Drama Korea “meracuni” pikiran banyak penggemarnya. Mulai dari gaya berpakaian, memilih skincare, gaya rambut bahkan cara berbicara pun mengikuti style yang ditampilkan para artis drakor tersebut. Satu hal lain yang juga mencuri perhatian adalah makanan khas Korea yang kerap muncul di banyak seri drakor itu.

Nah, bagi yang penasaran dengan makanan khas Korea apa saja yang sering muncul di drakor yang kamu tonton, tidak ada salahnya menengok daftar di bawah ini. Dijamin kamu bakal tertarik untuk mencoba atau mungkin memasaknya. Cekidot daftarnya di bawah ini, ya!

1. Gyeran Mari

Gyeran Mari merupakan dadar gulung atau omelet gulung yang biasanya memiliki potongan sayuran di dalamnya. Makanan khas Korea ini juga tidak jarang dijadikan bekal makan siang. Karena inilah banyak anak di Korea yang menyukai dadar gulung ini.

Gyeran Mari sempat muncul di drakor Boys Over Flower, saat Geum Jan-di membuat bekal makan siang untuk Gu Jun-pyo, yang diperankan oleh Lee Min-ho. Sajian ini juga biasanya disajikan sebagai makanan sampingan untuk menemani bebakaran khas Korea, lho!

Ingin tahu cara memasak Gyeran Mari? Well, kamu harus menyiapkan potongan daun bawang dan wortel untuk memberikan dadar gulung yang lembut lebih berasa, memiliki tekstur dan warna alami. Tinggal mencampurkan potongan daun bawang dan wortel dalam adukan telur, plus tambahan sedikit garam untuk penyedap, menggorengnya dengan api sedang dan minyak yang tidak terlalu banyak, dan kamu sudah bisa membuat Gyeran Mari!

2. Gyeran Jjim

Kamu pernah melihat Gyeran Jjim di drakor Let’s Eat. Kamu yang sudah melihat semua serinya yang terbagi dalam tiga season dijamin bakal ngiler melihat sajian steamed egg casserole ini.

Gyeran Jjim memiliki tekstur yang halus dan lembut, dimasak dan disajikan dalam tukkbaegi, yaitu pot tanah liat yang didalamnya memiliki berbagai macam banchan. Ketika kamu membuka tukkbaegi dan melihat busa berwarna kuning muda muncul dari dalamnya, bisa dipastikan masakan ini disajikan dengan Gyeran Jjim!

3. Kimchi

Kimchi bisa dikatakan sebagai rajanya banchan. Banyak drama Korea yang menampilkan Kimchi dalam setiap scene mereka, seakan menegaskan makanan khas Korea ini menjadi favorit banyak orang, mulai dari Sam-soon di My Name is Kim San-soon yang menikmati Kimchi bikinan sendiri, atau di serial Replies di mana sajian ini disajikan bersama rebusan kentang manis. Kimchi sendiri biasanya dibuat dari kubis lokal Korea yang disebut Baechu. Menikmati Kimchi berarti menikmati makanan sehat!

4. Sosis ikan Jeon

Salah satu makanan untuk bekal makan siang adalah sosis ikan Jeon, termasuk salah satu favorit orang Korea. Seperti halnya Gyeran Mari, sosis ikan Jeon muncul di sejumlah serial drama Korea, termasuk di antaranya Reply 1988, yaitu ketika bekal yang dibawa Sun-woo (yang dimainkan Go Kyung-pyo), termasuk di dalamnya sosis ikan Jeon ini, ditertawakan teman-temannya. Jika kamu ingin merasakan makanan khas ini, langsung saja menuju ke minimarket terdekat di Korea, membelinya dan menggorengnya bersama dengan campuran telur dan tepung.

5. Tteokbokki

Image credit: Popo le Chien

Tteokbokki merupakan kue beras pedas yang populer sebagai jajanan kaki lima, dan kamu bisa menemukannya di berbagai tempat di Korea. Saking populernya, tidak sedikit serial drama Korea yang menampilkan panganan ini di salah satu scene mereka.

6. BBQ Korea

makanan khas korea
Image credit: Geonbae Modern Korean Bar & Grill Official Facebook Page

BBQ Korea alias bebakaran khas Korea memiliki teknik tersendiri dan teknik Kim Bok-joo bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik. Dalam salah satu scene di serial Weightlifting Fairy Kim Bok-joo, Bok-joo mengajarkan kepada rekan satu timnya bagaimana cara terbaik menikmati BBQ Korea.

Ingin tahu caranya? Pertama kamu harus makan semua daging bakarnya, dengan urutan daging tanpa bumbu hingga yang menggunakan bumbu. Kamu bisa menikmati setiap dagingnya dengan “bungkus” sayuran. Setelahnya baru nasi goreng, makan selagi panas, ya! Terakhir, tuntaskan dengan semangkuk mi gelas dingin. Untuk melengkapinya, kamu bisa menikmati es krim Korea!

7. Ayam Goreng Korea

Yang mencari makanan jalanan, ayam goreng Korea juga tidak kalah populer. Apa bedanya dengan ayam goreng lainnya? Yang pertama, ayam goreng Korea dibumbui dengan kecap dan memiliki banyak pilihan rasa, dari bawang putih hingga madu. Kulit ayam goreng Korea juga kriuk banget, dan pastinya menambah cita rasa tersendiri.

Cara menikmatinya, disesuaikan dengan selera saja. Ada yang menikmatinya bersama dengan nasi, banchan atau langsung menyantapnya tanpa “pendamping”, persis seperti karakter yang dimainkan Lee Min-ho di serial The King: Eternal Monarch.

8. Kimchi-bokkeum-bap

Bahasa Indonesia adalah nasi goreng Kimchi, termasuk salah satu makanan khas Korea yang kerap muncul di serial drama Korea, salah satunya di Fight For My Way. Yang membedakan dengan nasi goreng lainnya, tentu saja, adalah keberadaan kimchi, untuk menegaskan cita rasa Korea sepertinya!

9. Sundae

Image credit: Tim Evanson

Nope, ini bukan es krim, melainkan sosis darah. Terbuat dari darah sapi atau babi yang dibekukan, sundae termasuk salah satu jajanan kaki lima yang populer di Korea Selatan dan juga Korea Utara. Tertarik mencoba?

10. Bibimbap

Yang pernah menonton Full House pasti tidak bisa melewatkan makanan khas Korea ini, Bibimbap. Han Ji-eun, yang diperankan oleh Song Hye-kyo, kerap menikmati sajian ini saat waktunya makan, di rumah atau bahkan ketika berada dalam pesawat. Bibimbap sendiri adalah nasi dengan topping telur goreng, namul (sayuran tumis), berbagai macam daging, gojuchang (sambal) dan juga doenjang (pasta yang terbuat dari kedelai fermentasi).

11. Bungeoppang

makanan khas korea
Image credit: ktchang16

Bungeoppang merupakan kue kering berbentuk ikan yang isinya pasta kacang merah manis, dan biasanya disajikan dalam kondisi hangat. Banyak serial drakor yang menyorot pastri ini, termasuk Legend of the Blue Sea. Ada juga kue kering yang berbentuk ikan, dengan isian es krim vanila dan pasta kacang merah manis.

12. Kerang Bensin (Petrol Clam)

makanan khas KOrea
Image credit: Uri Tours

Dalam Crash Landing On You, ada scene di mana Capt Ri dan krunya mengajar Yoon Se-ri makan Kerang Bensin, yaitu makanan khas Korea Utara di mana kerang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api dengan menguyurnya dengan bensin. Pendamping menikmati sajian ini adalah soju, minuman untuk menemani sembari menikmati kerang ini. Konon kabarnya, ada reaksi kimia antara menikmati kerang bensin ini dan minum soju, yang menambah sensasi rasa nikmat.

13. Jajangmyeon

Image credit: ProjectManhattan

Salah satu makanan khas Korea yang mencuri perhatian di serial Coffee Prince, yaitu di scene Go Eun-chan menang lomba makan melawan Lee Eon, aktor dan model Korea yang bermain sebagai jaksa penuntut. Jajangmyeon sendiri merupakan sajian mi dengan rasa yang didapat dari saus kacang hitam. Sepertinya enak, ya!

14. Kimbap

Kimbap mudah dikenal sebagai sushi ala Korea. Di serial Healer, yang tayang pada 2014, ada sajian Kimbap yang mencuri perhatian, ketika Jo Min-ja sangat terobsesi membuatnya. Seperti halnya sushi Jepang, Kimbap dibuat dari nasi dan sayuran yang digulung di atas lembaran rumput laut yang dikeringkan dengan tambahan isian yang variatif, dari daging hingga tuna.

15. Sundubu-jjigae

makana khas korea
Image credit: titanium22

Di Itaewon Class, salah satu karakter yang dimainkan Park Seo-joon terlihat menyantap rebusan tofu pedas yang nikmat. Singkatnya, sajian ini pas dinikmati bagi yang mencari kehangatan.

Sup pedas dimasak dengan kaldu ikan teri, lobak, rumput laut kering, kimchi dan tentu saja tofu. Untuk menambah rasa kaldu biasanya ditambahkan daging babi atau sapi.

Bonus: Ramyeon, Samyang dan Chapaguri

Mulai dari Crash Landing On You hingga What’s Wrong With Secretary Kim dan Descendants of the Sun serta serial Reply, kamu akan selalu melihat Ramyeon atau ramen instan. Selain itu ada juga Samyang, yang selalu ikonik dengan tantangan “siapa minum duluan, kalah!” setiap menikmati sajian ini. Chapaguri atau Ram-don dari Parasite juga tidak kalah mencuri perhatian. Yang pasti, semua makanan khas Korea di atas akan selalu menjadi bahan menarik untuk dibicarakan!

Baca juga: Mi Instan Pedas dari Berbagai Negara yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja menikmati makanan khas Korea di atas. Bisa pesan, atau bikin sendiri. Apapun itu, meokja!

Artikel ini diterjemahkan dari versi bahasa Inggris ini.

The post Makanan Khas Korea Yang Sering Muncul Di Serial Drama Korea appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin