

Lokasi: Depot Tahu Lontong Lonceng, Jl. Martadinata No.66, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Malang.
Harga: mulai dari Rp 9.000.

10. Pemroses nafsu makan penambah tempe olahan – Mendol

Makanan khas Malang - Mendol
Kredit gambar: @koh_aming

Makanan berbentuk agak bulat ini dengan tekstur kasar sangat khas Malang dan agak sulit ditemukan di tempat lain. Terbuat dari kedelai yang hampir basi, rasanya benar-benar menjadi gurih dan disukai banyak orang. Mendol juga disebut kue tempe dan biasanya dijual sebagai pelengkap hidangan lainnya seperti rawon.

Tempe yang telah lama ditumbuk kasar dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, lada putih, jahe, cabai, kaldu, garam dan daun jeruk. Setelah itu dibentuk oval bulat kemudian digoreng.

Jika Anda datang ke Waroeng Bejo, Anda bisa menemukan menu nasi ketan mendol. Nasi ketan lezat yang disajikan dengan mendol goreng akan menambah selera Anda dan cocok untuk menjadi pilihan makanan ringan di tengah hari. Anda harus mencobanya saat sedang memasak di Malang!

Lokasi: Waroeng Bejo, Perumahan Green Village Jl. Kanal Sengkaling No. 08, Mulyoagung, Kec. Dau, Malang.
Harga: mulai dari Rp 5.000.

11. Varian tempe otentik – Tempe Bungkil

Makanan khas Malang - kue Tempe
Kredit gambar: @firtahapsariapsari

Tempe ini berbeda dari tempe yang dulu kita kenal! Perbedaannya adalah karena bahan bakunya bukan dari kedelai, tetapi dari bungkil kacang. Teksturnya lebih kasar tetapi memiliki rasa lebih gurih dibanding tempe kedelai.

Kredit gambar: @pawon_mbak_iwed

Tempe kue ini bisa digoreng dengan atau tanpa tepung, sama-sama enak untuk dinikmati.

Jika Anda penasaran dengan makanan khas Malang ini, Anda bisa membelinya di pasar tradisional seperti Pasar Kebalen atau Pasar Kedungkandang. Di sini, tempe kue dijual per blok dan siap digoreng sesuai selera. Bisa juga dibawa untuk oleh-oleh karena tempe kue ini hanya ada di Malang.

Lokasi: Pawon Mbak Iwed, Jl. Teluk Pelabuhan Ratu No. 37, Arjosari, Kec. Blimbing, Malang.
Harga: mulai dari 3.000 IDR.

12. Kenikmatan mencampur ayam dengan kaldu santan gurih – Orem-orem

Makanan khas Malang - Orem-orem
Kredit gambar: @ the.lucky.belly

Jika Anda hanya melihat gambar itu terlihat menggoda, bukan? Orem ini mengandung tempe dan ayam goreng dengan saus santan kental. Di dalamnya juga ada kue beras untuk pelengkap. Orem ini dapat dinikmati dengan telur asin dan pangsit agar rasanya lebih stabil.

Salah satu lokasi terbaik untuk mencoba makanan khas Malang ini adalah di Warung H. Abdul Manan. Warung ini sering disebut Orem-orem Comboran. Saus santan yang lezat dan dikombinasikan dengan mendol renyah di luar membuat orang-orang ini selalu laku. Selain itu, porsinya mengisi dengan harga yang sangat terjangkau lho!

Lokasi: Warung Orem-Orem, Jl. Irian Jaya No. 1, Sukoharjo, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari Rp 8.000.

13. Sate sapi spesial – Sate Gebug

Kredit gambar: @jktfoodlova

Sate gebug ini berukuran lebih besar dari sate pada umumnya dan harganya relatif lebih mahal. Tapi jangan sampai ini membuat Anda berkecil hati karena Anda tidak akan menyesal jika Anda mencoba kuliner yang satu ini. Kata gebug berarti dipukuli dalam bahasa Jawa dan untuk menggambarkan proses mengolah daging dari daging yang akan dipukul dengan batu sehingga empuk sebelum direndam dalam bumbu.

Bumbu yang digunakan untuk sate gebug ini adalah bumbu dan disajikan dengan kecap. Bayangkan perpaduan kelembutan daging sapi berbumbu yang dicampur dengan kecap, tidak mengherankan jika sate gebug adalah salah satu makanan khas dan legendaris di Malang.

Berbicara tentang sate gebug, Anda dapat menemukannya di Warung Sate Gebug 1920 yang legendaris. Sesuai namanya, toko ini telah dibuka sejak 1920 dan hanya menjual sate dengan daging berkualitas tinggi. Pemrosesan sate benar-benar bersih dan ditumbuk sampai dagingnya sangat lembut, dibumbui dengan kecap pilihan untuk menyempurnakan rasanya. Anda benar-benar harus mencoba makan sate di sini!

Lokasi: Warung Sate Gebug 1920, Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kec. Klojen, Malang.
Harga: mulai dari Rp20.000.

Baca juga: 7 Situs Wisata Alam di Batu, Malang yang Sungguh Ngehits!

Nah, ada banyak makanan khas Malang yang bisa Anda coba, bukan? Keunikan dan kekayaan rasanya dapat menambah kekayaan kuliner Anda, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk berwisata kuliner di Apple City ini!

Pos Makanan Khas Malang yang Memicu Rasa dan Harus Dicoba tampil pertama di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin