Jangan kaget jika Anda tidak bisa lagi naik ke puncak Candi Borobudur mulai hari ini, baik untuk wisata harian untuk menikmati wisata spesial matahari terbenam dan matahari terbit. Karena Balai Konservasi Borobudur (BKB) menyatakan bahwa lantai 9 dan 10 Candi Borobudur ditutup untuk umum hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Penutupan lantai 9 dan 10 dilakukan sebagai salah satu langkah konservasi dan konservasi untuk meningkatkan teras Candi Borobudur. Dalam rilisnya, Kepala Seksi Konservasi BKB Yudi Suhartono menjelaskan, ada sejumlah kerusakan yang terjadi di bagian stupa atas Candi Borobudur.

"Perilaku pengunjung yang tidak mendukung pelestarian lebih sering dijumpai di teras tingkat 8, 9 dan 10 Candi Borobudur. Salah satu konsekuensi yang bisa dilihat pada stupa yang sering ditempati atau didaki adalah ausnya padma di alas stupa, grout bantu di lantai teras dan stupa 9 dan 10, "kata Yudi dalam rilisnya, seperti dilansir dari Detikcom, Kamis (13/2).

"Karena itu, Pusat Konservasi Borobudur berencana membatasi kunjungan ke Candi Borobudur hanya untuk lantai 8, sedangkan lantai 9 dan 10 ditutup untuk kunjungan publik, matahari terbit sebaik matahari terbenam, mulai 13 Februari 2020. Pengunjung masih bisa melihat dan menikmati puncak stupa di lantai 8, "lanjutnya.

Kredit gambar: Geoffery iGV

Selama periode penutupan tingkat atas Candi Borobudur, BKB akan memantau struktur stupa teras dan stupa utama Candi Borobudur, termasuk memantau pemeliharaan batu, memantau stabilitas struktur, memantau dampak struktur, memantau dampak dari kunjungan dan pemantauan kerusakan jalan ke lekukan batu nat.

Meskipun tingkat tertinggi Candi Borobudur ditutup, wisatawan masih dapat dengan bebas mengunjungi dan menikmati pemandangan warisan dunia Indonesia yang membanggakan di tingkat terbatas. Selain itu, ada banyak cara lain untuk mengagumi keindahan Candi Borobudur, termasuk melakukan perjalanan ke desa-desa sekitarnya dan mengagumi keajaibannya dari jauh.

Baca juga: 5 Cara Menikmati Borobudur Antimainstream Anak-Anak Hari Ini

Jangan membatalkan niat untuk mengunjungi Candi Borobudur dalam sesi liburan Anda berikutnya, bukan?

Posting Lantai 9 dan 10 Candi Borobudur Ditutup untuk Umum muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin