Lion Air Group akan terbang lagi dan melayani rute domestik mulai 10 Mei 2020. Keputusan itu diambil setelah Kementerian Perhubungan mengizinkan angkutan umum untuk melanjutkan operasi.

Dalam pernyataan resminya kepada sejumlah media, Lion Air Group menyatakan bahwa semua layanan akan merujuk pada aturan yang telah dikeluarkan, termasuk:

  1. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Satuan Tugas untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengenai Kriteria untuk Membatasi Perjalanan bagi Orang-Orang dalam Konteks Penanganan Penyakit Virus Corona 2019 (Covid-19) yang mengatur kebijakan mengenai larangan kegiatan mudik,
  2. Surat Edaran Nomor 31 Tahun 2020 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan tentang Pengaturan Transportasi Udara Selama Masa Larangan Idul Fitri 1441 Hijriah Dalam Konteks Pencegahan Penyebaran Penyakit Virus Corona 2019 (Covid-19).

Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, Strategi Komunikasi Perusahaan PT Lion Air GroupDalam operasinya, ia akan terus menjalankan prosedur operasional standar, melakukan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak menyebabkan penyebaran virus Covid-19 corona. Untuk alasan ini, ia juga meminta agar semua calon penumpang memenuhi semua persyaratan untuk dapat terbang dengan Lion Air Group, mulai dari menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang diperlukan, mengikuti protokol kesehatan pribadi dan sebagainya.

Lion Air Group juga akan menerapkan kebijakan baru dalam menentukan jarak aman antara penumpang di pesawat. Kursi yang seharusnya hanya ditempati adalah mereka yang berada di dekat jendela dan lorong. Aturan ini berlaku untuk pesawat terbang dengan kelas ekonomi yang dikonfigurasi 3-3. Sedangkan untuk jenis pesawat dengan konfigurasi 2-2 kursi, metode yang digunakan adalah saling bersilangan.

Sebelumnya, Lion Air Group mengeluarkan persyaratan khusus bagi penumpang untuk dapat terbang lagi, mulai dari memenuhi protokol penanganan Covid-19 hingga melengkapi dokumen yang diperlukan, termasuk:

  1. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit gratis atau negatif Covid-19 dengan ketentuan maksimum tujuh hari setelah hasil tes keluar, telah melakukan serangkaian pemeriksaan melalui metode diagnostik cepat (rapid test), tes swab atau PCR (Polymerase Chain) Reaksi).
  2. Isi pernyataan yang disediakan oleh Lion Air Group, terutama yang ada di rute domestik PSBB atau zona merah
  3. Perlihatkan sertifikat perjalanan dari agensi / lembaga / perusahaan yang menjelaskan bahwa penumpang yang bepergian menggunakan pesawat bukan untuk tujuan mudik
  4. Untuk pedagang logistik atau pengusaha yang tidak memiliki agen / lembaga / perusahaan, dapat membuat pernyataan untuk berdagang / bertransaksi dengan benar
  5. Mengikuti ketentuan lain yang ditetapkan oleh pemerintah

Baca juga: Mulai Mei 2020, Penumpang Lion Air Group Harus Memenuhi Persyaratan Khusus

Meskipun Anda dapat menggunakan transportasi umum, bepergian untuk mudik masih dilarang! Memenuhi semua aturan untuk bisa bepergian dengan aman dan nyaman, kawan!

Posting Lion Air Group terbang lagi dari 10 Mei 2020 muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin