Berita mengejutkan dirilis oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Setelah wabah virus korona, COVID-19, Arab Saudi mengeluarkan larangan Umrah untuk semua jamaah dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Seperti diberitakan di sejumlah media massa, Kerajaan Arab Saudi merilis aturan penangguhan Umrah pada Kamis (27/2) dini hari waktu Indonesia. Kementerian Luar Negeri Saudi untuk sementara waktu melarang warga negara asing mempraktikkan Umrah dan mengunjungi Masjid Nabawai di Madinah.

Selain itu, Arab Saudi berhenti mengeluarkan visa turis untuk wisatawan yang datang dari negara-negara yang memiliki kasus virus Corona atau COVID-19. Tidak hanya itu, Saudi mendesak warganya untuk tidak melakukan perjalanan sementara ke negara-negara yang terpapar COVID-19.

Ini memicu kepanikan pada kurang lebih para jamaah. Sejumlah media juga melaporkan, ada penurunan aktivitas peziarah dan akumulasi calon peziarah di bandara. Bahkan ada laporan peziarah yang telah tiba di Abu Dhabi kembali ke negara masing-masing oleh pemerintah Arab Saudi.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Kerajaan Arab Saudi terkait dengan berjangkitnya virus korona, atau COVID-19 di sejumlah negara dan pada akhirnya keputusan dikeluarkan untuk mengantisipasi penyebaran virus di negaranya. Namun, untuk mengetahui dengan pasti tentang keputusan untuk melarang Kerajaan Umrah Arab Saudi, Anda dapat mendengarkan fakta-fakta di bawah ini.

Larangan Umrah di Arab Saudi
Kredit gambar: Adli Wahid

1. Larangan Umrah dari Kerajaan Arab Saudi bersifat sementara

Menurut Kedutaan Besar Indonesia di Riyadh, kebijakan melarang umrah dari Kerajaan Arab Saudi dan menghentikan penerimaan jamaah umrah hanya bersifat sementara. Ini dilakukan dalam upaya untuk memberi kerajaan rasa aman bagi warga dan penduduknya.

2. Pengumuman larangan Umrah dari Kerajaan Arab Saudi diumumkan tiba-tiba

Kebijakan itu memang diumumkan tiba-tiba oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Larangan diumumkan pada Kamis pagi waktu Indonesia dan efektif mulai berlaku pada jam itu. Hal ini akhirnya menyebabkan kebingungan pada maskapai penerbangan yang membawa jamaah umrah ke Arab Saudi, dan pada akhirnya harus kembali ke negara masing-masing.

3. Kerugian yang dialami oleh agen perjalanan umrah

Kebijakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi membuat sejumlah jamaah kecewa dan juga membuat kerugian sendiri oleh agen perjalanan Umrah. Ketua Persatuan Penyelenggara Umroh Haji Indonesia (Sapuhi), Syam Resfiadi, dikutip mengatakan oleh Tempo, kerugian yang dialami bisa mencapai dua triliun rupiah per bulan.

Kredit gambar: Yasir Gurbuz

4. Pemerintah masih melobi

Pemerintah Republik Indonesia, melalui Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa pihaknya terus berkomunikasi dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk mendapatkan konsesi dari kebijakan yang telah dikeluarkan, dengan membawa mengingat bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang belum terkena wabah COVID-19.

Konsesi yang dimaksud antara lain adalah para jamaah yang sedang beribadah dapat terus beribadah dan berziarah di Mekah atau Madinah. Lainnya, pemerintah mengharapkan para jamaah yang sudah berada di Arab Saudi diizinkan untuk beribadah.

Selain itu, pemerintah tetap menghormati kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Presiden Joko Widodo menekankan bahwa pemerintah Republik Indonesia sangat menghormati dan menghormati kebijakan pemerintah Arab Saudi.

"Apa pun yang disebut kesehatan diprioritaskan oleh pemerintah Arab Saudi. Kami sangat menghargainya," kata Jokowi saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (27/2).

Baca juga: Panduan untuk Membuat Visa Umrah untuk Warga Negara Indonesia

Untuk teman-teman yang berencana untuk melakukan umrah ke Arab Saudi, untuk saat ini bersabar dulu, ya! Mari kita tunggu kabar baik dari pemerintah Arab Saudi.

Posting Larangan Umrah di Arab Saudi, Fakta Yang Harus Anda Ketahui muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin